TMCBLOG.com – BMW secara resmi meluncurkan sepeda motor petualangan R 1300 GS Sebagai Pengganti dari R 1250 GS. Segmen Big Bike ADV telah lama menyaksikan banyak teknologi dan fitur baru yang diperkenalkan di beberapa pabrikan dan ini membuat R 1250 GS terlihat Uzur. Untuk tahun 2024, BMW R 1300 GS Tampil anyar, Major Change dengan juga menghadirkan peningkatan tenaga, pengurangan bobot, suspensi baru, rangka baru, dan radar. Ini adalah GS yang hampir semuanya baru dan BMW berupaya untuk merebut kembali posisinya sebagai raja Motor Adventure.

Jika berbicara tentang R-model GS, Kita harus memulainya dengan mesin boxer yang Khas dari BMW.  Kini, dimensi keseluruhan yang lebih kompak menampung mesin berkapasitas 1.300cc yang menghasilkan tenaga GS lebih besar daripada sebelumnya. Seberapa Besar? Diklaim Maksimum 145 hp pada 7.750 dan 110 lb.-ft. torsi pada 6.500.

Peningkatan ini sebagian besar berasal dari dimensi silinder baru yaitu 106,5 x 73,0 mm—peningkatan bore sebesar 4 mm dan penurunan Stroke sebanyak 3 mm. Area bore yang lebih besar memberi ruang untuk katup yang lebih besar (IN 44mm dan EX 35,6mm), dan Camshaft baru membantu mesin baru menghasilkan tenaga terbaik.

Seperti Mesin sebelumnya, kepala silinder dan area bertekanan panas tinggi lainnya didinginkan dengan cairan melalui radiator, dan pendinginan udara akan menangani sisanya. Kepala silinder DOHC menggunakan Camshaft berpenggerak rantai dengan teknologi ShiftCam BMW yang memvariasikan timing dan pengangkatan katup masuk yang dapat meningkatkan penghematan bahan bakar dan kelancaran saat cruising serta meningkatkan output di bawah beban berat.

Gas buang keluar melalui knalpot baja tahan karat 2-ke-1 dengan sistem katalis loop tertutup yang dikontrol melalui sensor oksigen. BMW mengatakan R 1300 GS tidak hanya memenuhi standar emisi gas buang saat ini tetapi juga dilengkapi untuk memenuhi persyaratan masa depan.

Gearbox dipindahkan ke bawah poros engkol dan diintegrasikan ke dalam Crank Case. Hal ini mengurangi bobot mesin sebesar 4 kg-an, dan memotong total 7-an kg untuk seluruh sistem drivetrain. Perubahan tersebut juga mengurangi panjang mesin dan memungkinkan poros transmisi menjadi lebih pendek. Massa yang tersisa kini terkonsentrasi lebih dekat ke pusat gravitasi untuk meningkatkan penanganan. Kopling menggunakna Assist And Slipper Clutch. Sistem Quickshifter hadir atas dan bawah dengan Shift Assistant Pro opsional yang dikatakan lebih presisi.

Dari segi elektronik, BMW R 1300 GS memiliki Empat mode berkendara standar menyesuaikan respons dan tenaga mesin: Rain, Road, Eco, dan Enduro. Paket Riding Modes Pro opsional menambahkan tiga mode tambahan: Dinamis, Dynamic Pro, dan Enduro Pro. Kedua mode Pro memungkinkan penyesuaian ekstra pada respons throttle, kontrol traksi, dan kontrol wheelie. Selain itu, kontrol torsi tarik mesin (MSR) sebagai standar yang membatasi perlambatan slip roda belakang dapat disesuaikan dalam mode Pro.

Pengereman melalui kaliper depan cakram ganda dengan empat piston radial-mount dan kaliper belakang dua piston cakram tunggal dihubungkan oleh BMW Motorrad Full Integral ABS Pro. Tuas rem depan mengaktifkan rem belakang, begitu pula tuas belakang yang mengaktifkan rem depan. Pengaturan on-road dan off-road terkait dengan mode berkendara, dan ABS belakang dapat dinonaktifkan dalam pengaturan ABS Pro. Selain itu Kontrol Rem Dinamis mencegah penerapan throttle yang tidak disengaja dengan mengurangi torsi penggerak selama pengereman untuk memaksimalkan daya pengereman pada roda belakang.

BMW R1300 GS menggunakan radar dengan fitur Active Cruise Control (ACC), Front Collision Warning (FCW), dan Lane Change Warning (LCW). ACC memungkinkan pengendara mengatur kecepatan dan jarak ke kendaraan di depan; sistem kemudian menggunakan radar depan untuk mengukur jarak ke kendaraan dan mengontrol kecepatan untuk mempertahankan jarak yang telah ditentukan. BMW mengatakan FCW menggunakan intervensi pengereman untuk membantu mencegah tabrakan dan mengurangi tingkat keparahan kecelakaan. Sensor radar belakang memonitor bagian belakang sepeda serta blinc spot. Jika berpindah jalur dianggap berbahaya, sistem LCW akan menyalakan peringatan di kaca spion kiri atau kanan.

R 1300 GS memiliki fitur konektivitas smartphone melalui layar TFT 6,5 inci. Multi-Controller BMW terhubung ke smartphone dan headset Bluetooth untuk memungkinkan fungsionalitas media dan telepon tanpa pengendara melepaskan tangan mereka dari handlebar.Selain itu Banyak yang baru dari Motor penjelajah ini dari Frame dan Suspensi Elektroniknya Juga.

Dari banyak fitur teknologi terbaru BMW R 1300 GS, salah satu yang sangat cocok untuk Indonesia adalah fitur keselamatan dan kenyamanan yaitu Adaptive Vehicle Height Control. Adaptive Vehicle Height Control membuat BMW R 1300 GS secara otomatis menurunkan tinggi motor pada saat berhenti dan secara otomatis Kembali ke ketinggian semula saat motor mulai berjalan.

Nah BMW Motorrad Indonesia Juga Gercep Baru baru ini merilis Informasi resmi mengenai Varian baru ini dimana Mereka telah menginformasikan secara resmi bahwa Harga on the road Jakarta Untuk BMW R 1300 GS Rp. 1.160.000.000,00 dan dapat dipesan dengan cara membayar Booking Fee Rp. 100.000.000,00 dengan estimasi Delivery ke Konsumen sekitar Desember 2023

2024 BMW R 1300 GS Specs
MSRP: Rp. 1,16 Milyar
Engine: DOHC, air/liquid-cooled, four-stroke flat twin w/ BMW ShiftCam
Displacement: 1,300cc
Bore x Stroke: 106.5 x 73.0mm
Compression Ratio: 13.3:1
Transmission/Final Drive: 6-speed/shaft
Claimed Horsepower: 145 hp @ 7,750 rpm
Claimed Torque: 110 lb.-ft. @ 6,500 rpm
Fuel System: Electronic intake manifold injection
Clutch: Wet, slipper function; hydraulic activation
Frame: Steel sheet metal; aluminum subframe
Front Suspension: BMW Motorrad EVO Telelever, central spring strut; 7.5 in. travel
Rear Suspension: BMW Motorrad EVO paralever; 7.9 in. travel
Front Brake: 4-piston radial calipers, dual 310mm discs w/ BMW Motorrad ABS Pro
Rear Brake: 2-piston floating caliper, 285mm disc, BMW Motorrad ABS Pro
Wheels, Front/Rear: Light alloy cast; 19 x 3.00 in. / 17 x 4.50 in.
Tires, Front/Rear: 120/70R-19 / 170/60R-17
Rake/Trail: 26.2°/4.4 in.
Wheelbase: 63.8 in.
Seat Height: 33.5 in.
Fuel Capacity: 5.0 gal.
Claimed Wet Weight: 523 lb.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here