TMCBLOG.com – Test seharian penuh MotoGP 2024 di Valencia telah selesai dimana hampir semua pabrikan hadir langsung dengan memperlihatkan calon motor 2024 mereka. Hal ini logis melihat semakin sedikitnya waktu test dan terlebih pabrikan seperti Ducati bahkan tidak memperoleh kesempatan wildcard tahun depan, menurut tegulasi konsesi yang baru. Maverick Vinales hadir sebagai yang tercepat pada Test Valencia ini.

Ducati sepertinya sangat memperhatikan kata mutiara yang berbunyi “If ain’t broke don’t fix it” , bentuk GP24 yang dipakai pembalap mereka bisa dibilang identik dengan GP23. Namun memang diperkirakan ada update pada mesin dan juga sasis. Sementara untuk update aerodinamika diperkirakan baru akan mereka perlihatkan pada test di Qatar atau Malaysia nanti.

Pecco Bagnaia tidak terlihat nafsu melakukan time attack di hari pengujian Valencia ini. Davide Tardozzi mengatakan “Bagnaia tidak tertarik melakukan time attack, tujuan kami adalah memberikan umpan balik sebanyak mungkin kepada para insinyur atas pekerjaan yang harus mereka lakukan musim dingin ini. Berita terbesar di Ducati ini adalah mesinnya, berbeda dari tahun 2023.”

“Motor definitif dalam hal sasis dan aerodinamis akan kita lihat di Qatar. Kami berkonsentrasi pada mesin, yang saat ini memuaskan kami. Ada beberapa hal kecil yang Pecco tunjukkan kepada kami yang perlu kami tingkatkan, tapi katakanlah itu untuk saat ini berhasil,”

Pecco sendiri mengatakan : “Saya puas dengan pekerjaan ini. Dengan mesin baru dan motor baru saya merasa baik: ini adalah titik awal yang baik, tetapi langkah-langkah kecil akan diperlukan. Ada pekerjaan yang harus dilakukan dalam hal delivery (power), namun semuanya dimulai dengan baik. Dua tahun terakhir adalah tahun yang rumit bagi mesin: Saya tidak ingin mengklaim kemenangan terlalu cepat, kami menunggu Malaysia tapi saya sangat senang…”

Sementara mengenai Marc Marquez adalah Masini dari Gresini juga memberikan komentarnya : “Suasana di tim luar biasa. Kami bekerja dengan sangat baik, meski kami tidak bisa melakukan lap sebanyak itu. Namun catatan waktu Marquez membuktikannya. Kami masih harus tetap membumi.”

Marc Marquez sempat bikin bengong banyak orang ketika menjadi yang tercepat dengan sisa waktu 90 menit tersisa dengan waktu 1:29,460 detik yang membuatnya duduk 0,250 detik lebih cepat dari siapa pun. Maverick Vinales kemudian meggantikan posisi Marc saat waktu tersisa satu jam lebih. Namun mengakhiri harinya lebih awal, Marc Marquez menyelesaikan 49 lap menjelang jeda musim dingin dan menyelesaikan tes Valencia dengan selisih 0,171 detik dari posisi Vinales.

Juara Dunia Francesco Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) bergabung dengan rekan setimnya Enea Bastianini dan rivalnya dalam perebutan gelar tahun 2023 Jorge Martin (Prima Pramac Racing) dalam menguji sasis baru. Martin mengalami dua kali crash tak terduga. Mesin baru juga diuji, saat Pecco menyelesaikan 51 lap dan mengakhiri hari di P10, dengan Bastianini P8 dan Martin P15. Peraih medali perunggu tahun 2023 yakni Marco Bezzecchi bergabung di box Mooney VR46 Racing Team bersama rekan setim barunya – Fabio Di Giannantonio – dan seperti Marc Marquez, pembalap Italia itu mulai menguasai Ducati spesifikasi 2023 untuk pertama kalinya.

Di Giannatonio menjadi pembalap yang bahagia pada akhirnya. Berfokus pada kecepatan balapan, pemenang balapan GP Qatar itu merasa hebat di tim barunya dan berhasil meningkatkan kecepatan yang ia tunjukkan di GP Valencia hari Ahad dan kelihatan koq seperti yang  . . . tidak terlalu buruk. ‘Diggia’ mengantongi P7 sebelum break, terpaut 0,4 detik dari P1.

Hal yang sama juga terjadi pada Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP). Pembalap Spanyol itu memiliki Ducati GP23 dan GP22 di sisinya dan berbicara menjelang akhir hari, Alex mengatakan Ducati GP23 adalah perubahan yang lebih besar dari yang ia perkirakan dibandingkan dengan versi 2022 dan ada peningkatan yang baik dari sisi mesin dan tenaga.

Marc Marquez juga bukan satu-satunya pembalap yang terbiasa dengan Ducati untuk pertama kalinya. Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) memulai babak barunya di MotoGP dengan mewarisi motor Johann Zarco namun dengan penambahan unit ekor dan aero yang diperbarui yang belum dijalankan oleh pembalap Prancis itu. Lap tercepat Morbidelli dari 69 lap yang ia selesaikan adalah 1:30.206 detik, membuat Frankie finish di P16.

Pembalap Aprilia seperti Raul Fernandez dan Maverick Vinales menggunakan basis RS-GP 2023 dengan beberapa parts spesifikasi 2024. Namun Lorenzo Savadori mencoba sasis full carbon fiber yang bisa jadi ini merupakan solusi terbaru untuk Aprilia di musim mendatang.

Aleix Espargaro (Aprilia Racing) terpaksa absen hampir sepanjang hari setelah cedera yang dialaminya di Qatar kian memburuk, beban berat diserahkan kepada Vinales. Kubu Noale membawa swingarm baru pada Test Valencia, karena Raul Fernandez menjajal RS-GP 2023 untuk pertama kalinya. Pembalap Spanyol itu menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berada di posisi lima besar dan sempat duduk di posisi teratas juga.

Vinales dan Raul Fernandez menyelesaikan P1 dan P4 pada akhir permainan, dengan Vinales menyelesaikan 86 lap – terbanyak dibandingkan siapa pun. Data penting diperoleh saat Aprilia bersiap untuk mengungkap paket lengkap 2024 mereka di Tes Sepang pada bulan Februari tahun depan.

Yamaha terlihat menghadirkan solusi evolusi di beberapa detail yang kasat mata seperti winglet bagian depan yang mengarah ke model Aprilia RS-GP, knalpot double stack panjang seperti perpaduan milik Suzuki GSX-RR dengan KTM RC16 serta winglet pada buritan ala ‘gawang sepak bola’ yang lengkap dengan detail Gurney Flap-nya.

Alex Rins bergabung dengan Fabio Quartararo di garasi Monster Energy Yamaha MotoGP untuk pertama kalinya karena kedua pembalap pabrikan tersebut bekerja dengan knalpot double stack Yamaha yang lebih panjang ketimbang yang dipakai di musim 2023. Test Rider Yamaha – Cal Crutchlow – bergabung dengan pembalap Prancis dan Spanyol itu di trek juga, dan pembalap Inggris itu terlihat mengetes sasis Yamaha terbaru. Selain itu, Manajer Tim – Miao Meregalli mengatakan baik Quartararo maupun Rins sedang menguji versi terbaru mesin 2024 yang diuji kembali di Tes Misano.

Hasil di atas kertas membuat Quartararo finis P12 setelah menyelesaikan 63 lap, dengan Rins dan Crutchlow masing-masing P19 dan P20 – Rins mencatatkan 54 lap pada debutnya, dengan Crutchlow mengantongi 74 lap. Laporan terakhir mengatakan ada beberapa hal positif dan negatif hari ini, dan juga memberikan indikasi awal tentang potensi wildcard yang akan terjadi pada tahun 2024 dengan Cal.

KTM menghadirkan detail side fairing dengan detail ground effect berbeda dimana udara yang disegap oleh sidepod seperti dialirkan di sebuah tunnel yang dijaga oleh semacam talang aliran udara yang juga menjadi pemisah antara bagian fairing normal dengan detail gembungan fairing ground effect di bagian samping bawah. Tak hanya model, dimensinya pun ikut memanjang ke arah belakang yang disinyalir kuat KTM sedang mencari spesifikasi  fairing terbaik untuk meningkatkan kecepatan motor di tikungan.

Mengenakan seragam GASGAS Factory Racing Tech3 untuk pertama kalinya, Juara Dunia Moto2 – Pedro Acosta melakukan debut MotoGP yang sangat dinanti-nantikan. Pembalap Spanyol itu memiliki RC16 spesifikasi 2023 yang tersedia dan itu adalah debut yang sangat mengesankan dari pembalap berusia 19 tahun itu, dengan Acosta menyelesaikan tes hanya terpaut 1,2 detik dari posisi teratas. Satu-satunya hal negatif kecil adalah Acosta sempat terjatuh di tikungan 2 dengan waktu tersisa 30 menit, tapi itu tidak akan membuat dia atau GASGAS khawatir. Banyak pengamat mengatakan bahwa debut Acosta di atas motor MotoGP seperti layaknya pembalap yang sudah memiliki pengalaman ngebut diatas motor prototipe sebelumnya, sangat natural.

Mesin Austria tercepat hampir menjadi yang tercepat secara keseluruhan. Catatan waktu Binder yang mendorongnya ke P2 terjadi pada 10 menit terakhir tes – dan bukan pada motor 2024 yang juga dia habiskan – tetapi pada lap berikutnya di Tikungan 5, pembalap Afrika Selatan itu kehilangan grip bagian depan dan terjatuh. Bukan akhir dari hari yang diinginkan Brad saat KTM menghadapi musim dingin yang sibuk dengan mengetahui bahwa perubahan kecil dapat membuat perbedaan besar dalam pencarian gelar mereka di tahun 2024, tetapi kecepatannya sangat tinggi karena dia telah menetapkan sektor dengan pace yang k.encang

Rekan setim Acosta, Augusto Fernandez, mengklaim P14 setelah mencatatkan 72 lap, sementara topik pembicaraan besar lainnya dari kubu Austria – selain debut Acosta – adalah RC16 yang digunakan Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing). KTM berkamuflase motif zebra menampilkan perangkat aerodinamika baru dan asupan udara baru dalam perubahan yang cukup besar, dan setelah melakukan penyelamatan hebat di Tikungan 2, Miller menembus 10 besar untuk pertama kalinya dengan motor barunya. Pembalap Australia itu finis P9 setelah 62 lap selesai.

Honda pada akhir sesi Valencia test selain terus mencari data untuk RC213V terbaru spek 2024, mereka juga menambahkan satu part baru yakni winglet buritan model ‘gawang’ yang juga sempat uji oleh Luca Marini. Honda RC213V 2024 baru pada dasarnya adalah sepeda motor yang diperbarui sepenuhnya yang menawarkan sasis baru, lengan ayun baru, aero baru, knalpot baru, dan banyak lagi. Dalam dua jam terakhir hari itu, Mir juga terlihat menggunakan aero bagian belakang baru Honda yang mirip dengan yang kita lihat pada KTM pada balapan terakhir.

Kabar baiknya adalah saat mengobrol di pit lane, Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig mengatakan Mir cukup senang dengan kemajuan yang dicapai dengan motor barunya, dan perasaannya cukup berbeda – dalam arti yang baik – dengan motor 2023. Mir juga bekerja dengan mantan crew chief Marc Marquez, Santi Hernandez, untuk pertama kalinya sebelum keduanya menjalani tahun 2024 bersama-sama.

Di tempat lain, Johann Zarco memiliki satu motor spek 2024 dan satu mesin spek 2023. Pembalap Prancis itu terjatuh tanpa cedera di Tikungan 4 saat waktu tersisa satu jam lebih dan mengakhiri hari itu dengan P17, terpaut satu detik dari posisi teratas setelah 61 lap penting.

Takaaki Nakagami menyelesaikan 63 lap praktis dan menyelesaikan P21. Jadi itu saja – sepeda motor Prototipe MotoGP model tahun 2024 telah berada di jalurnya untuk terakhir kalinya pada tahun 2023, dan secara teknis, pertama kalinya untuk tahun 2024. Hari tes pertama telah selesai, musim serta sistem konsesi, dan musim peringatan 75 tahun sudah menunggu, ingin banget menunjukkan apa yang bisa dihasilkannya, sampai ketemu 8 pekan lagi di Sepang, Malaysia.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Galeri Foto

26 COMMENTS

  1. Ya wajar pecco fokus di development, soalnya ini akan sangat menentukan kedepannya, improve gp 24 agar bisa bersaing melawan marc di gp 23 yang mana dah jurdun tahun ini. Kalau settingan gp 24 bisa dapet sejak balapan awal akan sangat membantu untuk melawan marc nanti.

  2. Tuh kan,kamera belakang pasti bakal ketutupan kalo spoiler belakang terus saja dikembangkan,padahal dulu asik juga POV lihat dr kamera yg bisa muter 360° pas duel dogfight,sekarang itu kamera mangkrak gak pernah dipasang

  3. Nah…. Honda akhirnya membuat aero yg baik dalam management airflow..

    Seperti koment2 ku sebelumnya yg kubilang honda ini hanya copypaster apa yg dilakukan kompetitor tapi gak tau maksud dan tujuan kenapa bentuk aero seperti itu..

    Bisa dibilang ini original ide honda..

    Yg dilakukan honda sekarang menyelaraskan desain aero dengan sasis yg dibutihkan aero orisinilnya.

    Kalau untuk spoiler belakng seperrinya masih harus mencontoh ducati deh. Bukan contoh KTM..

    Alasannya simpel.. ducati tidak mencari downforce di area belakang secara berlebih.. karna dia udah punya mekanisme sendiri agar roda belakang selalu “mencari” aspal saat hard brake.. ketika hard brake bagian buritan akan liar, jadi aero ducati yg lebih berfungsi menstabilkan (bukan menambah downforce) lebih baik plus mekanisme roda belakang “mencari” aspal.

    Mekanisme “mencari” aspal ini seperti mekanisme fluida yg akan aktif ketika hardbrake dan kembali normal ketika motor kembali mendapatkan beban normal..

    Aprilia sepertia tau tehnik ini.

  4. Boleh juga ini adaptasi Marini, langsung bisa laptime ordo 1.29, laptimenya mirip waktu qtt pake desmo. Franky, Rins, Zarco keknya masih meraba-raba motor barunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here