DUKE 390

TMCBLOG.com – KTM baru saja merilis model naked bike DUKE dengan perombakan besar-besaran dan tampil secara all-new untuk kategori mesin berkapasitas sub-500cc. Melakukan desain ulang yang menyeluruh, juga berbekal mesin generasi terbaru, serta konsep sasis yang juga baru yang memperkuat bahasa desain KTM Duke yang dikenal motor agresif. KTM menghadirkan kekuatan output tenaga mesin yang lebih besar dan juga handling yang lebih baik pada DUKE generasi paling mutakhir ini.

DUKE 390

Untuk tahun 2024, desain rangka tetap terbagi menjadi 2 bagian, sama seperti generasi sebelumnya. Bedanya untuk Duke generasi terbaru ini terdiri dari rangka utama berbahan teralis besi baja baru dipadu dengan subframe berbahan aluminium die-cast. Desain baru ini bertujuan meningkatkan handling motor dengan menambah tingkat kekakuan torsi pada sasis. Hal ini juga berakibat peningkatan kelincahan motor dan peningkatan feedback dari sasis terhadap ridernya, dengan triple clamp baru dan spesifikasi offset yang direvisi akan meningkatkan karakteristik handling dan memberikan kontrol dan stabilitas motor yang  jauh lebih baik.

DUKE 390

Sasis/rangkanya kini juga dipadukan dengan swingarm ringan model melengkung terbaru, yang berkontur di sekitar suspensi belakang yang pada model generasi terbaru ini direlokasi menjadi di bagian samping kanan motor. Dengan suspensi belakang yang dipasang di bagian luar berguna untuk memungkinkan desain air box filter yang lebih besar sekaligus mengurangi ketinggian jok secara keseluruhan.

DUKE 390

Ngomong-omong, pengurangan ketinggian jok/seat ini memang sengaja dirancang ke dalam desain DUKE terbaru untuk memungkinkan aksesibilitas yang lebih baik lagi bagi rider, tanpa mengorbankan stabilitas atau pengendalian motor secara keseluruhan.

DUKE 390

Mesin generasi baru menghasilkan tenaga yang lebih nendang lagi. Dengan spek satu silinder berbobot ringan dan dimensi compact. Dijuluki LC4c, jajaran mesinnya untuk KTM Duke kelas ringan ini terdiri dari kubikasi silinder 125cc dan 250cc (untuk pasar tertentu seperti Asia dan Eropa) dan mesin 390cc yang lebih besar (juga untuk pasar tertentu seperti Eropa dan Amerika Utara). Dibangun berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari Duke generasi sebelumnya, mesin terbaru didesain ulang dengan bagian cylinder headdan gearbox baru yang dioptimalkan dan memenuhi standar kompatibilitas EURO 5.2 tentu

DUKE 390

Secara visual, KTM 390 DUKE 2024 bisa dinilai sebagai pemimpin varian deretan Duke kelas ringan ini. Pilihan warna Signature Electronic Orange dan Atlantic Blue mendominasi dampak visual, dengan spoiler tangki yang lebih panjang menampilkan saluran masuk udara yang menonjol, penutup radiator yang lebih besar, dan lampu pemosisian LED eksternal melengkapi paket tersebut. Pokoknya Duke versi 390 ini jadi Duke mesin single cylinder yang paling guaanteng deh!

DUKE 390

Sumber tenaganya ditopang mesin LC4c silinder tunggal 399cc terbaru (dari generasi sebelumnya 373cc) dengan klaim output sebesar 44Hp. Tidak hanya lebih ringan dan lebih bertenaga dari generasi sebelumnya, tapi juga menghadirkan kompatibilitas standar emisi EURO 5+ dan tampilan baru pada KTM 390 Duke. DUKE 390 2024 juga menawarkan suspensi depan WP APEX Open Cartridge diameter 43 mm dengan setelan 5-click pada rebound dan compression, serta suspensi belakang dengan piston terpisah berikut serta rebound dan preload yang bisa disetel/sesuaikan. Ini berarti bisa meningkatkan handling karena suspensi mudah disesuaikan dengan kebutuhan  dan karakter pengendaranya.

DUKE 390

Juga dibekali dashboard berlayar TFT 5 inci full digital terbaru, dengan riding mode yang dapat dipilih. Pengaturan default adalah Mode STREET, dengan Mode RAIN seperti namanya untuk berkendara saat hujan, dapat dipilih untuk respon throttle yang kurang agresif dan Cornering MTC sebagai perlengkapan standar.

DUKE 390

Mode TRACK tersedia di KTM 390 Duke untuk pertama kalinya. Fitur standar ini membuka mapping ECU untuk bisa lebih agresif. Tampilan RPM yang diperbesar, hadir pula Launch Control untuk mengejar start yang sempurna dan bahkan pengatur lap time. Jadi mode TRACK ini memang secara spesifik me-support rider tampil ugal-ugalan di dalam track sirkuit.

DUKE 390

Desain headlight juga sepenuhnya baru dengan model super agresif, menggunakan tipe LED untuk semua lampu baik lampu utama (lampu jauh dan dekat) serta dibekali daytime running light di sekeliling lampu utama, menambah kesan agresif DUKE 390 dan pastinya membantu visibilitas rider di jalan raya.

Pada bagian pengereman motor juga ikut diperbaharui. Roda depan dihentikan oleh cakram berdiameter 320mm dijepit oleh kaliper 4-piston dari Bybre. Perubahan model disc brake juga bertujuan membantu untuk menjaga temperatur rem agar tidak tinggi ketika motor dipakai serta materialnya ditingkatkan untuk masa pakai yang lebih panjang. Sementara itu di bagian roda belakang dibekali disc brake berdiameter 240mm dengan kaliiper 2 piston yang juga dari Bybre. Tak lupa ada fitur Cornering ABS dan Supermoto ABS sebagai peranti standar bawaan pabrik untuk DUKE 390.

DUKE 390

Bagi market sepeda motor Indonesia, sepertinya DUKE 390 akan dijual pada nantinya,  namun tentu dengan harga yang diperkiraakan di atas 100 juta Rupiah karena kita tahu kubikasi mesin di atas 250cc kena pajak PPnBM. Modelnya sih keren banget nih, tampil all-new apalagi bagian body dan sub-frame belakang lebih keren bentuknya dengan meninggalkan desain besi baja teralis terekspos, jadi serasa punya KTM Super Duke 1290 ya kan. @tmcblog

Based on KTM press release

ENGINE
TORQUE : 39 Nm
TRANSMISSION : 6-speed
BATTERY CAPACITY : 8 Ah
COOLING : Liquid cooled
POWER IN KW : 33 kW
STARTER : Electric starter
STROKE : 64 mm
BORE : 89 mm
CLUTCH : PASC™ antihopping clutch, mechanically operated
DISPLACEMENT : 398.7 cm³
EMS : Bosch EMS with RBW
DESIGN : 1-cylinder, 4-stroke engine
LUBRICATION : Wet sump
CHASSIS
WEIGHT (WITHOUT FUEL) : 165 kg
FRONT BRAKE DISC DIAMETER : 320 mm
REAR BRAKE DISC DIAMETER : 240 mm
FRONT BRAKE : Four-piston radial fixed calliper, brake disc
REAR BRAKE : 2 piston floating caliper
CHAIN : 520 X-Ring
FRAME DESIGN : Steel trellis frame, powder coated
FRONT SUSPENSION : WP APEX 43
REAR SUSPENSION : WP APEX – Monoshock
SEAT HEIGHT : 820/800 mm
SUSPENSION TRAVEL (FRONT) : 150 mm
SUSPENSION TRAVEL (REAR) : 150 mm

 

17 COMMENTS

  1. Gila ini keren pake mampus. Keren di muka dan keren di spec.

    Ini penglihatan saya aja, atau memang si shock samping duke ini, mountingnya ga lurus sejajar dari arm ke rangka ? keliatan kaya duduknya agak miring masuk ke sisi dalam kalau dibandingin garis dari dudukan di arm nya

    kalau beneran, wah agak laen ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here