TMCBLOG.com – Sudah hal biasa di zaman MotoGP modern seperti ini embalap memindahkan atau bahkan menambahkan satu lagi tuas pengoperasian rem belakang baik itu berupa tuas model thumb brake maupun tuas scooter brake di handlebar kiri pembalap. Jika menggunakan tuas scooter brake, maka kita bisa lihat ada dua tuas tekan yang ada di depan grip handlebar kiri seperti yang sobat bisa lihat di foto jepretan Peter Bom di atas yang fokus pada handlebar kiri Aprilia RSGP unit cadangan Maverick Vinales di GP Portimao kemarin . . . Namun di motor utama RSGP, penampakannnya agak beda sob . . Cekidot nih.

Sobat bisa lihat di foto atas dimana sepertinya Maverick Vinales mereka menghemat bobot & ruang dengan menghilangkan satu bilah tuas yang beroperasi secara hidrolis dengan cara menggabungkan tuas kopling dan rem belakang menjadi hanya satu tuas. Agak laen memang, tapi apa memangnya bisa?

Secara umum rem belakang dan kopling MotoGP sama sama menggunakan sistem hidrolik. Sehingga sepertinya Aprilia mengembangkan satu modul hirolik ( seperti ditunjukan oleh tanda panah merah) yang bisa mengendalikan kapan ini tuas bisa berfungsi sebagai tuas kopling (yang dipakai hanya sekali ketika start doang) dan kapan tuas ini berfungsi sebagai rear scooter brake.

Menurut pengamatan Peter, hanya Vinales saja yang coba sistem ini, sementara Aleix Espargaro masih menggunakan dua tuas terpisah. Apakah sistem ini jadi penyebab rusaknya gear 5 dan 6 saat balapan Portimao? Kayaknya nggak sih ya . . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

11 COMMENTS

  1. Tuas kopling dipakai saat start doang
    Vinales dijadikan laboratorium berjalan kalo sukses yaa dikasih ke Raul, Miguel Oliveira, Aleix espargaro.

  2. Part mekanis jadi makin banyak,hasil risetnya gak bakal bisa diaplikasikan di motor masspro
    Itu kabel semrawut amat udah kayak kabel listrik disini

  3. 1 tuas sekaligus apa 1 tuas tapi ada switch ya misal mau rem cetekin dulu kebawah, kalo mo kopling cetek keatas.
    atau bisa jadi kaya persneling kalo rem dia angkat dikit baru pencet, kalo kopling dia turun dulu baru pencet.

    menarik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here