Wednesday, 25 September 2024

Kawasaki WSBK Tidak Manfaatkan Konsesi Kenaikan Rev Limit 500 RPM !

TMCBLOG.com – Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada dasarnya Kawasaki menerima kemudahan konsesi berupa penambahan rev limit sebanyak 250 RPM yang bisa mereka gunakan mulai seri Imola akhir pekan ini. Secara umum ini akan menambah menjadi 500 RPM semenjak mereka juga menerima tambahan rev limit 250 RPM konsesi semenjak seri Catalunya. Namun usut punya usut, berita dari Imola Kawasaki tidak bisa menggunakan konsesi 500 RPM ini . . Lah koq bisa?

Menurut informasi paddock, seluruh pembalap yang menggunakan Kawasaki Ninja ZX-10RR tidak dapat menggunakan tambahan rev limit 500 RPM, karena mesin 4 silinder segaris DOHC berpendingin udara yang menggunakan firing ordear 180° nya saat ini tidak dirancang untuk 15.100 RPM yang diizinkan.

Akibat alasan teknis ini, Kawasaki harus terus melaju dengan kecepatan maksimal yang ditentukan saat itu. Ini adalah 14.600 rpm dan sejauh ini merupakan yang terendah dari semua pabrikan. Honda dan Ducati saat ini memiliki angka tertinggi di 15.600 rpm, setelah Ducati diturunkan 500 rpm dari 16.100 rpm.

Cuma yang aneh adalah . . Sebenarnya pilihan konsesi dengan penambahan rev limit ini yang milih adalah Kawasaki sendiri. Artinya kenapa mereka lebih memilih hal ini ketika mereka tahu bahwa secara teknis, spek teknis motor mereka (sepertinya setup timing camshaft dan-atau spek dari bagian klep) tidak sanggup menahan frekuensi kitiran mesin sampai 15.100 RPM.

Usai event kesembilan di Magny-Cours pada awal September nanti jika secara poin Ducati terus bisa merenggangkan jarak dengan Kawasaki, maka pabrikan Jepang ini kemungkinan akan kembali diberikan kelonggaran konsesi untuk ketiga kalinya musim ini. Dan saat ini diperkirakan Kawasaki akan memilih bagian konsesi, dalam hal ini camshaft yang berbeda. – @tmcblog

26 COMMENTS

  1. Jujur walaupun banyak update, ZX10R Kawasaki ini basis platformnya adalah motor dari tahun 2011, sampai sekarang masih belum ada update signifikan

  2. Krn jeroan head dan rasio difreeze, dan spt yg kita tau Kawasaki awalnya ngerancang mesin dgn perkiraan dapet 15100 rpm di 2021 tapi nyatanya seminggu seblom musim berjalan diumumin mereka cuma dapet 14600, kalang kabutlah mereka krn hasil risetan pramusim ga kepake dan penyesuain cuma seminggu berbuah pindahnya grlar kr Toprac-Yamaha. Di 2022 ama 2023 mereka update perintilan kecil biar torsi ama tenaga puncak bisa diraih dibawah 14600 rpm. Maka ketika lu cuma ninggiin limiter tanpa perubahan isi head dan rasio, sama aja masang CDI unlimiter ke motor standar. Udah mah jambakan ga maksimal, tapi mesin jadi rawan jebol krn semua itungan disiapin buat 14600 rpm, bukan 15100. Tebakan gua Kawasaki emg udh lempar anduk musim ini, fokus ngumpulin poin konsesi aje biar dapet kelonggaran2 yg mereka butuhin buat musim 2024 krn selama ini mereka satu2nya pabrikan yg dikebiri, ketika bikin motor baru udh ga mungkin maka harapan satu2nya adalah dilepasin kebirinya biar performa balik kr tingkat kompetitif.

    • Trimz infonya, kang. Makin tercerahkan sekarang, btw soal isu Limiter Panigale versi 2023 ini ternyata sekitar 15.800 rpm itu bener apa gak, kang?

      • Lebih tepatnya peak power ada di rpm yg lebih rendah ketibang versi 2019, tapi limiter motor standarnya sengaja dinaekin biar punya redline tinggi jadi kalo dipotong kesannya Dorna menzhalimi mereka dgn kasih limiter lebih rendah ketibang standar. Bahasa gampangnya, mesin lebih nendang di rpm rendah, kalo bisa dapet limiter tinggi ya bagus, kalo dapet potongan limiter maka mereka tetep bisa eksplor krn spek dasarnya yg kuat di rpm rendah ketibang versi lama.

        • Oke, kang. Berarti sesuai perkiraan mereka tetep pake mesin yang bisa teriak lebih dari 16.100 rpm, tapi ya itu tadi peak power maksimalnya sebenarnya di set sekitar 15.800 rpm.

    • @Si Akang.Khan kalo sampe kayak dibantu bisa ngambek itu anak emas D0rna (Duc),toh kayaknya D0rna emang sengaja “mukul” smua perikanan kapan baik di SBK ataupun GP.Pikirnya kalo nggak ngikut aturan gue loe-loe pade (smua perikanan japan) mau balap dimana lg coba?Toh thn dpn D0rna punya “mainan” baru BMW-Toprak diSBK & KTm-April diGP.Cuma pendapat ane pribadi.CMIIW

    • sip kang penjelasan teknikalnya, jadi makin melek emg setingan dorna buat matiin Rea & Kawasaki bener2 didesain sampe detail juga…😂

  3. Mungkin sekarang lagi fokus di 14.600 rpm apalagi angka segitu sangat dekat dengan motor yang dijual di diler, bisa jadi harga jual ke konsumen sangat terjangkau dibandingkan merk lain dan jauh sangat menjanjikan untuk dibeli.

  4. Wah lawak ini…kasi konsesi bkin g dipke harusnya ducati rpmnya disamakan saja dgn pabrikan lain atau berat total disamakan kek. Ini seh g adil krn bau sangat ringan…bisa melesat dan ban awet.

    • Ducati disamain ama yg lain,,gak adil lah jadinya klo ducati cuma boleh 15rb rpm atau kebawah macam yamaha atau ducati,,,yg adil itu naikin aja spek mesin yg lain,,masalah berat badan gaj jaminan klo skill g jago,,rossi badan berat tapi bisa jurdun terus,pedrosa kecil cungkring gak bisa jurdun,,

  5. ah berrti mesinnya ya gt2 doang, mau kasih 20.000 rpm yo tetep aja gk mampu, aturan rev limit jg dipatok sesuai kemampuan masing2mesin, lagian kawasaki awal musim bawa mesin baru tp gk di update ke masa pro nya, sm aja lu bawa mesin prototipe ke balpn wsbk lah, mkane ditolak tu motor, kalo emang mau kenceng ya lu bikin motor yg mesine bagus, kenceng, terus lu bikin masspronya, pasti tuh diijinin

    • Bukan gini, ente yang salah mengartikan. Emang dornanya aja yang pengen Nerf Kawasaki, toh di motor 2021 udah dijelasin kalo motor itu sanggup sampe 15.100 rpm dan itu motor juga udah dipasarin di global.

  6. Bocil2 kemarin sore yang asik bacot limit rpm gak adil semoga sudah tercerahkan…., kalo belum dah lah … memang sudah goblok dari orok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP