TMCBLOG.com – Wah wah wah, segmentasi big bike cruiser jadi sangat dinamis ketika hari ini Kawasaki Motor Indonesia secara resmi merilis Kawasaki Eliminator mulai harga 165,9 juta Rupiah untuk versi standar dan 169,9 juta Rupiah untuk Eliminator SE. Secara umum TMCBlog langsung melihat bahwa Honda Rebel 500 yang bermesin 471 cc memiliki pesaing yang kompetitif dengan harga di Indonesia sekitar 30-an juta Rupiah lebih rendah dimana saat ini Honda Rebel sendiri sudah dibanderol seharga 201 juta Rupiah. Awalnya TMCBlog kira lebih rendah hanya sekitar 20 juta ternyata lebih euyy.

Pertama kali dipamerkan pada pameran sepeda motor di Osaka, Kawasaki Motor Indonesia secara resmi merilis All New Kawasaki Eliminator. Pada tanggal 26 Oktober 2023 ini, dua model, Eliminator dan Eliminator SE, diresmikan untuk market Indonesia dengan dibekali mesin 451cc 2 silinder yang menghasilkan power on-crank sebesar 52 PS pada 10.000 RPM dan besar torsi maksimum 42,6 NM pada 7.500 RPM.

Secara bentuk bisa dibilang lebih mengarah ke bentuk ala ala Rebel dari pada Vulcan seriesnya Kawasaki. Namun yang pasti motor ini memiliki perpindahan/kubikasi mesin yang lebih rendah dari Vulcan. Selain itu perbedaaannya dari cruiser ini dibandingkan dengan Vulcan mungkin lebih ke penempatan posisi footpeg yang lebih sporty karena diposisikan di bawah jok pengendara. Tidak seperti Vulcan yang footpegnya jauh berada di depan.

Poin besar lainnya dari Eliminator baru ini adalah ketinggian jok yang rendah yaitu 735mm. Memasang kedua kaki pengendara dengan kuat menghasilkan rasa aman yang tinggi dan juga menghasilkan kemudahan penanganan yang luar biasa. Ketinggian tempat duduk yang rendah ini juga tentunya akan berkontribusi besar pada konsep kenikmatan berkendara. Secara statis TMCBlog sudah mencobanya dan bisa dilihat di vlog.

Mesin DOHC dua silinder dipasang pada rangka teralis pipa baja. Tata letak frame jenis backbone yang memanjang langsung dari kepala kemudi ke bawah jok kursi terlihat sangat bergaya ER6 series dahulu dengan pipa baja tubular yag khas. Versi SE memperoleh headcowl, warna spesial, jok spesial dengan dua patern kulit, USB Charger di handlebar, dan karet cover pada suspensi depan.

Selain lima hal di atas semua spesifikasi antara Eliminator dan Eliminator SE bisa dibilang sama persis dengan desain yang membulat ala retro, lingkar roda ukuran belang depan 18 inci dan belakangnya 16 inci. Suspensi depan besar berdiameter 41 mm teleskopik, suspensi belakang twin, Assist & Slipper Clutch, Ergofit, ABS sampai konektifitas ke smartphone yang notifikasinya bisa dilihat pada dashboard berbentuk bulat LCD Digital yang sangat atraktif dan modern.

Taufik of Buitenzorg | @tmcblog

 

 

4 COMMENTS

  1. posisi plat nomer depannya gak oke banget, mending kasi di bawah headlamp, ato nanti mesti pada taruh di bawah radiator spt biasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here