TMCBLOG.com – Di kwartal terakhir 2023 yang lalu TVS sebenarnya sempat bikin kejutan soal Produk Sepeda motor Listrik Berperforma tinggi Mereka. Ujung Ujung TVS menghadirkan Motor Sport Listrik tanpa didahului Model konsep dahulu, Namun TVS Apache RTE secara mengejutkan dihadirkan TVS Via debutnya di OMR Balap Motor listrik India pertama yang disebut e-OMC (electric one make Championship).

Untuk kejuaraan listrik India pertama, TVS membangun Apache RTE sebagai seri kecil, awalnya dengan 8 sepeda motor untuk 8 pembalap terpilih. TVS menjelaskan singkatan RTE sebagai berikut: Racing Throttle Electric yang artinya “balapan dengan throttle listrik”. Dan TVS mengutip “solusi inovatif dan berkelanjutan untuk masa depan yang lebih bersih” sebagai moto proyek ini. Sebelum ini TVS sukses menghadirkan skuter listrik TVS iQube dan TVS X.

Tidak banyak data teknis yang tersedia yang menjelaskan aspek teknis dari Sosok TVS Apache RTE. Namun, ada informasi performa puncak sebesar 59 kW (80 hp) serta Klaim yang cukup ambisius tentang “rasio power-to-weight terbaik di kelas ini”. Untuk tujuan ini, TVS merancang konstruksi ringan mulai dari fairing aerodinamika yang terbuat dari karbon hingga penempatan housing Karbon dari baterai, yang dipusatkan pada pusat gravitasi (CoG) yang menguntungkan.

Sel baterai yang digunakan untuk mobil balap listrik ini adalah yang tercanggih “dengan teknologi canggih” dan hadir dalam 2 paket baterai terpisah yang dapat diganti dengan cepat – namun masih belum ada informasi spesifik mengenai kapasitas dan waktu pengisian daya.

Selain itu, Apache RTE menggunakan velg karbon ringan dengan ban Pirelli Super Corsa, 110/70-17 di depan dan 140/70-17 di belakang. Motor listrik TVS Apache RTE, serta pengendali elektronik menggunakan pendingin cairan dan tersembunyi di bawah fairing. Penggerak roda belakang menggunakan Rantai seperti Motor Konvensional.  Klasifikasi Apache RTE diklaim mendekati Kejuaraan Dunia Moto3 Dengan kecepatan tertinggi yang diklaim lebih dari 200 km/jam dan akselerasi yang cepat khas Torsi Motor listrik.

Ohlins memasok garpu suspensi USD depan dan peredam kejut FGRT 43 dan TTX 36 untuk suspensi belakang TVS Apache RTE . Komponen remnya berasal dari Brembo. Satu rem cakram per roda hadir dengan diameter depan 320 milimeter dan kaliper empat piston monoblok yang disekrup secara radial. Di kokpit, TVS menempatkan layar diagonal 5 inci dengan fungsi balap terintegrasi seperti pencatat data waktu putaran atau sudut kemiringan.

14 COMMENTS

  1. Tvs keknya duitnya banyak ugha ya 😂 omr rr310 iya, skrg develop ini juga

    Padahal ga sedramatis bajaj yang ada duit sampingan dari share holding sama geng ktm

  2. bisa jadi laptimenya lebh kenceng dari MotoE nih kalo PWR nya lebih rasional :v tapi gak tau juga ini topspeednya sampe berapa

  3. Bobot nya kok gak di jembreng sekalian,soal power dan torsi motor listrik mah gampang buat ditinggiin,tapi bobot baterai dan keseluruhan itu yg biasanya jadi kendala, walaupun PWR nya diklaim bagus

    Overall, cakep sih TVS tetap berinovasi di dunia racing walaupun profitnya gak terlalu menghasilkan

    Tinggal beli peninggalan moto3 Mahindra dan ditingkatkan lagi biar bisa bersaing dgn KTM jonda

    • Profit gak terlalu menghasilkan ? Wkwkwk emang dia dagang disini doang. Inget dia bisa bertahan karena disini produksinya tapi unitnya di ekspor, jangan cuma liat penjualan mereka disini kecil.

    • Kendalanya jelas batas range dan manajemen pembuangan panas dari baterai dan dinamo yg biasanya otomatis menurunkan performa keseluruhan, jadi bisa aja dibuat punya power dan torsi setinggi mungkin tapi biasanya ga bisa lama2

  4. Gak pengen kaya mahindra nih nanti icip icip moto3 beneran. Hihihi
    Boleh lah kerja sama bareng atau diem diem dan punya motor 250 prototype

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here