TMCBLOG.com – Pada tahun tahun sebelumnya, Pedrosa biasanya hanya mau melakukan sekali saja sesi wildcard (satu kali race) dengan KTM RC16 dalam satu musim MotoGP, namun di tahun 2023 ini Dani akan memanfaatkan dua kali kesempatan wildcard yang artinya 4 kali race dalam satu tahun di Jerez dan di Misano nanti. Apa dasar yang membuat Dani Pedrosa mau melakukan hal ini?

Secara umum musim 2023 ini perubahan banyak terjadi, bukan hanya perubahan format race weekend yang membuat sedikit waktu Practice untuk pengembangan motor, namun juga soal perubahan alokasi ban untuk test. Dorna telah mengubah alokasi ban untuk test dari awalnya 240 unit ban Michelin menjadi hanya 200 unit ban Michelin saja. Ini jelas selain lebih sedikitnya data, para test rider pun harus putar otak agar dengan jumlah ban yang lebih sedikit, pengujian yang mereka lakukan minimal bisa sama kualitas dan efektifitasnya dibandingkan tahun sebelumnya.

Oleh karena itu salah satu cara legal yang bisa dilakukan dalam proses development ini adalah menggunakan kesempatan wildcard sebagai laboratorium berjalan untuk menambah data sekaligus mendekatkan analisa ke kejadian dan tantangan sebenarnya yang dihadapi oleh para pembalap reguler. Oleh karenanya Dani Pedrosa mau melakukannya, semua demi KTM.

“Sprint race benar-benar mengubah keseluruhan akhir pekan GP, oleh karena itu, kami para pembalap penguji harus mengejar ketinggalan sehingga kami dapat berbicara dalam bahasa yang sama dengan para pembalap,” begitu Pedrosa memberikan pendahuluan.

“Jumlah ban sangat sedikit – dan jumlahnya semakin sedikit setiap tahunnya. Tapi teknologinya semakin maju, jadi diperlukan lebih banyak tes, tapi pilihan kami lebih sedikit karena kami tidak punya ban. Bahkan, saya harus push umur ban melebihi batas yang disarankan. Misalnya, jika batasnya adalah 30 lap, saya harus melakukan 33 lap karena kami tidak memiliki cukup ban untuk melakukan semua tes yang harus kami lakukan.” ujar Dani Pedrosa. – @tmcblog

14 COMMENTS

  1. Bahkan ban yg penting dibatasi! Lah giliran sayap2 liar yg makin semrawut di motor & membahayakan GK ada batasnya! Lirik dikacrot! 👀 Darmo pura2 buta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here