TMCBLOG.com – FIM, IRTA dan Dorna Sports mengonfirmasi pembatalan Gelaran MotoGP Argentina 2024 yang rencanannya akan dilangsungkan di Sirkuit termas De Rio Hondo. Karena keadaan saat ini di Argentina, Promotor acara telah menyampaikan bahwa saat ini mereka tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk Grand Prix yang akan berlangsung pada tahun 2024 sesuai standar MotoGP.

Acara ini tidak akan tergantikan pada kalender 2024. MotoGP berharap dapat kembali balapan di Termas de Rio Hondo pada tahun 2025. Ini artinya MotoGP 2024 sementara ini akan hadir dalam 21 Gelaran Seri.

Hal ini ditengarai sangat erat Hubungannya dengan kebijakan Pemotongan belanja besar-besaran yang dilakukan oleh presiden baru terpilih Argentina, Javier Mile yang merupakan buntut dari Inflasi tinggi. Sebuah kebijakan yang membuatnya melakukan pemotongan besar-besaran di sektor publik sejak pemilihannya pada bulan November, yang diawali dengan pemotongan separuh kementerian pemerintah hanya beberapa hari setelah mengambil alih kekuasaan.

Sirkuit Termas de Rio Hondo dan segala kegiatan Balapnya sangat bergantung pada subsidi pemerintah Argentina. Beberapa hal besar yang harus disiapkan seperti misalnya untuk membayar biaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan ke Dorna yang nilainya sekitar €4 juta, nampaknya Akan mustahil akan menjadi sesuatu yang prioritas untuk disisihkan ditengah pemotongan besar besaran belanja publik ini – @tmcblog

Kalender MotoGP 2024:

10 Maret: Sirkuit Losail /Qatar
24 Maret: Portimão /Portugal
14 April: CoTA/AS
28 April: Jerez/Spanyol
12 Mei: Le Mans/Prancis
26 Mei: Catalunya/Spanyol
2 Juni: Mugello/Italia
16 Juni: Sirkuit Sokol/Kazakhstan
30 Juni: Assen/Belanda
7 Juli: Sachsenring/Jerman
4 Agustus: Silverstone/GB
18 Agustus: Red Bull Ring/Austria
1 September: MotorLand Aragon/Spanyol
8 September: Misano/Italia
22 September: Sirkuit Internasional Buddh/India
29 September: Mandalika/Indonesia
6 Oktober: Motegi/Jepang
20 Oktober: Phillip Island/Australia
27 Oktober: Buriram/Thailand
3 November: Sepang/Malaysia
17 November: Valencia/Spanyol

 

15 COMMENTS

  1. Upaya perbaikan dan penyelamatan ekonomi dari inflasi lebih penting sih dari sekedar mengelar balapan
    Semoga seri Argentina segera balik di tahun-tahun mendatang

    • Itu COTA bro,yaa walaupun Texas sampe hari ini Masih tegang dgn pemerintahan Biden yg bisa saja pecah persng saudara,Dan event nya bisa dibatalkan jg wkwkwk

  2. Wsbk ilang, motobiji jg ilang. Sebenernya Dorna bisa aja kasih opsi lebih murah. Misal wsbk ama motobiji dijadiin di 1 sirkuit dalam 2 minggu. Seminggu pertama wsbk, seminggu berikutnya motobiji. Tpi kargonya dibarengin jadi murah transport jg. Ato kalo mau ekstrim ngikut trik Laguna Seca dulu, cuma ngadain kelas utama. Jadiin aje khusus Argentina Motobiji dan wsbk bareng, moto3, mototu ama wss kaga usah ikut aje. Jadi cuma 2 kelas yaitu wsbk ama motobiji. Toh jumlah race cuma 5, waktunya jg longgar. Lebih irit kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here