TMCBLOG.com – Selama inspeksi teknis pasca-balapan pada 7 Agustus setelah balap ketahanan selama 8 jam Coca-Cola Suzuka ke-44 pada tanggal 6 Agustus, sepeda motor no.104 (TOHO Racing), yang finish di posisi kedua, menjalani pengecekan kapasitas tangki bahan bakar oleh Direktur Teknis FIM. Pengecekan mencatat kelebihan kapasitas tangki bahan bakar yang bertentangan dengan pasal 2.6.6.10 Peraturan Kejuaraan Dunia Ketahanan FIM 2023.

Sesuai dengan yang seharusnya dilakukan, kontrol kapasitas tangki bahan bakar sekunder juga dilakukan oleh Direktur Teknis FIM dan juga mencatat adanya kelebihan kapasitas tangki bahan bakar. Dengan temuan ini FIM EWC Stewards Panel bersidang untuk mempertimbangkan bukti yang diberikan oleh Direktur Teknis FIM dan menyatakan sepeda motor no.104 tidak sesuai dengan regulasi FIM Endurance World Championship 2023 dan mendiskualifikasi sepeda motor no.104 dari hasil balap ketahanan Coca-Cola Suzuka 8 Jam yang ke-44.

TOHO Racing mengajukan banding atas keputusan FIM EWC Stewards Panel, namun kemudian ditolak oleh FIM EWC Appeal Stewards Panel. Dengan demikian, keputusan untuk mendiskualifikasi sepeda motor no.104 telah ditegakkan dan posisi semua finisher lainnya akan direklasifikasi, sedangkan poin akan dialokasikan kembali ke finisher yang memenuhi syarat.

Dengan hasil ini SDG Honda naik ke posisi dua dan FCC TSR Honda naik ke posisi tiga terus ke bawah sehingga ini juga berefek ke team dimana ada pembalap Indonesia – Andi Gilang – di dalamnya yakni Honda Asia Dream Racing yang naik ke posisi 7 dan YART Yamaha yang naik ke posisi 22.

Dengan hasil ini menjelang balapan terakhir di Prancis nanti FCC TSR Honda masih memimpin dengan 138 poin disusul YART Yamaha dengan gap hanya 13 poin di klasemen sementara. – @tmcblog

7 COMMENTS

  1. Berarti honda cbr1000rrr dikembangkan berdasarkan ban bridgestone benar, di endurance racing ngacir pakai bridgestone

    • Wkwkwk ngakak aing
      Di tempat ane ada ususku gledek butut bolak balik spbu cuy, orangnya itu-itu juga
      Mau nguras spbu keknya ntu orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here