TMCBLOG.com – Setelah Gagalya MotoGP Aregentina 2024 dan membuat Kejuaraan Kembali berada dalam angka 21 Seri utuk 2024, timbul kekhawatiran terhdap debut MotoGP Kazakhstan 2024 yang rencanannya akan dilangsungkan di pertengahan 2024 atau tepatnya 14-16 Juni 2024. Kondisi trek Sokol sendiri belum dihomologasikan FIM jelang pembukaan Musim 2024 di Lusail Qatar. Namun Sejauh ini Dorna – dalam hal ini CEOnya Carmelo Ezpeleta terlihat Cukup Optimis dengan Sokol.

Carmelo Ezpeleta kini mencoba menjelaskan optimismenya mengenai hal ini kepada Mundo Deportivo “Dari jarak jauh tidak ada masalah dengan Kazakhstan. Saya sedang berbicara dengan penyelenggara. Treknya sudah selesai, tapi beberapa fasilitas masih belum lengkap.”

Sirkuit Internasional Sokol terletak satu jam di barat laut kota terbesar di negara itu, Almaty. Treknya merupakan hasil revisi dari Desain asli yang dilakukan oleh arsitek Jerman Hermann Tilke, yang juga merancang lintasan di Sepang, Bahrain, Shanghai, Istanbul, Marina Bay di Singapura, serta CoTA Austin, Texas.

Sirkuit Sokol di Kazakhstan memiliki panjang 4,5 kilometer dan memiliki 16 tikungan dengan kombiasi dua straight panjang dan dua straight pendek. Kapasitas penonton dinyatakandiperkirakan lebih dari 70.000. Sebenarnya GP pertama di Kazakhstan seharusnya digelar tahun lalu, Namun trek belum selesai.

Ezpeleta mengisyaratkan apa artinya ini bagi “Mundo Deportivo”: “Organisasi Penyelenggara GP Kazakh akan datang ke GP Qatar dengan banyak orang karena akan ada sinergi terkait Marshalls. Semuanya berjalan cukup baik.”  Seperti masalah setiap Sirkuit baru, Sokol memerlukan sejumlah besar marshall terlatih dan operasional Untuk menyelenggarakan balapan leve tertinggi FIM seperti MotoGP.

Lalu Bagaimana Jika GP Kazakhstan Belum bisa dipaksakan berangsung tahun ini degan satu dan lain hal, apakah Ada penggantinya seperti Hongaria misalnya?  “Trek baru di Danau Balaton tidak menjadi masalah saat ini. Namun jauh dari homologasi untuk MotoGP. Tidak, kita tidak bisa melakukan itu lagi. Jika GP Kazakhstan gagal, kami akan menjalani musim dengan 20 balapan.” Artinya, Jika GP Kazahkstan gagal Maka tidak tergantikan. – @tmcblog

5 COMMENTS

  1. ngapain balapan di antah berantah, negara yang gak kaya-kaya amat, nggak punya budaya motoran yang kuat kaya Asia dan Amerika selatan…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here