TMCBLOG.com – Yadea merupakan produsen kendaraan roda dua listrik terbesar, tidak hanya di Tiongkok/ China tetapi juga di seluruh dunia. Sejauh ini, Yadea lebih banyak memproduksi skuter listrik, namun pada tahun 2023 ditambahkan sepeda motor listrik pertama: Yadea Keeness untuk kategori A1 Eropa (125). Pada tahun 2024, Yadea degan berkolaborasi dengan KTM Kiska Design, Yadea akan memperkenalkan model yang lebih kuat dan cepat yang disebut Yadea Kemper untuk kategori A2.

Motor listrik Yadea Kemper ditepatkan di tengah kendaraan dapat menghasilkan tenaga puncak yang luar biasa sebesar 40 kW (sekitar 54 hp) walau Secara formal, Yadea masih menetapkan 23 kW (31 hp) sebagai daya terukur berkelanjutan – yang sesuai dengan SIM Eropa A2 (hingga 48 hp). Torsi hingga 570 Nm bekerja langsung di ban belakang dan mengakselerasi Yadea Kemper dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam 4,9 detik.

Kecepatan tertinggi diprogram pada 160 km/jam. “Gigi” lambat tersedia untuk bermanuver parkir maju dan mundur. Penggerak roda belakang berjalan secara tradisional melalui rantai. Saat ini belum ada informasi yang tersedia mengenai jangkauan Yadea Kemper, namun pengalaman menunjukkan bahwa untuk kendaraan listrik, jangkauannya berfluktuasi dalam rentang yang luas, tergantung pada akselerasi dan kecepatan.

Bagaimanapun juga, kapasitas baterai Kemper relatif kecil yaitu 6,4 kWh, dan dalam praktiknya kapasitas tersebut sepertinya tidak akan cukup untuk menempuh jarak lebih dari 100 kilometer – jika tenaga listrik digunakan secara tidak terkendali, Mungkin malah jarak tempuh akan lebih sedikit.

Paket baterai Litium besi fosfat 320 volt terdiri dari 100 sel baterai masing-masing berdaya 3,2 volt, sehingga menghasilkan total 320 volt. Produsen baterai besar CATL memasok sel litium besi fosfat yang memiliki sifat termal yang relatif baik. Yadea menjanjikan hingga 8.000 siklus pengisian daya dan menjamin sisa kapasitas lebih dari 70 persen setelah 3.000 siklus pengisian daya. Namun, Yadea belum mengumumkan bahwa baterai dapat diganti dengan cepat – seperti Keeness – untuk Kemper.

Yang berpotesi bikin Yadea Kemper menarik adalah koneksi pengisian cepatnya, Tipe 2 dan CCS Combo 2. Asalkan ada stasiun pengisian daya yang sesuai, pengisian daya baterai hingga tingkat 80 persen hanya akan memakan waktu 10 menit – @tmcblog

14 COMMENTS

  1. Belajar dari kasus yg sempet rame tempo hari tentang kendaraan listrik. Next time kalo bahas molis direview juga letak no mesin dan rangkanya, biar kalo ada masalah dikemudian hari gak ribet. Ko yak bisa produsen gak kepikiran sampe kesitu, sampe si konsumen komplain kalo dinamonya abis diganti nomor mesin jadi ngaco sama disurat surat.

    • Sebenenrya produsen udh bener, cuma indonesia aja yg masih masukin no mesin di tnkb, padahal diluar sana hanya cukup VIN di rangka kendaraan, jadi kalo perlu swap mesin pun enak

  2. Tetap saja klo jenis motor scooter mgkn iya lbh bagus listrik tapi ada yg perlu dipikirin…harga batre dan daya tahan batrenya. Nah klo type sport kurang afdol klo gak ada suara 2 silinder ataupun 4 silinder.

  3. “asalkan ada stasiun pengisian daya yang sesuai, pengisian daya baterai hingga tingkat 80 persen hanya akan memakan waktu 10 menit”?
    apakah stasiun pengisian daya khusus yang dimaksud adalah milik khusus Yadea?
    jadi kalau beli motor nya biar enak harus sekalian sepaket ama pengadaan stasiunnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here