TMCBLOG.com – Setelah TVS iQube yang dirilis kemarin di Dubai, TVS secara resmi telah meluncurkan skuter listrik keduanya yang diberi nama “TVS X”. Bukan hanya ikut-ikutan nama Twitter yang berubah nama menjadi ‘X’, TVS X dihadirkan sebagai skuter listrik performa pertama dari merek yang berbasis di Hosur dan memiliki banyak fitur keren di samping gaya yang megah, cekidot deh sekeren apa skuter listrik ini . .

Kita cek dulu dari penampakan fisiknya ya, E-skuter TVS X baru tampil sporty dan mendapat desain anyar. Secara umum garis desain skuternya mirip dengan konsep TVS NTorq Race XP yang juga sudah dirilis buat pasar Indonesia. Mirip, namun bukan berarti sam, ada banyak hal hal yang baru dan berbeda seperti frame atau rangka alumunium mirip model twinspar membentang pada sisi body terlihat memang bikin beda banget dan menghilangkan dek rata yang hadir di NTorq tentunya. Belum lagi suspensi belakang celentang kayak Panigale hehehe . . .

TVS X mendapat lampu penerangan LED penuh, layar TFT 10,2 inci dengan konektivitas smartphone melalui TVS SmartXonnect untuk navigasi, panggilan dan akses SMS, layar beranda yang dapat disesuaikan, tiga mode berkendara (Xtride, Xonic, dan Xtealth), pembaruan OTA, cruise control, dan sejumlah fitur lainnya yang keren abiiis . . .

Berstatus sebagai skuter EV, TVS X dapat dipacu sampai top speed 105 km/jam dengan akselerasi 0 hingga 40 km/jam dalam waktu 2,6 detik. Performa ini solid banget karena didukung oleh baterai 4,44kWh yang menawarkan jangkauan 140km sekali full charge dan dihubungkan ke motor dengan daya puncak 11kW dengan ram air cooling.

Sementara itu, perangkat kerasnya terdiri dari garpu depan teleskopik, monoshock offset, serta rem cakram depan diameter 220mm dan belakang 195mm dengan ABS Single Channel. Velg berukuran 12 inci yang dibalut ban depan 100/80 dan ban belakang 110/80. TMCBlog yakin model ini juga akan dikenalkan buat pasar Indonesia nantinya. Sementara harga di India sendiri ditetapkan sebesar Rs. 249000 Rupee atau sekitar 46 juta-an kalau dikonversi ke Rupiah.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Pict : Powerdrift & TVS

 

30 COMMENTS

  1. Emang gak bisa ya matic ICE di buat model aneh2 kayak gitu? Pertanyaan yg sama, emang gak bisa ya motor BEBEK di buat model kayak matic. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here