TMCBLOG.com – Seperti yang sudah TMCBlog informasikan sebelumnya pada hari Senin kemarin dua kelas Grand prix sepeda motor : Moto2 dan Moto3 melanjutkan sehari pengujian di Barcelona (04/09/2023) yang difokuskan ke pengujian ban baru – Pirelli – yang akan mereka gunakan mulai musim 2024 yang akan datang. Pengujiannya sendiri dimulai pada pukul 10.00 pagi dan berakhir pada pukul 17.30 dan pembalap dari masing-masing kedua kelas menyelesaikan tiga sesi dengan total lebih dari tiga jam di lintasan dengan suhu aspal antara 30° hingga 50° Celcius dan cuaca cerah.

Pembalap Moto2 dan Moto3 menggunakan ban slick DIABLO Superbike dengan kompon soft dan medium untuk bagian depan dan belakang. Untuk Moto2 ban yang digunakan berukuran 125/70 R17 depan dan 200/65 R17 belakang. Untuk motor Moto3 menggunakan ukura 100/70 R17 depan dan 120/70 R17 belakang.

Tidak ada waktu putaran resmi yang diberikan tetapi sensor start/finish pada straight diaktifkan. Oleh karena itu setiap tim dapat mencatat waktunya sendiri. Namun secara umum Pirelli cukup puas akan hasil pengujian ini. Giorgio Barbier – Motorcycle Racing Director Pirelli mengatakan; “Bagi Pirelli, keseimbangan tes pertama ini dengan tim dan pebalap Moto2 dan Moto3 tentu sangat positif. Sirkuit Montmelò cukup menuntut penggunaan ban, oleh karena itu, ini merupakan tempat pengujian yang sangat baik untuk melakukan pengujian pertama dan segera memverifikasi kebaikan produk kami.”

“Bahkan tanpa adanya waktu putaran resmi, kami telah melihat bahwa kami sudah sangat cepat dengan tingkat keausannya sangat baik, terutama jika kami mempertimbangkan bahwa hari ini adalah tes pertama dalam kondisi plug & play, yaitu tanpa kemungkinan menyetel motor juga mempertimbangkan balapan yang akan berlangsung di Misano pada akhir pekan.”

“Kami tahu kami memiliki performa yang sangat tinggi dan produk yang solid. Komentar positif yang kami terima hari ini dari pengendara dan orang dalam menegaskan hal ini. Selain grip dan performa murni, perilaku yang sangat intuitif, kemudahan penggunaan, dan rasa percaya diri yang diungkapkan oleh ban bagian depan juga [hadir] berkat keseimbangan yang baik antara kedua ban juga diapresiasi.”

“Para pembalap mampu melakukan tekanan sejak awal berkat kontrol dan presisi yang dapat dijamin oleh ban kami, dengan kata lain mereka langsung merasakan rasa aman yang luar biasa. Dan ini adalah komentar yang bulat, tidak ada suara yang berbeda pendapat. Awal yang sangat baik dan saya yakin bahwa ketika mesin disetel untuk ban kami dengan cara terbaik, mereka akan dapat memanfaatkan potensi penuhnya”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here