TMCBLOG.com – Pembalap telah melakukan test resmi 2023 selama satu hari di Sirkuit Misano kemarin. Yang dihadirkan oleh masing-masing pabrikan bisa dibilang sangat bervariasi, namun walaupun dengan motor tahun 2022, Luca Marini berhasil menorehkan laptime tercepat secara akumulatif saat test kemarin. Pada lap ke-47 dari 49 lap di sesi sore, laptime Marini mengalahkan Maverick Viñales dan Brad Binder yang menjadi tercepat ketiga. Namun, kisah-kisah utama dalam test seharian kemarin tidak terlalu terfokus pada catatan waktu, melainkan ke banyak hal baru yang terungkap pada hari penting terutama bagi Honda dan Yamaha. Berikut ikhtisar tentang apa yang terlihat di pitlane kemarin.

Ducati

Tidak semua pembalap mereka hadir pada hari Senin, dan pitlane jelas kehilangan Sang Juara Dunia bertahan Francesco Bagnaia saat ia absen, juga rekan setimnya Enea Bastianini yang absen karena cedera, dan peebalap penguji Michele Pirro setelah kecelakaannya sebagai wildcard. Kemarin, Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio juga tidak turun ke trek.

Dalam hal hal baru, tidak terlalu banyak yang dipamerkan di box Ducati. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) memiliki kedua motor dengan fairing samping yang lebih besar dibandingkan dengan setup difusser downwash yang ia gunakan pada beberapa balapan terakhir, namun tidak ada yang baru di Ducati terutama juga karena tak ada pembalap tim pabrikan hadir.

P1 Luca Marini (Mooney VR46 Racing) – 1:30.602
P4 Jorge Martin (Prima Pramac Racing) – 1:31.168
P9 Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP) – 1:31.337
P14 Johann Zarco (Prima Pramac Racing) – 1:31.492

Aprilia

Di kubu Aprilia ada update sasis baru untuk Aleix dan Vinales. Aleix Espargaro mengatakan itu tidak lebih baik atau lebih buruk, hanya berbeda: terasa lebih soft dan menangani gundukan dengan lebih baik, yang berpotensi dapat mempengaruhi performa RS-GP di beberapa lokasi.

Namun, bisa dibilang ada pencuri berita utama lainnya adalah Miguel Oliveira ketika Aprilia membiarkannya mencicipi RS-GP 2023 di box Tim CryptoData RNF MotoGP miliknya, di samping mesin 2022 yang biasa ia gunakan. Menurutnya, RSGP 2023 adalah sebuah langkah maju dalam segala hal. Namun tentu saja ia tidak akan menyelesaikan musim 2023 ini dengan motor tersebut, itu motor buat kami pada musim 2024 nanti.

P2 Maverick Viñales (Aprilia Racing) – 1:30.836
P7 Miguel Oliveira (CryptoData RNF MotoGP) – 1:31.232
P10 Raul Fernandez (CryptoData RNF MotoGP) – 1:31.362
P11 Aleix Espargaro (Aprilia Racing) – 1:31.381

KTM

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Jack Miller memiliki salah satu sasis yang digunakan oleh pembalap wildcard sekaligus test rider – Dani Pedrosa – selama akhir pekan Misano, yang dikabarkan sepenuhnya terbuat dari serat karbon. Pedrosa tidak mengikuti sesi test ini. Binder memiliki sasis berwarna hitam, tetapi tampak mirip dengan sasis standar (steel frame) 2023 miliknya. Miller juga sudah turun menggunakna sasis berwarna hitam tersebut.

Di GASGAS Tech3 Factory Racing, tampaknya tidak banyak yang bisa dilaporkan, namun keduanya melakukan putaran untuk mendapatkan lebih banyak data. Pol Espargaro mengalami crash. Dia tidak keluar pada sore hari tetapi rekan setimnya – Augusto Fernandez – terus mencatatkan waktu putarannya.

P3 Brad Binder (KTM Red Bull Factory Racing) – 1:31.154
P5 Jack Miller (KTM Red Bull Factory Racing) – 1:31.175
P15 Augusto Fernandez (GASGAS Factory Racing Tech3) – 1:31.686
P17 Pol Espargaro (GASGAS Factory Racing Tech3) – 1:31.844

Yamaha

Pada sesi pagi hari, salah satu mesin Fabio Quartararo memiliki aero-winglet lebih besar selama beberapa putaran, sebelum kemudian dialihkan kembali ke aero-winglet standar. Tapi kemudian paket aerodinamika lain muncul di trek: kombinasi iterasi pertama paket aerodinamika 2023 ditambah tambahan yang sebelumnya dicoba oleh Franco Morbidelli di Portimao Test dihadirkan untuk diuji Quartararo di Misano test ini.

Morbidelli juga mencoba aero-winglet saat ini dan paket aerodinamika 2023 sepanjang hari, serta penutup air box/tangki bahan bakar baru yang lebih besar. Pembalap Italia itu juga mencoba knalpot ganda Akrapovic, yang sudah terlihat sebelumnya, lagi di Misano, dan sasis baru yang tidak mendapat review bagus dari Frankie.

Namun, ada juga motor kelima di dalam box Yamaha, kemungkinan besar motor tersebut bermesin baru. Laporannya? Manajer tim Massimo Meregalli berpendapat positif, tetapi ketika Quartararo ditanyai, dia mengatakan bahwa awalnya dia berharap motor baru ini lebih berperforma.

P6 Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 1:31.177
P8 Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 1:31.301

Honda

Honda seakan jadi perhatian selama test Misano kemarin. Ada banyak pembicaraan tentang Honda menjelang tes dan ketika test berlangsung tersebut, dan sebagian besar dari pembicaraan tersebut kemungkinan akan berlanjut. Rekan satu tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Joan Mir, keduanya memiliki salah satu motor yang digunakan oleh test rider HRC dan wildcard Stefan Bradl selama akhir pekan Grand Prix dengan sasis baru, unit ekor baru, dan knalpot baru . . Namun mesin yang didatangkan ke Misano ternyata masih spek 2023, bukan mesin spek 2024 seperti yang sempat diberitakan sebelumnya.

Joan Mir melakukan perjalanan singkat dengan sepeda motor “baru” sebelum pekerjaan dilanjutkan di dalam garasi, dan baru kembali menggunakannya kemudian. Marc Marquez, sementara itu, melakukan beberapa kali run dengan mesinnya, dan membuat lebih dari sekedar headline yang aneh dalam wawancaranya dimana ia terlihat sedang ragu dan mengatakan akan mengumumkan masa depan 2024-nya pada sekitar GP India atau GP Jepang.

Bradl memiliki mesin dengan sasis baru, unit ekor baru, dan juga knalpot baru. Dan Takaaki Nakagami dari LCR Honda Castrol juga ikut mencobanya. Konsensus umum bagi mereka yang mencobanya untuk pertama kali? Berbeda, namun belum lebih baik.

Honda juga terlihat memamerkan motor berwarna hitam di box Bradl yang sepertinya merupakan motor eksperimental HRC versi 2. Terlihat bulky seperti motor eksperimental versi 1 yang sempat juga hadir di Sepang test dulu.

P12 Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) – 1:31.434
P14 Marc Marquez (Repsol Honda) – 1:31.575
P16 Joan Mir (Repsol Honda) – 1:31.687
P18 Stefan Bradl (Team HRC) – 1:32.146

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here