TMCBLOG.com – Pada dasarnya semua kelas dari balapan produksi massal tingkat Asia ARRC di musim 2024 ini menjanjikan beberapa perubahan dan kejutan. Kelas ASB1000 dan kelas SS600 menghadirkan motor motor baru dan juga pembalap baru, sementara kelas AP250 hadir dengan regulasi teknis baru yang berkenaan dengan dihomologasikannya motor baru yakni KLawasaki Ninja ZX25R dan Yamaha R3. Pada 13 Maret 2024 kemarin masing-masing kelas telah menyelesaikan masing-masing tiga sesi test pra-musim di sirkuit Chang, Buriram – Thailand dan berikut ini adalah hasilnya.

Pada kelas Underbone 150 cc pembalap Indonesia – Fahmi Basam – menorehan laptime tercepat dengan catatan 2:00,483 yang ia torehkan di sesi ke tiga dari test. Dan secara umum banyak pembalap Indonesia yang hadir di Top-10 test kelas bebek sport ini, mudah mudahan performa ini juga akan terulang pada race weekend akhir pekan ini.

Di kelas SS5600, juara AP250, Apiwath Wongthananon dari Yamaha Thailand hadir sebagai yang tercepat disusul pembalap Malaysia – Azroy Hakeem Anuar – dengan perbedaan hanya 0,123 detik. Pembalap Indonesia tercepat di kelas ini adalah Juara ATC 2023 yang masih berusia 15 tahun – Veda Ega Pratama – di posisi 5 dan disusul oleh Wahyu Nugroho dan Rheza Danica di posisi 6 dan 7.

Di kelas para Raja yaitu Superbike Asia (ASB1000), sesi test pra-musim kali ini hadir kembali pembalap Thailand – Passawit Thitivararak – dengan catatan waktu 1:35,223. Diikuti oleh Yuki Kunii dan Azlan Syah. Pembalap Indonesia – Andi Farid Izdihar – yang membalap dengan Honda Asia Dream menggunakan CBR1000RR-R Fireblade SP berada di posisi 7 dengan jarak 0,6 detik dari Passawit.

Sesi pengujian kelas AP250 disatukan dengan kelas OMR TVS yang menggunakan Apache 310 dan kembali tahun ini pun sepertinya performa spek motor OMR TVS masih akan lebih cepat dari spek kelas AP250. Faktanya Herjun Atna Firdaus yang jadi tercepat di atas CBR250RR masih kalah 1,7 detik dari tester nomor 6 TVS – Cao Vietnam – dan pembalap YRI Faerozzi yang menggunakan Yamaha R3 terpaut dekat dengan Herjun yang menandakan bahwa sepertinya musim ini akan ketat di kelas AP250 yang akan dimulai hari Jumat pekan ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here