TMCBLOG.com – Selain mengonfirmasi bahwa adalah benar saat KTM melalui team manager Fransisco Guidotti mendekati LCR untuk mencari potensi membentuk team satelit baru tahun 2024, boss LCR – Lucio Cecchinello – juga turut mengonfirmasi hal-hal lain termasuk yang berkaitan dengan salah satu pembalapnya yakni Alex Rins. Dirumorkan semenjak awal Summer Break, Alex Rins akan bergabung dengan Yamaha factory team MotoGP yang diperkirakan akan kehilangan 1 seat dimana Franco Morbidelli berkemungkinan hengkang di akhir musim MotoGP 2023 ini.

Via GPOne, Lucio mengatakan “Alex telah menandatangani kontrak dengan HRC yang menyediakan dua musim, 2023 dan 2024, tetapi opsi keluar jika dia menerima tawaran dari tim pabrikan. Sudah tahun lalu ada upaya kerja sama antara Rins dan Yamaha, yang gagal karena Morbidelli, jadi manajernya menginginkan opsi ini.”

Dia telah menerima tawaran dari Yamaha dan negosiasi telah dimulai dengan mereka dan Honda dari manajernya, meski saya bukan pihak yang berada dalam proses ini. Saya tidak memiliki informasi yang pasti, saya hanya bisa mengatakan bahwa akan sangat disayangkan jika kami kehilangan Alex karena dia adalah pembalap yang luar biasa.”

“Dia meluangkan waktu untuk merenung dan mencari tahu apa solusi terbaik, tentu saja melanjutkan proyek dengan Honda masuk akal, dia telah memenangkan balapan, dan motornya akan tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan dengan komitmen baru dari HRC. Di sisi lain, Yamaha menawarkan tempat di tim pabrikan, jadi kondisinya mungkin berbeda.”

“Saat ini, kami dan HRC telah memutuskan untuk mengambil waktu hingga Silverstone karena banyak hal yang bisa terjadi. Kami akan melihat situasi di sana.”

Masih belum diketahui arti dari kalimat “menerima tawaran” yang diutarakan oleh Lucio . . Apakah masih dalam artian menerima proposal, atau menerima dalam arti sudah deal antara kedua pihak. Alex Rins sendiri dikabarkan kemungkinan tetap akan absen di GP Silverstone di mana keputusan ini hadir dari Rins sendiri yang menurut LCR ia meminta untuk memberikannya waktu tambahan untuk proses pemulihan. Jika absen, Honda sudah mempersiapkan back-up antara Stefan Bradl atau Iker Lecuona guna mengisi posisi Rina di LCR pada seri mendatang. – @tmcblog

30 COMMENTS

      • Loh kok gitu, ya hal yg wajar dan lumrah dong seorang Alex Rins pengen berada di tim pabrikan dengan segala konsekuensi pilihannya, beda kondisi kalau di ditampung di satelit ducati misalnya bisa dia nolak, tapi melihat kondisi honda dan yamaha yg notabene sama aplgi inputnya gak dianggap sama honda ya sah2 aja, dan begitupun dia sudah kasih 1 kemenangan buat honda musim ini
        Kalau dibalik bisa gini kalimatnya “sukur2 udah diselametin mukanya dengan juara 1 kali”

    • Hodna ini knpa skr ya milih pembalap yg gmna gt, bradl keknya udah susah buat ngembangin motor, malah yg bagus sebenernya rins malah dmasukin lcr, lecuno ya skilnya so so aja , di wsbk jg, mending puignya aja ganti ke nakamoto lg

      • Pembalap pengembang dgn pembalap penguji itu bukannya beda arti?

        Di Yamaha dulu kan Rossi yg ngembangin. Habis itu Lorenzo yg lanjut ngembangin. Sedangkan pembalap pengujinya lain lg.

  1. Udah pindah aja Rins, mungkin nantinya di Yam pendapat dan suplai partnya lebih lancar soalnya jadi rider pabrikan

    • Saya kira kemarin itu ungkapan sombong dia, ternyata ungkapan sedih pasrah. Kasian, untuk yang pernah bawa yamaha runner up di masa sulit.

  2. Morbi pawangnya kuat, cari masalah sama dia, Uci sanusi siap mbeking tak sedot sedot sama yang berani kurang ajar

    • Yaa kita liat aja klo nanti morbi di satelit merk lain apa bakal lebi senang atau gimana daripada di yamaha

      • Selama dia bisa finish di posisi lebih baik atau bahkan mungkin ada peluang podium, pasti senang, walaupuun hanya dgn team satelit. Status factory diinginkan semua pembalap, tapi kemenangan itu tujuan utamanya

  3. Alex dalam berita dari todocircuito meminta memikirkan terlebih dahulu ats tawaran Yamaha, jawabannya nanti setelah GP Silverstone, apakah iya akan menerima pinangan Yamaha atau tidaknya….

    Kemungkinan Iker Lecuona yang akan menggantikan posisinya di British Silverstone, jika pun Alex jadi ke Yamaha, Honda tidak akan nyari yg lain, Iker Lecuona kabarnya lbh cocok menggantikan Alex, sementara posisi Iker akan di isi Jhonny Rea…..

  4. seharusnya kalo emg Mir jadi hengkang ya bisa aja Rins dinaikkan ke RHT, tapi yah tentu HRC harus bener2 meyakinkan Rins,

    • Lebih milih mir hengkang dri hrc dripada rins, power rins buay develop motor itu bagus cuman sayang dia di lcr aja

    • Iya, salah tempat di waktu yang tidak tepat 🤣
      Dari dulu kan sudah terlihat potensinya, rins lebih bagus di rht,
      Tapi ambyar gara-gara puit 🤣

  5. Astaga tadi baru melek kaget kaget ada notif berita “ditendang yamaha, Mbah Oci mbantu morbidelli di masa sulit”

    Ternyata dipertegas sama artikel ini wkwkw

  6. Pantes aja HRC ga percaya Rins buat ngembangin RCV , karena ada klausul kontrak bisa pindah pabrikan tahun depan.

  7. Muter-muter aja nih pembalap gonta-ganti team ..
    Tapi ya gimana lagi, ngambil dari WSBK ya kurang bermutu pembalap nya

  8. Yg bilang yamaha sebelas 12 belas sama honda,, woy,,,blm aja jalan rins sama yamaha, udh pesimis aja,,
    Liat nanti aj siapa tau cocok dan yanaha diangkat naek lg ke papan atas,,,kyk suzuki dlu,,
    Yamaha itu punya potensi hanua perlu inputan dan settingan yg pas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here