TMCBLOG.com – Yamaha Motor Co., Ltd. pada hari ini mengumumkan bahwa pembalap tester mereka yakni Cal Crutchlow akan menggunakan entri wild card-nya di gelaran Motul Grand Prix Jepang, putaran ke-14 Kejuaraan Dunia FIM MotoGP 2023, mengendarai livery khusus YAMALUBE RS4GP Racing Team YZR-M1 di sirkuit Mobility Resort Motegi (sebelumnya dikenal sebagai Twin Ring Motegi) pada balapan akhir pekan 29 Sep – 1 Okt 2023 mendatang.

Sebagai pembalap resmi tim uji MotoGP Yamaha Factory Racing, Crutchlow adalah pilihan ideal untuk tim balap RS4GP YAMALUBE untuk entri MotoGP satu kali mereka. Partisipasi pembalap asal Inggris itu di GP Jepang 2023 menandai pengalaman wild card Yamaha pertamanya di 2023 ini, sejak ia mulai membalap untuk tim tes MotoGP Yamaha Factory Racing pada 2021. Ia mengikuti 10 balapan selama 2021-2022 sebagai pembalap pengganti.

Cal Crutchlow: “Saya senang mendapat kesempatan balapan di Motegi bersama YAMALUBE RS4GP Racing Team. Sebagai test rider resmi Yamaha, saya melakukan semua yang saya bisa untuk membantu mengembangkan YZR-M1. Grand Prix di Jepang adalah kesempatan bagus untuk menguji berbagai item prototipe dalam pengaturan balapan. Saya berharap dapat bekerja sama dengan YAMALUBE RS4GP Racing Team, dimulai dengan tes yang akan datang di bulan Agustus. Aku yakin kita akan bersenang-senang bersama. Kami akan bekerja keras untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi berharga untuk Yamaha.”

Dengan entri wild card yang akan datang pada Grand Prix Jepang, Yamaha punya tujuan agar Crutchlow bisa mengerjakan analisis spare parts prototipe dalam pengaturan balapan kelas utama. Dengan menempatkan Crutchlow bersama sesama pembalap Yamaha MotoGP Fabio Quartararo dan juga Franco Morbidelli di salah satu balapan terbesar di Jepang, Yamaha menegaskan misi mereka untuk membawa kegembiraan ekstra saat GP kandang mereka dan mempercepat pengembangan Yamaha M1.

“Saya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan YZR-M1 secara maksimal”, ujar Kazuhiro Masuda, YAMALUBE RS4GP Racing Team Director. “Saya sepenuhnya yakin bahwa umpan balik dari balapan wild card ini, yang ditunggangi dengan suku cadang prototipe, akan membuat performa mesin menjadi lebih kuat.”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

22 COMMENTS

  1. Wakaji/om nug … Mau tanya dong … Kok bisa sih 1 team ada 2 sponsor oli nya … Kaya team diatas … Biasanya 1 team 1 sponsor oli … *Cmiww

        • Soalnya dsni eneos terkenal sama oli nya om kocheng oren … Jd saya kira tubrukan sama yamalube nya sponsor oli nya

    • Awalnya saya pikir doi menjanjikan. Tapi pas doi yg blakblakan itu -lupa persisnya apa dan kapan, cmiiw- bilang m1 udah cukup, sejalan ama apa yg dibilanh sama project leadernya m1 kemaren. Saya jadi kesel. Noh cukup darimana dibandingin nya sama m1 sebelomnya mulu ya jelas cukup lah

  2. mungkin yamaha ingin perbandingan performanya dgn morbidelli agar lebih mantap dgn keputusan ambil rins gantikan morbi.

  3. Crutchlow cocoknya jadi penguji di luar batas aja, alias partner tetap markues, klo inputan hasil sunmorian mah diragukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here