TMCBLOG.com – TVS Apache RTR 310 menggunakan model Ride By Wire atau Throttle By Wire dimana respon bejekan puntiran gas tidak dihubungkan lagi menggunakan kabel sling baja dengan sistem mekanis ke throttle body, melainkan melalui sebuah perangkat elektronik. Dan ini secara umum akan memberikan banyak potensi variasi fitur elektronik yang bisa di berikan berdasarkan respon dari trotel tentunya. Minimal adanya riding mode. Berikut ulasan mengenai kelengkapan fitur elektronik Apache RTR 310 yang menurut TMCBlog termasuk paling lengkap di kelasnya.

Mulai dari riding mode, TVS Apache RTR 310 memiliki beberapa riding mode seperti Urban, Rain, Supermoto, Sport dan Track. Ketiganya secara umum memiliki respon dari throttle yang berbeda-beda. Mode Track adalah mode paling lossdol di mana Traction Control (TC) dibuat paling minim dengan mapping power mesin paling maksimal. Dengan mode ini jelas responnya paling gass pol dan paling liar bikin motor siap diajak ugal-ugalan di sirkuit.

Mode Sport adalah mode yang menurut TMCBlog paling menyenangkan untuk biker pada umumnya. Respon gas masih terasa sangat powerful, namun TC-nya lumayan ‘dijagain’ sama mapping motor. Mode Supermoto pada dasarnya adalah mode Sport dengan ABS roda belakang di non-aktifkan sehingga memungkinkan sobat sekalian untuk sedikit ngesot/side ways/power slide.

Mode Urban banyak sekali pembatasannya, dan paling annoying buat TMCBlog, itu lampu shiftlight mudah sekali nyala untuk menunjukan kita harus berganti gear/persneling. Mode Rain adalah mode penjagaan paling maksimal yang dilakukan oleh elektronik motor dimana TC di-set ke tingkat maksimum.

Namun, tidak seprti misalnya pada ZX25R atau CBR250RR, walaupun level power dan TC berbeda pada setiap mode, Apache RTR 310 ini tidak memiliki opsi custom untuk mengatur pilihan dari level power dan TC sendiri. Oh ya, interface dari dashboard TFT LCD digitalnya ada sekitar 10 model; Urban, Rain, Supermoto, Sport, Track, Urban malam, Rain malam, Supermoto malam, Sport malam, dan Track malam.

Mode TC bisa diganti ganti saat di atas motor dan motor berjalan dengan cara memencet tombol yang berada di setang kiri. Namun setelah mode dipilih, mode baru akan aktif setelah throttle ditutup penuh. Selain itu dari segi konektifitas ada banyak perangkat gadget yang bisa dihubungkan via Smart XConex TVS ini ya ponsel, GPS sampai GoPro pun bisa kita kendalikan operasinya dengan joystick di handlebar kita . . wiih!!

Secara umum memang ada beberapa opsi variasi mode yang ada di ZX-25R dan CBR250RR namun tak ada di Apache RTR 310 ini seperti opsi custom mode, namun ada banyak mode dan tampilan yang baru hadir di motor ini untuk kelas motor di bawah 400-an cc, benar-benar all out nih TVS di produk ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here