TMCBLOG.com – WorldSBK baru saja selesai melakukan test terakhir tahun 2023 yang dilakukan di Sirkuit Jerez. Hal yang cukup fresh adalah penampakan Honda CBR1000RR-R hitam yang dipakai oleh kedua pembalap pabrikan HRC yakni Iker Lecuona dan Xavi Vierge di trek. Ini adalah generasi terbaru CBR1000RR-R Fireblade yang baru saja diumumkan di Japan Mobility Show di Tokyo dan pameran EICMA di Milan 2023.

Lecuona, Vierge bersama test rider Tetsuta Nagashima secara bersama-sama menguji new CBR 1000 RR-R Fireblade seraya membandingkan dengan Fireblade generasi sebelumnya. Sementara dua pembalap MIE Racing Honda masih menjalani test dengan Fireblade generasi lama. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, generasi terbaru dari Fireblade yang sudah dihomologasikan untuk WSBK ini memiliki beberapa inovasi antara lain winglet baru, lengan ayun baru, driveshaft lebih ringan dan rangka yang diperbarui.

Ini adalah beberapa inovasi sambil menunggu komponen baru yang akan dibuat dan dihomologasikan khusus mesin WorldSBK dan akan diperkenalkan untuk sesi pengujian berikutnya pada tahun 2024: “Pengenalan throttle body terpisah adalah titik awal yang baik – kata Leon Camier di situs WSBK – kami mengharapkan traksi yang lebih besar saat throttle dibuka. Selain dari aspek tersebut, motor ini juga memiliki poros engkol yang lebih ringan untuk memudahkan akselerasi dan deselerasi, tanpa melupakan winglet.”

“Dibandingkan dengan versi sebelumnya, kami kemudian merevisi distribusi bobot, memodifikasi panjang lengan ayun. Oleh karena itu kami akan melihat selama musim dingin apakah jalur yang diambil akan tepat atau tidak.”

Sementara itu Iker Lecuona memberikan sedikit impresinya “Secara umum, dalam hal elektronik, mesin dan sasis, feel dengan motornya sangat berbeda . . Maksudnya . . lebih baik. Tentu saja, masih ada area di mana kami mengalami sedikit kesulitan, dan ada area lain yang memerlukan lebih banyak pemahaman, namun secara keseluruhan, saya sangat senang untuk saat ini.”

“Saya menyadari bahwa saya juga perlu sedikit mengubah gaya berkendara saya untuk beradaptasi dengan perasaan yang berbeda, tetapi bahkan dengan itu, sungguh luar biasa melihat kami dapat mencatat laptime  yang sangat baik dan keausan ban tidak terlalu menjadi masalah dibandingkan dengan masa lalu.”

Team HRC WSBK akan kembali melakukan test di hari terakhir pengujian, yang juga akan menjadi hari terakhir Leon Camier sebagai manajer tim. Camier memutuskan untuk mengakhiri petualangannya bersama Team HRC Honda dan penggantinya akan datang dari paddock MotoGP. Untuk tahun depan Lecuona akan kedatangan crew chief baru yakni Tom Jojic. – @tmcblog

10 COMMENTS

  1. Sepertinya Honda akan lbh sering tersorot kamera di 2024.
    Keseriusannya mirip dng Ducati pd V4R dulu, rutin rilis versi upgrade sebelum musim yg baru dimulai yg ubahannya cukup bs dirasakan oleh ridernya.
    Kontras sekali dng ZX-10RR, hny ubah tampilan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here