TMCBLOG.com – Terakhir kita bisa melihat bahwa secara umum CEO Dorna Sport pernah menyatakan bahwa lisensi MotoGP siap dijual bagi siapapun yang berani dengan tawaran yang diajukan Dorna yang tentunya pembelian ini harus melalui Bridgepoint selaku pemilik equitas yang memiliki share holder terbesar dari Dorna.

Share saham Dorna 100% menurut Carmelo Ezpeleta dimiliki oleh beberapa orang/institusi dengan bagian sebagai berikut . .

  • 21% Karyawan
  • 40% Milik Bridgepoint
  • 39% Milik publik Kanada (Canada Pension Plan Investment Board – CPPIB)

Dan informasi dari expansion.com dana modal ventura Inggris Bridgepoint menuntut lebih dari 4 milyar Euro untuk menjual Dorna. Dan updatenya saat ini Liberty Media Corporation, pemilik bisnis Formula 1, sedang dalam pembicaraan dengan Bridgepoint mengenai akuisisi Dorna, perusahaan yang mengeksploitasi hak komersial dan audiovisual MotoGP ini.

Belum ada update kelanjutannya, namun selain Liberty Media, perusahaan lain juga ikut mengantri tertarik untuk mengakuisisi Dorna. Tiga di antaranya adalah Amazon, Netflix, Disney, CVC dan KKR.

Ketertarikan Liberty Media bisa menjadi dorongan yang baik untuk Kejuaraan Dunia MotoGP, mengingat status perusahaan tersebut sebagai kerajaan olahraga paling berharga di dunia. Sejak membeli hak Formula 1 pada tahun 2017, Liberty Media telah merevolusi pendekatan mereka terhadap TV dan penyiaran online, tontonan dan jangkauan global, sehingga secara dramatis meningkatkan minat terhadap olahraga dan penayangan.

Namun, ketertarikan Netflix, Amazon dan Disney juga menawarkan peluang khusus untuk MotoGP, jika terbukti sukses. Meskipun upaya Amazon untuk meniru serial dokumenter F1 Netflix yang sukses ‘Drive to Survive’ dengan versi MotoGP belum lama ini berakhir dengan kekecewaan dan mendapat banyak kritik, perusahaan e-commerce global tersebut akan melihat bagaimana olahraga tersebut disajikan dapat berubah secara signifikan. Amazon saat ini memiliki hak atas tur tenis ATP dan WTA dan saat ini menawarkan setiap pertandingan secara langsung melalui layanan streaming Prime-nya.

Netflix – yang sebagai sebuah perusahaan saat ini masih tertinggal jauh dari kompetitornya dalam hal siaran langsung olahraga – di sisi lain, dapat mengejar ketinggalan dengan membeli hak siar MotoGP dan menyiarkan MotoGP sebagai spanduk utama mereka di seluruh dunia melalui saluran streaming mereka.

– @tmcblog

35 COMMENTS

    • 4 milyar Euro (permintaan), setara 67 Trilliun rupiah :
      Harga saham Dorna (motoGP)

      112 Trilliun rupiah :
      Harga proyek kereta cepat Jakarta – hampir Bandung

      500 Trilliun rupiah :
      Dana bansos menjelang pemilu 2024

      • Subsidi gas 3kg yg didistribusikan salah sasaran 2023 sebesar 70-80T rupiah berdasarkan perbandingan database penerima dan total jml yg dikeluarkan. Indonesia kalo mau beli motogp ya mudah saja.

      • Duit kereta cepat harusnya dipake beli saham ama pemerintah aja kali ya, 10-20% colong dari bridgepoint mah auto muter semua dunia roda dua di asia tenggara

  1. gw abis convert tuh angka, karena Milyar aka Billion not million
    Setara +- IDR 67 trilyun.
    mandalika ane dapet dari berita skitar IDR 3 (ga sampe 4) triliun tuh, berati bisa bikin 15 sirkuit baru
    wkwk

      • Kalender balap Formula 1 2024, diurutkan per negara mulai dari yang terbanyak menyelenggarakan seri:
        1. Amerika Serikat = 3 seri
        2. Italia = 2 seri
        3. Abu Dhabi = 1
        4. Arab Saudi = 1
        5. Australia = 1
        6. Austria = 1
        7. Azerbaijan = 1
        8. Bahrain = 1
        9. Belanda = 1
        10. Belgia = 1
        11. Brazil = 1
        12. China = 1
        13. Hungaria = 1
        14. Inggris Raya = 1
        15. Jepang = 1
        16. Kanada = 1
        17. Meksiko = 1
        18. Monako = 1
        19. Qatar = 1
        20. Spanyol = 1
        21. Singapura = 1

        Ya bener dong, Amerika Serikat paling banyak menyelenggarakan seri setelah LM ambil alih jadi promotor F1.
        Kalo klasifikasinya benua emang seri di benua Amerika lebih dikit (6 seri) dibanding seri di benua Eropa (9 seri).

        Kalo ngebandingin data jangan beda kategorinya.

      • Ada benernya, tapi cara bisnisnya orang Amerika biasanya akan ekspansi dan mau kalo bisnis mereka gede di kandang sendiri.
        Contohnya udah keliatan di F1, karena publik AS itu menganggap kalo 50 negara bagian di Amerika Serikat itu adalah dunia global alias internasional.
        Maka dari itu mereka anggap balap AS kayak NASCAR, INDY CAR, MotoAmerica dan semacamnya adalah balap kelas global.

        Sejak LM ambil alih F1, mereka mau F1 lebih dikenal di AS, setelah gagal di tangan Bernie Ecclestone.. lalu mulailah dibuat menarik minat publik AS dengan gelar lebih banyak balap di sana (Austin, Miami, Las Vegas) , bikin seri dokumenter DTS dan segala macam cara promosi yang bisa narik minat orang2 AS biar mau nonton F1.

        • dan komennya orang2 luar gua liat2 mereka malah ga mau kalo motogp diakuisi sama LM, bener kemungkinan arahnya nanti bakal as sentris

  2. Siapapun promotornya semoga desain motogp bisa dibikin clean dan rapi kaya mobil F1 sekarang ya walopun tiap tim bentuk mobilnya jd mirip semua, tp aerodinamikanya rapi dan enak diliat,

  3. apakah akan dibuat regulasi baru jika di akuisisi Liberty, dan apakah regulasi baru akan mengundang banyak pabrikan lain akan ikut motogp

  4. Kalo jadi diakuisisi LM, saya berharap Masi direkrut…lumayan biar ada drama seperti di F1…dan semoga fairing MotoGP kembali “clean” seperti motor pada umumnya…

  5. Faktanya penonton F1 naik drastis setelah dipegang LM.
    Harus di akui mereka memang jago dalam urusan marketing, awareness dan publisitas.

    Pernah suatu hari pas saya ambil raport anak saya disekolah (SMU), Iseng-iseng makan dikantin. Itu murid-murid dikantin rame ngomongin balapan F1. Biasa lah jagoannya yang kalah di ledekkin yang menang. Setengah jam lebih saya disitu, nggak ada sekalipun bahas motogp. Keren sih penetrasinya..

  6. Alih2 dibuat clean tanpa aerodinamika, eh motogp malah dibikin serupa dengan f1… Atau malah nambah 1 pabrikan asal amrik yaitu harley davidson dengan mesin v twin nya wkwkkwkwwk

  7. gua sih gak masalah ya siapapun pemilik MotoGP nantinya asalkan mampu membuat MotoGP kembali menarik lagi, tidak ada dominasi satu brand motor, dan tentu saja safety tidak boleh ada kompromi terkait safety!

  8. Kemungkinan besar dibeli liberty. Liat aja kemarin udah maksa masukin tim dg bau bau tim amrik biar ntar pas promosi di amrik bisa ngegaet fans disana

    • hush… kalo kasih saran itu jangan yang benar. Kasih saran itu yg bisa bikin cuan cepat ke jajaran top manager dan …x.x.x.x.x.x.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here