TMCBLOG.com – Petualangan Marc Marquez bersama Honda akan segera berakhir. Ia mengaku terus berusaha memberikan data yang berguna kepada para insinyur, namun Honda terlihat masih membutuhkan banyak waktu untuk melihat cahaya di ujung terowongan gelap ini. Seringkali Marc mengirimkan pesan jelas kepada teknisi HRC bernada seperti yang terakhir ia sampaikan di Lusail : “Tanpa kecepatan maksimal Anda tidak bisa bertarung memperebutkan gelar. Mereka mempunyai banyak pekerjaan yang harus dilakukan, mereka mengetahuinya dan saya percaya bahwa di masa depan mereka akan berhasil.”

Tanggal 28 November nanti di tes Valencia, ini akan menjadi waktu untuk mengubah halaman dan menggunakan Ducati Desmosedici GP23 dari tim Gresini. Namun, Marc mencoba menahan antusiasmenya yang berlebihan: “Tujuannya bukan untuk memenangkan gelar. Prioritasnya adalah tersenyum lagi di bawah helm dan berjuang untuk posisi teratas, merasakan ‘kupu-kupu di perut’ saya lagi… Inilah yang benar-benar akan memberi saya bahan bakar untuk melanjutkan karir saya selama bertahun-tahun lagi.”

“Pada hari Selasa di Valencia mereka akan mulai berbenah, tapi jika terjadi kesalahan, itu bukan akhir dari dunia, karena masih ada pra-musim yang akan datang. Saya sadar bahwa perubahan ini bisa sukses atau gagal. Kalau gagal pasti ada kritik, dan saya terima, namun besok saya akan pensiun dengan tenang karena saya sudah mencoba segalanya, apa yang saya rasakan setiap saat, dan tidak ada keraguan yang tersisa dalam diri saya.

Dapat dipastikan Marc akan serta merta kehilangan belasan juta Euro per-musim dari HRC sebagai gaji tahunannya. Diperkirakan Marc hanya mendapatkan gaji dari Gresini sebesar 10% dari gaji yang ia terima dari HRC. Namun ia akan membawa serta beberapa sponsor penting, dimulai dari Red Bull.

Yap, hanya itu yang kita tahu, karena detailnya hanya Marc dan orang-orang kepercayaannya yang tahu. Dan Marc akan tetap memilih untuk tinggal di kediamannya di Madrid – Spanyol, tidak seperti banyak rekan senegaranya yang pindah ke Andorra untuk mendapatkan rezim pajak preferensial.

Mengenai soal finansial ini kepada jurnalis Mela Chercoles ia mengatakan “Saya berada di posisi yang berbeda sekarang. Selama tahun-tahun ini, saya beruntung bahwa semuanya berjalan baik bagi saya dalam semua aspek dan bagi saya itu tidak lagi menjadi prioritas, meskipun tahun depan, saya beritahu Anda, saya akan terus menjadi salah satu orang dengan bayaran tertinggi di grid (MotoGP).” – @tmcblog

14 COMMENTS

  1. I smell a lie… Sangat aneh kalau Gresini yang menggaji Marc, sementara Gresini sendiri dikenal sebagai team untuk paid rider.
    Kalau tetap dibayar sponsor sih masuk akal ya karena kan biasanya untuk atlet terkenal dan berprestasi akan dikontrak oleh brand X untuk merepresentasikan brandnya. Macam kontrak seumur hidup Nike buat Ronaldo atau Adidas buat Messi.
    Jadi kalau Marc masih digaji adalah pernyataan yang benar tapi menyesatkan, true but misleading

    • I smell stupidity..
      Mau gaji/bayaran dari gresini atau sponsor pribadi, emangnya kenapa sii bang??
      Kan sama² dibayar, jadi kebohongan apa yg ente lihat disini?. Di paragraf akhir ane malah liat dia msih bersyukur.

    • StanLOONA > true but misleading?

      if so, why dont you do your own fuqqing blog then post the truth to the rest of the world?
      di KBBI

      ga.ji
      n upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap
      n balas jasa yang diterima pekerja dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu

      • Munkin maksud StanLOONA, kalau gaji dari tim Gresini,
        Kalau dari sponsor itu masuk pendapatan di luar gaji.

        Walaupun sebenarnya itu semua masuknya bayaran/pendapatan

  2. Pada dasarnya MM93 adalah pribadi yg ambisius dan bersemangat dalam kompetisi.
    Dia akan berhenti dan mundur dari kompetisi atau persaingan jika potensi dirinya memang sudah benar-benar tidak kompetitif lagi.
    Selama masih ada peluang/ potensi untuk tetap kompetitif, maka akan dikejar terus…

    Menurut pemikirannya, peluang untuk tetap kompetitif itu masih ada saat ini jika dia mengendarai motor Ducati/ KTM/ Aprilia.
    Tetapi jika nanti ternyata dia tidak mampu kompetitif, minimal rasa penasaran itu hilang dan dia bisa menerima kondisi bahwa dirinya sudah benar-benar habis dan layak untuk mundur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here