TMCBLOG.com – Ini bukan CRF150L, ini adalah CRF150RB. CRF150RB adalah motorcrosser terkecil Honda yang memiliki spesifikasi mesin kompetisi yang serius dan juga sebagai pintu gerbang sempurna bagi rider sebelum menunggangi CRF250R dan CRF450R yang adalah mesin pemenang kejuaraan. Ia dilengkapi mesin Unicam 4-langkah unik di dunia mini MX yang menghasilkan tenaga dan torsi yang halus dan besar di seluruh rentang putaran.

 

Komponen suspensi Showa terdiri dari garpu upside-down dengan diameter as 37mm dan lengan ayun belakang Pro-Link dengan monoshock Showa yang dipadukan dengan rangka baja berbobot ringan. Untuk model 2025 ini, menerima pembaruan grafis seperti halnya keluarga CRF terbaru, agar sejalan dengan para saudara kandung CRF250R dan CRF450R yang lebih besar.

Dibekali cakram tunggal yang ringan, bagian depan 220 mm dan belakang 190 mm, dilengkapi dengan kampas rem berperforma tinggi yang menawarkan pengereman bertenaga dan presisi saat menikung. Sistem rem belakang tipe kerja HRC mengintegrasikan master silinder belakang dan reservoir cairan, menghilangkan reservoir dan selang master silinder belakang yang terpisah.

Seperti setiap anggota keluarga CRF off-road Honda, CRF150RB memakai warisannya dengan bangga. Tangki bahan bakar berbahan material baja berkapasitas 4,2 liter, dengan pompa bahan bakar dan filter bahan bakar yang terintegrasi, dilindungi oleh pelindung desain rangka jika terjatuh.

Mesin empat langkah SOHC 149,7cc CRF150R menghasilkan tenaga linier yang halus dan mudah digunakan. Bore dan stroke berukuran 66,0mm x 43,7mm dengan rasio kompresi 11,7:1. Walau sudah menggunakan pompa BBM, CFR150RB masih menggunakan karburator jenis flat-slide Keihin 32mm menghasilkan daya yang dapat digunakan secara linier dan bebas keraguan di semua rentang putaran dan bukaan throttle.

Sistem pelumasan bak ganda mengurangi jumlah oli yang bersirkulasi dan menggunakan pompa oli yang lebih kecil yang memisahkan pasokan oli untuk poros engkol, piston, dan rangkaian katup dari kopling dan transmisi. Hal ini memastikan pasokan oli dingin secara teratur ke kopling dan menghilangkan potensi kontaminasi material kopling dan transmisi.

Box udara berkapasitas besar terhubung melalui saluran masuk berdiameter 26mm dan dilengkapi filter udara busa dua tahap yang dapat dicuci dan digunakan kembali untuk kinerja optimal. Exhaust post 22,5 mm terhubung ke header material stainless steel ringan dan knalpot aluminium yang dapat dikemas ulang.

CRF150RB dilengkapi transmisi lima kecepatan dengan perpindahan gigi yang halus dan gearbox close ratio yang sangat cocok dengan pita tenaga mesin yang luas untuk menghasilkan tenaga yang kuat dan kinerja menarik di trek apa pun. Bodywork yang terinspirasi CRF450R dipadukan dengan tinggi jok rendah 866mm, dilengkapi dengan palang motorcross yang tinggi dan lebar.

12 COMMENTS

  1. Wanjai 150cc super overbore. Stroke 43,7 mm mah pendek bener. Batas piston speed 21 m/s bisa sampai 14.400 rpm. Sayangnya cuma 5 speed.

  2. Semangat baca judul..
    Lihat fotonya sungguh cakep kelihatan kokoh dan padet… Baca isinya ternyata bukan buatan hahaem..

  3. Crf 150r yg dari dulu sampe hari ini tidak pernah ganti bentuk body,
    kayake mesin juga tidak pernah ada update, cuma ganti2 warna doang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here