TMCBLOG.com – Pada ajang pameran Japan Mobility Show 2023 di Odaiba City, Jepang, Kawasaki Motor secara resmi memperlihatan dua model sport retro klasik terbaru mereka yakni Kawasaki W230 dan Kawasaki Meguro S1. Baik Kawasaki Meguro S1 klasik yang banyak menggunakan plating, maupun Kawasaki W230 sport retro yang terkait dengan seri W modern, dilengkapi dengan silinder tunggal berpendingin udara SOHC dari basis yang sama dengan KLX230 yang juga sudah dijual oleh KMI di Indonesia.

Detailnya belum diumumkan, namun model konvensionalnya berkapasitas 223cc, dan tampaknya sudah lolos regulasi gas buang baru yang setara dengan Euro 4 terlihat dari kotak di bagian depan manifold knalpot mesin berbentuk tabung yang disinyalir berisi buah katalis yang akan memurnikan gas buang. Jika dilihat dari samping, pipa knalpot terlihat lurus, sangat bergaya klasik.

Dengan bentuk dan detail blok silinder juga kepala silinder yang mirip dengan part varian KLX 230, namun cover case kopling dan bagian bawah mesin dibuat dengan penampilan berbeda yang lebih bercita rasa klasik setiap bagian bawah cover crankcase mesinnya didesain ulang agar tampak lebih besar. Sirip kepala silinder dan penutup bak mesin telah diperbesar untuk menonjolkan mesin berpendingin udara. Khususnya, penutup bak mesin menonjolkan lekuk tubuh, memberikan kesan retro namun hangat.

Untuk spesifikasi rangka/frame Meguro S1 dan W230 merupakan rangka desain baru yang sangat berbeda dengan rangka KLX 230. Ini adalah jenis single straddle pipa baja tubular retro dengan satu pipa bentaran atas dan satu bentangan di bawah. Suspensinya klasik, dengan velg spoke-wheel, garpu teleskopik dan shock ganda di belakang. Ban depan berukuran 90/90-18 dan ban belakang 110/90-17 nggak terlalu besar namun cukup menciptakan gaya nostalgia dengan bagian depan terlihat lebih mengangkat.

Ban yang dipasang adalah IRC Grand High Speed ​​GS19. Merupakan ban bias sport untuk touring dengan motif tradisional. Spatbor belakang terbuat dari resin, sedangkan bagian depan terbuat dari baja. Ini adalah item lain yang wajib dimiliki untuk sepeda motor retro, dan meskipun berada di kelas 250, namun tetap terasa kokoh. Oh iya, rem depan belakang sudah dibekali dengan rotor cakram ABS.

Penerangan menggunakan LED pada lampu depan sementara lampu stop belakang sangat mirip seperti yang dipakai pada W175. Estrella 250 sebelumnya masih memakai bohlam halogen, namun Lampu LED pada W230 ini masih terlihat memiliki suasana yang retro-modern. Dashboard terlihat mengguakan dua cluster analog, dan diperkirakan menggunakan unit yang sama dengan W800. Wah wah wah, kalau bisa diproduksi di Indonesia karena KLX 230 pun sudah produksi KMI, sepertinya W230 dan Meguro S1 ini menarik kalau dirilis juga di Indonesia ya sob.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

12 COMMENTS

  1. Waaah beneran keren kalo ini …
    Penerus Binter Merzy , KZ series reborn
    Apalagi kalau bisa diproduksi lokal harga gak tembus 45 juta bakal laris nih motor…
    Padet banget mesinnya, kira2 buat badic model apalgi ya ini mesin 223cc??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here