TMCBLOG.com – CoTA (Circuit of The Americas) berkapasitas 120.000 penonton dan dibangun pada awal tahun 2010-an di wilayah kota Elroy (Travis County), dekat Austin, ibu kota Texas. Panjangnya 5,513 km, dengan 20 tikungan (9 kanan dan 11 kiri), dan perubahan ketinggian yang cukup signifikan hingga hampir 40 m, termasuk lintasan Straight menanjak yang mengesankan hingga belokan pertama!

Hal menarik lainnya adalah jalur lurus yang panjangnya lebih dari 1.200 m, di mana kecepatan motor MotoGP melebihi 350 km/jam, dan juga menara berbentuk Cobra setinggi 49 m di dalam tikungan 17. Kejuaraan Dunia MotoGP telah mengunjungi CoTA setiap tahunnya sejak tahun 2013, dan Tahun ini MotoGP datang sekali lagi yang merupakan putaran ketiga musim 2024 setelah dua balapan yang sangat kompetitif di sirkuit Lusail (Qatar) dan Portimão (Portugal).

Sirkuit di Amerika Serikat bagian selatan ini juga memiliki beberapa ciri yang berdampak langsung pada ban, mulai dari kurangnya daya cengkeram di aspal. Ada juga sifat trek yang bergelombang yang perlu dipertimbangkan, karena trek tersebut dibangun di atas tanah yang dapat mengalami deformasi seiring waktu.

“Kami mengenal sirkuit COTA dengan sangat baik, namun kami menghadirkan kompon karet baru tahun ini, sehingga menimbulkan beberapa hal yang belum diketahui,” tegas Piero Taramasso, manajer kompetisi Roda Dua Michelin. “Di sisi lain, kita tahu bahwa cengkeramannya akan rendah, dan permukaannya akan tidak rata di beberapa tempat.

” Berdasarkan data kami dan mempertimbangkan konfigurasi sirkuit, kami memilih ban simetris untuk bagian depan, dalam tiga kompon (Soft, Medium, Hard) dan dua pilihan asimetris untuk bagian belakang, dalam Soft dan Medium. Dinding kanan ban belakang akan lebih keras, namun hal ini bukan disebabkan rasio jumlah Tikungan, melainkan [karena  hadirnya] urutan triple right-hander (belokan 16, 17 dan 18) yang menghasilkan tekanan sangat tinggi pada ban. .

” Kami bermaksud untuk memberikan paket teknis yang sempurna kepada mitra kami, yang memecahkan banyak rekor di trek ini tahun lalu dan tentu saja berniat untuk mencoba melakukan yang lebih baik tahun ini, sebagian berkat ban kami.”

Di Austin, cuaca umumnya kering dan suhu rata-rata mencapai 25°C pada siang hari. Namun, Michelin juga akan menghadirkan rangkaian MICHELIN Power Rain, jika terjadi hujan yang terdiri dari ban Soft dan Medium simetris untuk bagian depan, serta pilihan Soft dan Medium asimetris untuk bagian belakang, dengan sisi kanan yang lebih keras.

Pada hari Jumat, sesi latihan bebas pertama MotoGP akan berlangsung selama sesi 45 menit di pagi hari. Kemudian, pada sesi kedua yang berdurasi satu jam di sore hari ini, 10 pebalap tercepat akan langsung mengakses kualifikasi tahap kedua keesokan harinya.

Sabtu akan dimulai dengan latihan bebas selama 30 menit, kemudian sesi kualifikasi pertama (15 menit) akan memungkinkan dua pebalap tercepat untuk bergabung dengan 10 pebalap yang sudah lolos di Q2. Sesi terakhir ini (juga 15 menit) akan menentukan urutan grid start sepanjang akhir pekan. Permulaan lomba Sprint 10 Lap akan dilakukan pada pukul 3 sore. pada hari Sabtu, dan dimulainya Grand Prix 20 Lap dijadwalkan pada hari Ahad, pukul 14.00 waktu lokal.

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here