TMCBLOG.com – Honda mengajukan Permohonan terbaru terkait sistem yang menunjukkan bagaimana mereka berharap mampu melawan efek angin silang ( Cross Wind) yang berhenbus dari arah samping baik yang stabil maupun yang berhembus kencang, untuk menjaga sepeda motor tetap pada jalur yang dipilih.

Seperti paten Honda sebelumnya, paten terbaru berkisar pada perangkat kemudi berbantuan servo yang berada di antara peredam kemudi aktif dan sistem kemudi otomatis. Aktuatornya sendiri dipasang di belakang steering head, dipasang pada Triple -Clamp melalui lengan dan linkage sederhana [ NO 6 ] .

Secara visual, ini tidak berbeda dengan steering damper, namun alih-alih sekadar mencegah pergerakan cepat palang, alat ini dapat melakukan kemudi sendiri berdasarkan perintah komputer yang terpasang.

Komputer tersebut diberi informasi dari berbagai sumber termasuk sensor akselerasi dan kecepatan, sensor torsi dan sudut kemudi, radar, dan kamera, dengan tujuan untuk mengetahui apa yang Anda ingin sepeda motor lakukan dalam mempertahankan jalurnya

Untuk melakukan hal ini, komputer membagi jalur yang dilalui menjadi beberapa “jalur virtual” sempit yang ditunjukkan dengan garis putus-putus pada gambar paten, dan berupaya menjaga sepeda motor tetap berada di salah satu jalur tersebut.

Sistem ini dimaksudkan untuk digabungkan dengan serangkaian alat bantu pengendara termasuk Cruise Control adaptif, sehingga dapat mengetahui posisi kendaraan lain di dekatnya serta tepi jalan, sehingga intervensi dapat disesuaikan agar lebih agresif atau kurang agresif tergantung pada seberapa mendesaknya kebutuhan untuk mengembalikan motor ke jalurnya.

Bersamaan dengan sistem di atas, Honda juga mengajukan paten lain berupa bagian yang lebih sederhana dari sistem bantuan pengendara ( rider assist ) dalam bentuk umpan balik untuk pengendara. Karena Suara peringatan yang terdengar tidak banyak berguna pada sepeda motor dan lampu dasbor mudah terlewatkan, ide Honda adalah menggetarkan ujung handle bar kiri atau kanan  [ NO 56 atau 46 ] (atau keduanya sekaligus) untuk memberikan umpan balik dalam bentuk fisik.

Getaran tersebut dicapai dengan menggunakan ide yang sama yang sudah familiar dari sistem “vibrasi” yang telah digunakan pada joystik video game . Sebuah beban offset dipasang pada motor listrik, menciptakan getaran yang dapat dikontrol oleh komputer. – @tmcblog

sumber: cycleworld

5 COMMENTS

  1. Fitur getar supra bapak akhirnya jd teknologi patent🤣🤣🤣. . siapa sih yg gk orgasm naik supra bapak🤣🤣 mptor yg penuh vibrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here