TMCBLOG.com – Dibandingkan dengan model 2023, Aprilia RSGP 2024 tentu memiliki banyak sekali perubahan. Platform mesin V4 90° mungkin tidak berubah, namun setup dari internal mesin diperkirakan tetap berubah. Perubahan yang paling banyak ada di segmen aerodinamika dimana hampir dari depan ke belakang hadir perubahan termasuk buritan ala Batmobile. Semua ini jelas merupakan buah riset Aprilia dari akhir musim 2023 sampai musim dingin dengan tujuan memperbaiki performa dari RSGP. Namun begitu, jika pabrikan lain umumnya ingin terus jalan dengan spek 2024 sampai jelang race weekend Lusail Qatar di awal bulan Maret nanti. Tidak begitu yang dijalankan oleh sosok Maverick Vinales.

Secara umum di hari hari terakhir Sepang test kemarin dilaporkan Maverick Vinales banyak beralih ke spesifikasi 2023 di beberapa detil aerodinamika Aprilia RSGP 2024-nya. 8 Februari pada hari terakhir pengujian kemarin misalnya, MotoGP.com menginformasikan bahwa Maverick tiba-tiba kembali ke unit ekor tahun lalu di pagi itu. Entah fix meninggalkan buritan Batmobile atau hanya ingin melakukan komparasi, masih belum diketahui. Selebihnya motornya masih spek 2024, hanya unit ekornya saja yang mengalami perubahan.

Satu hari sebelumnya Maverick memang dikabarkan mengeluhkan kurangnya sensasi pada motornya dan Miguel Oliveira lebih spesifik merujuk pada kurangnya grip di bagian belakang saat memasuki tikungan. Ada kemungkinan bahwa perubahan ini berkaitan dengan reposisi bobot dari bagian belakang motor yang sedikit lebih menjauh ke depan. Kita tahu bahwa semua pembalap Aprilia menyatakan bahwa keseimbangan bobot motor 2024 jauh berbeda karena aerodinamis yang mereka miliki pada mesin tahun ini, jadi mungkin keseimbangan itu sedikit berubah dari yang mereka inginkan.

Hal ini menarik ketika kita melihat unit buritan Aprilia RSGP 2024 yang mirip buritan mobil Cadillac tersebut. Kita mungkin akan berpikir bahwa ujung duck-tail buritan yang dijentik ke atas dan memiliki sedikit detail gourney flap akan menciptakan sedikit downforce dan kemudian bagian bawah yang besar seperti diffuser akan menciptakan sejumlah besar hisapan untuk menarik udara di area roda belakang ke arah belakang. Tapi mungkin keseimbangan motornya sedikit terlalu jauh ke depan untuk dikompensasi oleh aerodinamika bagian belakang ini.

Hal lain yang menarik dari perubahan setup aero yang dilakukan Maverick pada hari terakhir adalah juga beralih kembali ke winglet fork 2023 yang memiliki posisi sedikit di belakang kaki garpu sedangkan sayap garpu 2024 sebenarnya berada sedikit di depan kaki garpu. Dengan beralihnya Maverick ke posisi yang lebih belakang, hal ini akan menyebabkan sedikit perbedaan pada pusat tekanan aero di bagian depan motor, mungkin mengurangi tekanan pada ban depan dan menggeser keseimbangan motor secara keseluruhan sedikit ke belakang.

Jujur kami kepo nunggu solusi final Maverick di Qatar nanti dan kira-kira apa yang ia putuskan untuk menjadi paket homologasi aerodiamika pertamanya untuk awal musim 2024. Patut diketahui paket aero Maverick bisa saja berbeda dari apa yang dihomologasikan untuk pembalap Aprilia lainnya seperti Aleix Espargaro. – @tmcblg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here