TMCBLOG.com – Regulasi sistem pemantauan tekanan ban kelas MotoGP siap diimplementasikan secepatnya. Menyusul permintaan dari Direktur Teknis MotoGP, FIM MotoGP Steward telah mengonfirmasi bahwa sistem tersebut sekarang akan diberlakukan untuk sprint race dan balapan utama MotoGP dimulai dari seri Monster Energy British Grand Prix 2023 bertempat di sirkuit Silverstone.

Sistem yang disepakati dengan pabrikan adalah bahwa ban harus berada di atas tekanan tertentu selama persentase putaran minimum pada sprint race atau pada balapan utama. Tekanan minimum ban yang menjadi patokan akan bervariasi dari ban depan ke belakang, dan dapat berubah dari beberapa sirkuit ke sirkuit lainnya.

Mengenai hukuman terhadap pelanggaran teknis dari tambahan regulasi baru ini steward telah menyetujui skala penalti bertahap dan akan berupa penalti pengurangan waktu yang diberikan setelah balapan.

Berikut skalanya:

Pelanggaran pertama: Peringatan
Pelanggaran ke-2: penalti waktu 3 detik
Pelanggaran ke-3: penalti waktu 6 detik
Pelanggaran ke-4: penalti waktu 12 detik

Setelah nantinya tim sudah terbiasa dengan sistem ini, targetnya adalah menerapkan penalti standar untuk pelanggaran teknis: diskualifikasi. Namun penalti diskualifikasi ini belum akan dilaksanakan. So, mulai dari seri Silverstone dan hingga pemberitahuan lebih lanjut, skala penalti di atas yang akan digunakan.

Sistem yang disepakati dengan pabrikan adalah bahwa ban harus berada di atas tekanan tertentu selama persentase putaran minimum dalam sprint race atau balapan utama. Tekanan minimum bervariasi dari ban depan ke ban belakang, dan dapat berubah dari beberapa sirkuit ke sirkuit lainnya.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

14 COMMENTS

  1. Wkwk gak di motogp dan WSBK aturan kelas tertinggi longgar tapi dibawah ketat.
    Udah diprotes sama tim lain dari beberapa tahun lalu pas pecco menang di spanyol karena tekanan ban dibawah minimum juaranya sah. Di moto2 dan moto3 di diskualifikasi.

  2. Kenapa ga pake tekanan minimum saat start yak? Misal saat start tekanam minimum di 1,5 bar. Lebih simple dari kacamata awam gw.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here