TMCBLOG.com – Sistem Pemantauan Tekanan Ban MotoGP yang baru sebenarnya mulai digunakan di GP Inggris namun Baru sekarang akan sepenuhnya otomatis dan Live Telemetri mulai GP Catalan/ Catalunya dan seterusnya, sebagaimana telah disepakati dengan pabrikan dan Asosiasi Produsen (MSMA).

Mulai sekarang, tekanan ban semua sepeda motor akan dipantau secara langsung, dan pemeriksaan hanya akan dilakukan pada mesin yang dianggap sistem tidak mematuhi aturan. Seperti yang selalu terjadi, hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah sensor telah dikalibrasi dengan benar dan memberikan pembacaan yang sama seperti yang ditampilkan oleh sistem pemantauan otomatis.

Jika sensor ditemukan berfungsi dengan benar dan tekanan tidak sesuai, akan ada penalti. Pelanggaran teknis biasanya mengakibatkan diskualifikasi dari sesi atau balapan, namun karena sistem ini masih baru di Kelas MotoGP dan diterapkan pada pertengahan musim, Steward telah menyetujui skala penalti bertahap hingga pemberitahuan lebih lanjut. Untuk memastikan penalti berlaku pada balapan Sprint atau Grand Prix yang sebenarnya dimana tekanan ban tidak sesuai, maka penalti tersebut akan diberikan setelah balapan dengan skala sebagai berikut:

Pelanggaran pertama: Peringatan
Pelanggaran ke-2: penalti waktu 3 detik
Pelanggaran ke-3: penalti waktu 6 detik
Pelanggaran ke-4: penalti waktu 12 detik

Ini adalah sistem pemantauan tekanan ban baru yang dirancang untuk memastikan bahwa semua mesin MotoGP mematuhi tekanan yang ditetapkan oleh Pemasok Ban Resmi MotoGP, Michelin. Tekanan ban adalah nilai yang sangat sensitif dan pembacaannya banyak berfluktuasi selama balapan, dan bahkan di berbagai titik di sirkuit. Sebelumnya, tim menggunakan sensor dari pemasok berbeda untuk memeriksa tekanan ban. Sekarang ada satu sistem terpadu untuk seluruh grid MotoGP.

Sistem yang disepakati dengan pabrikan adalah bahwa ban harus berada di atas tekanan tertentu selama persentase minimum putaran dalam Sprint atau balapan. Tekanan minimum bervariasi dari ban depan ke ban belakang, dan dapat berubah dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya. Berikut persentasenya:

  • Balapan lebih dari 15 lap = 50% lap harus berada pada atau melebihi tekanan ban minimum
  • Balapan 15 lap atau kurang = 30% lap harus berada pada atau melebihi tekanan ban minimum

@tmcblog

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here