Saturday, 28 September 2024

Pasca Mugello Test Potensi Lenovo Ducati 2025 Kembali ke Pecco Bagnaia – Marc Marquez

TMCBLOG.com – Kita harus bijak menanggapi silly season, jangan angap semua seperti sebuah info yang official sebelum press release disebar. Termasuk pemberitaan Gazzeta (media asal Italia) yang sudah mengonfirmasi Jorge Martin ke Lenovo Ducati pada akhir pekan lalu. Namun bisa dibilang setelah Aprilia resmi merilis info bahwa Martin telah mereka amankan untuk membalap dengan RSGP 2025, semua angin pemberitaan akan mengarah ke mana duo tandem Lenovo Ducati akan Pecco Bagnaia – Marc Marquez . . Edan kan? Ya beginilah silly season, karena nggak ada yang bisa dipegang, plot twist dan perubahannya terkadang bisa sangat ekstrim. Tapi ya nikmati saja lah . .

Motorsport Spanyol sebelum ini sempat mengabarkan bahwa memang benar di antara balapan Barcelona dan Mugello, Ducati sempat memberi tahu Jorge Martín bahwa ia terpilih menjadi rekan Pecco Bagnaia di tim resmi Ducati pada tahun 2025. Menjelang Grand Prix Italia, seorang eksekutif senior dari pabrikan (Ducati) menyambut pembalap tersebut dan mereka berjabat tangan, berterima kasih kepada Jorge atas kesabaran dan ketekunannya selama beberapa tahun terakhir.

Saat itu di Borgo Panigale mereka yakin, dengan manuver ini, awalnya mereka bisa meyakinkan Marc Márquez untuk membalap di Pramac, dengan material motor dan dukungan yang sama dengan pembalap pabrikan mereka di Lenovo Ducati. Namun segalanya berubah secara radikal pada hari Kamis ketika La Gazzetta dello Sport menyebarkan berita tersebut dan Marc Márquez menutup pintu bagi Pramac Ducati: “Pramac bukanlah pilihan bagi saya,” begitu kata Marc Marquez dengan tegas.

Reaksi ini ditanggapi dengan radikal pula oleh Pramac Racing baik Paolo Campinoti dan Gino Borsoi sampai bersiap untuk ‘berencana’ tidak memberikan Marc kesempatan lagi dengan apapun alasannya untuk membalap dengan material terbaru Ducati di 2025 bersama mereka.

STRATEGI BUBAR GEGARA BOCORAN

Keadaan ini dilaporkan Motorsport sebagai kondisi yang tidak diharapkan oleh para bos Ducati dan agak sedikit merusak strategi yang dijalankan secara under-ground oleh Ducati yang tetap menjalin kontak dengan para pembalap selama akhir pekan untuk mencari alternatif.

http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2024/06/04/resmi-jorge-martin-ke-aprilia-racing-motogp-2025/

Marc memberi tahu Ducati dua dari tiga opsinya bahwa dia akan pergi ke tim pabrikan Ducati atau pergi ke pabrikan lain. Di Ducati, Motorsport menggambarkan bahwa mereka panik ketika melihat bahwa mereka berpotensi kehilangan pembalap yang paling punya banyak pengaruh di paddock, dan seakan tunduk pada tuntutan ini. Jadi spekulasi kembali berbalik dimana pada tahun 2025 Marc diperkirakan akan menjadi tandem Bagnaia. Terlebih lagi setelah Aprilia merilis kabar resmi bahwa Jorge Martin telah mereka amankan dengan kontrak multi tahun di sana.

SINYALEMEN LATAR BELAKANG KEPUTUSAN MARTIN

Sedikit sinyalemen latar belakang dari keputusan Martin sempat juga dibeberkan Motorsport dimana setelah reaksi keras Marc Marquez pada hari Kamis, diinfokan bahwa Jorge Martín mencoba mempertahankan kontak dengan pihak yang bertanggung jawab atas Ducati dengan menelepon mereka pekan ini. Menurut Motorsport, Martin sepertinya sadar dan memahami bahwa Ducati tidak bisa memberinya kontrak apa pun untuk bergabung dengan tim pabrikan.

Martin mencoba mengendalikan situasi, dia dikabarkan sudah bosan dengan kebimbangan para eksekutif Bologna dan mempersiapkan alternatif lain dengan cara  kembali melakukan pembicaraan dengan KTM, Aprilia, Honda dan Pramac bahkan jika tim ini di 2025 berpisah dari Ducati dan menjadi mitra Yamaha. Sampai pada ujungnya akhirnya ia menerima keputusan untuk merapat bersama Aprilia mulai tahun depan.

Enea Bastianini juga sepertinya tidak akan mendapat tempat di Ducati, pembalap Italia yang menempati posisi kedua pada hari Minggu di Grand Prix Italia, juga telah mengambil keputusan untuk tidak menunggu lebih lama lagi dan berharap dapat menutup negosiasi yang telah dia buka dengan KTM di tim satelit, Aprilia yang masih belum bisa pegang komitmen 2025 dengan Maverick Vinales dan juga Yamaha akan berpotensi memperoleh Pramac Racing. – @tmcblog

101 COMMENTS

    • baru ngeh saya, reaksi pramac kemarin seperti baper lebay tim/motornya gak di inginkan ternyata salah. lebih dari itu ya.
      apa yg sedang dibangun oleh pramac termasuk kontrak, sponsorship yg nilainya gak main2 runtuh dengan komen si marc
      dan komen marc pun sepertinya juga tidak hanya obyektif masalah tidak mau satelit ke satelit/adaptasi tapi juga bermuatan politis. sadar karena dijadikan tunggangan deal kontrak daripada satelit rasa pabrikan ya sekalian pabrikan full

    • ‘Bosan dengan kebimbangan eksekutif Bologna’

      bimbang nyari rider yg mau dikontrak
      UMRItaly+BPJSKes+BPJSTk+tunjangan Jabatan dan kenaikan gaji 5% pertahun
      tapi kudu perform 5 besar tiap Race Weekend
      awokawokawokawok

    • marq marques jelasnya seorang 8x juara dunia. dan itu pasti wow buat ducati punya 2 orang jurdun di grid nya : Pecco X Marques.. dan marques bisa sangat2 menarik sponsor untuk ducati. dan jelasnya marques menjanjikan untuk bisnis.
      udah ketebak, marques pasti gabung lenovo ducati

      • akan lebih heboh, kalo tetiba petinggi ducati menolak MM93 dengan tegas:”You’re Not Italian.. bla..bla..bla..” itu jug bakal rame… hahahahaa….

      • Nilai jual mm93 msh tinggi terbukti gresini
        lebih byk dpt exposure dibanding pabrikan dan mm93 sadar kalo dia tetep disatelit akan susah kejar jurdun makanya dia nolak tawaran kontrak 2 tahun di pramac, makanya skg dia mainkan kartu As nya 😁 gimana ga hebat? Joker megang kartu As 🤣 ga megang aja ga ada yg ngalahin (di permaikan kartu)

  1. orang yg sakit hati dan kecewa bisa bahaya, tp ya berpulang lagi dgn motornya sanggup gak lawan desmo 25 thn depan..

  2. Padahal Marc belum jg setahun merapat ke Ducati udah bikin panic attack petingginya,
    bisa2 tahun depan ada kemungkinan clash dgn Ace rider-nya sekaligus lulusan terbaik padepokan ini

  3. Terbukti kalo Marc masih king MotoGP, baru setengah tahun masuk ke lingkungan Ducati udah ngacak2 kursi di sana, kedepannya gw ga bakal heran lagi kalo Repsol atau Redbull nempel ke livery Duacti factory

  4. Tajam gak tajam tumpul gak tumpul tapi bisa nusuk banyak orang,korban 2 orang langsung dilarikan ke pabrikan lain 😂😂🤣

  5. Mungkin karena audi sebagai pemilik ducati lebih menginginkan marc jadi ducati juga mendapat tekanan dari atasan, kalo ducati pilih martin maka marc yg akan pergi ke pabrikan lain sehingga mau ga mau ya harus pilih marc, apalagi marc konsisten podium dengan gp23.

  6. Kalau Martin juara dunia tahun ini, ini Ducati kayak ditampar kiri kanan atas bawah sih.
    Kecuali, setelah break, Martin stop disupport update sama Bologna, bakalan jadi rezzeki buat Pecco.
    Tapi, kepergian Martin ini bisa jadi salah satu management disaster juga sih. Secara, Martin kayak udah disekolahin, jadi runner up tahun lalu, dan memimpin klasemen sampe hari ini. Kalau jadi Martin, I know how it feels. Sweet revenge tahun depan bakalan indah (which is kayaknya bakalan sulit)

  7. Ducati plin plan sih.. Kabur deh Martin ke Aprilia.. Menyusul Enea akan kabur juga (mungkin ke KTM).. Ya sisi positifnya tahun 2025 gak akan terlalu Ducati Cup lagi :mrgreen:

    • bukan plin plan, tapi mau tetep jaga martin sma marc di ducati. tapi berita keburu bocor, marc ultimatum ke ducati minta motor baru sama ga mau ke pramac. pramac keras tetep minta 2 motor spek baru sesua kontrak. dan akhirnya semua kalah sama marc

    • Tahun dpn klo Marc + GP25 ya tetap aja berpotensi Ducati cup. Marc n Pecco pasti sering di depan wkwkwk sisanya entah siapa yg dpt GP25 berdoa aja biar ga sering juara 3 ni org selain mereka berdua. Soalnya tim lain blm terlalu bs mengimbangi. Liat aja KTM n Aprilia ngos2an ngejar GP24.

  8. Udah jadi runner up di tim satelit, tapi gagal masuk tim factory
    Kasihan Martin 😢
    Miller & Petruci cuma modal menang beberapa kali bisa berseragam merah

    • banyak faktor sih pabrikan merah itu. Jgn lupa ama pengakuan Petrux (kalo gak salah) kalo pembalap seperti mereka lebih affordable harganya. Mungkin saat itu masih hangat soal gaji paduka yg angkanya bikin nguras kantong si merah.

    • era miller sama petruc masih teratur polanya, bisa dipastiin yg ke Tim merah dari pramac. kacau di era enea. loncat lewat gresini. karna duxati pengennya all italian dream team. tumbalnya si martin.

  9. Biasanya rider bekas Duc ke Inul bakalan flop. Lihat Miller sekarang jadi medioker. Mungkin perbedaan sasis masih menjadi kesulitan. Ktm butuh rider yg fresh seperti Binder dan Acosta kecuali Fernandes yg flop juga 😂😂
    Kalo menurut ane juga hrc perlu pebalap yang fresh juga buat ngendaliin rcv

  10. Fillingq dimasa depan manajemen balap rv64,bakalan mulai terkikis brandingnya,karena setiap masa ada orangnya,dan saat ini dimotogp, branding 93 sangat kuat,peco pelan pelan bisa dilepas jg SM duc2

  11. Talenta, fans, marketing paket kumplit ada di marc, yah sapa yg ga kepincut, btw brp gajinya marc nanti ya, sebesar di hon hon atau cuma setengahnya wkwkwk

  12. Kelakuan pabrikan merah, sedikit pilihan ama banyak pilihan ada aja man-management disaster nya.

    Martinator aja di PHP jilid kesekian 🤣

    tapi ya susah juga sih posisinya. Marc terlalu ngaduk-aduk padahal dia orang Gresini doang.

      • ga bisa. satelit yg pake gp25 cuma pramac. kalo ducati kasih gressini 1 gp25 nanti pramac ngambek pindah ke yamaha. kalo pramac dapet 2 gp25 berarti marc harus ke lenovo krn marc udah bilang harus pake motor paling baru

    • Bumerang jg buat team merah….mereka ga akan mau team satelit lebih ter exposure dibanding team pabrikan, apalagi tanggung jawab ke sponsor

  13. Misalkan mamakes ke ducita… Mungkin bakalan tambah rame pertarungan fans mamakes vs fans akademi

  14. pengamat katanya May 30, 2024 at 14:12
    nilai pemasaran , kemaren sponsor nya udh kasih clue marquez lebih menjual. ducati jg bakal sungkem sama sponsor nya. apa keputusan di bikin lambat ini untuk convert marquez jadi monster atau untuk bikin ducati jadi redbull? cmiiw

    tgl kita lihat yang kalah monster apa redbull.

  15. Cita-cita terkabul … semoga MM93 makin semangat balapannya, syukur bisa jadi Jurdun dulu di Gresini tahun ini. Hal ini akan membuat Ducati lebih senang bahwa pilihan mereka tidak salah.

    Tentu saja Ducati mesti memikirkan sponsor-sponsor pribadi MM93 yg banyak dgn kompensasi yang wajar, misalkan Redbull vs Monster Energy, Samsung vs Lenovo, Allianz vs Unipolsai, Oakley vs Carrera, dan Estrella Galicia vs Contadi Castaldi.

    Sponsor MM93 sangat mentereng, belum lagi mungkin Repsol ke Ducati.

      • Saya gak tahu spesifik MM93 BA Samsung apa, tapi kalo soal Laptop dan PC, Lenovo lebih mentereng. Masalahnya saya cuma lihat MM93 foto dgn background Samsung Galaxy. Nah kalo soal ini, Lenovo gak usah disebut di depan Samsung. Market share di dunia itu Samsung, Apple, kemudian Xiaomi. Saya pikir di sini juga banyak user Samsung meski desainnya membosankan.

        • Fokus lenovo di ducati itu di segment laptop dan software. Untuk segment laptop lenovo sedang mendominasi. Bahkan lenovo punya peran untuk olah data balapan. Jadi lebih masuk akal samsung kurang tepat disebut sebagai saingan sponsor disini.

  16. Opini aja sih…melihat di 6 seri awal sepertinya Marquez udah menemukan ritme yang stabil dalam mengendarai gp23…kelihatan sudah bisa memanage margin poin dengan 2 di atas…ini seperti mengulang kejadian di 2016 dan 2017 saat pertengahan musim marq ketinggalan hampir 2 kali balapan….tapi akhirnya bisa ngejar juga…kalo tidak ada hil22 yang agak ganjil di kubu pabrikan ducati dan bermain fair….sepertinya Marq akan jurdun tahun ini…atau paling tidak stabil di 3 besar….kalo masalah skill….pecco sama Martin masih cingcailah 😂😂😂😂😂

  17. semisal paramek lari ke yamamah, bisa juga lenongpo tetep disi pakeko sama besti, PR64 basuki sama aldigerrrr, gresisi tep sama mamaskes pamili.. ntah dekgia yg kemana

  18. Yang perlu di perhatikan malah…kalo benar next Marq ke ducati dengan full support dan full sponsor….apa gak ngeri tuh….bisa222 kejadian 2014 atau 2019 bakalan terulang kembali…

    • Yang lebih mengesankan adalah motoGP musim 2013 dan 2014…

      Saat itu masih ada 3 allien motoGP yang tidak diragukan kehebatan skillnya dan saat ini jadi legenda besar motoGP, dan mereka sedang hot on fire dan disupport paket motor pabrikan terbaik saat itu.

    • bisa iya bisa enggak. Ducati skrg kalo enggak textbook suka jatoh sendiri motornya.

      Marc sepertinya gak terlalu suka modelan textbook begitu.

  19. Lemah juga si Marcq kalo pengennya naik ducati factory. Masak ga mau cari tantangan baru gitu?

    Dulu dia perkasa menutup kelemaham RCV, hanya dia yg bisa dominan naik RCV. Sekarang malah mau naik motor yg di atas kertas aja udah mendominasi.

    Kukira marcq mau naik pabrikan lain untuk membuktikan skill dia masih unbeatable oleh motor juara sekalipun.

    • Dendam ducati juga sih,, dulu berkali2 gagal jurdun gara2 marc,, skrg marc lah yg ngemis2 ke ducati buat bisa juara lagi

      komenan anda terlalu terang faktanya,, nanti fansnya semut ngamuk2 loh

      • FYI Gw seneng sama marcq karena skillnya. Tapi gw ga seneng kalo dia nyari aman kayak gini.

        Wajar sih kalo target dia nambah koleksi jurdun buat nyaingin simbah.
        Tapi kok ya too easy gitu loh. Ngalamat menang sekebon, ngevoor 2-3 grid jg masih bisa menang tuh.

      • Pembalap carinya ya jurdun lahhh… Kalo ngemis2 tuh yg mirip si Mbah pas pingin balik ke yamama..

        • Kalo marcq ke aprilia nih, dia bakal jurdun & more respect karena mengalahkan ducati. Ngga cuma ngalahin pecco doank.

          Sekarang giliran ducati. Apakah masih dengan konsep all italian champion atau berubah.

    • MM93 itu sadar diri…

      Dulu dia bisa juara dunia saat awal jadi rookie motoGP musim 2013 juga karena beruntung di support motor pabrikan.

      Coba siapa yg tidak tahu kehebatan skillnya Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa saat itu.
      Mereka bertiga saat itu dikenal sebagai 3 allien motoGP, yang mendominasi kejuaraan dari tingkat kelas moto-3 atau 125 cc, moto-2 atau 500 cc hingga level motoGP.

      Bisa dibayangkan jika 3 allien motoGP itu sedang hot-hotnya, on fire dan disupport paket motor pabrikan terbaik saat itu….

      • Alasan paling logis sih dikejar umur yg menua, rekor jurdun rossi belum kesalip, menurutku kalo udah bisa lampaui rekor rossi baru dia bakal soft landing ke pabrikan lain, bisa ktm atau balik ke honda 😄

    • Dia “dikejar waktu” bung
      umurnya uda estewe, faktor “U” susah dilawan
      dan mungkin dia tau kondisi lengannya yg penuh bekas cedera dapat terus menurun seiring bertambahnya umur
      ketimbang mempertahankan gengsi mungkin ada baiknya lebih realistis.
      jagoan lama yg dulu balik kucing ke pabrikan-Y karena gagal di-D, semua fine2 aja ga pada protes, padahal saat itu ada opsi pabrikan lain klo dia mau

  20. Padahal martin lagi di atas puncak klasemen saat ini. Pasti sedih dan kecewa banget. Semoga martin bisa jurdun tahun ini, untuk membuktikan kalau perjudian ducati dg memilih marc adalah kesalahan, mirip2 sama jorge lorenzo dulu, terlanjur g diperpanjang kontrak , malah podium.
    Tp memang tdk busa dipungkiri, marc tampil sangat bagus dan konsisten tahun ini

  21. Susah lawan Marquez Rossi aja sampai nendang Marc dilintasan

    Joker dia joker joker

    Keliatan ajang cengar cengir, ramah, lu panggil minta foto juga langsung mau, udah banyak kasus orang benci banget Marc Marquez gara gara media media m, gitu ketemu langsung ehh kaget ramah banget, gak keliatan Juara dunianya

    Joker joker merah

    Diam tapi Marquez punya planning, betapa ngerinya improvisasi Marquez yang akhirnya sampe aturan turun tangan dan melarang, contohnya lompat dari motor saat flag to flag, dll

    Pastinya bukan bodoh dia rela masuk Gresini tim kecil yang kursinya aja beda sama kursi HRC Mon maaf tar tersungging lagi sponsor dari Konoha

    Marquez cuma butuh gp/23 untuk ngukur diri masih bertaji atau tumpul

    Eh ternyata masih bertaji, dan satu satunya gp23 yang konsisten lawan GP24 artinya dia punya nilai tawar lebih selain gelar dia yang masih nempel 8x Juara dunianya

    Martin sadar dirinya akan kalah secara exposure, dukungan sponsor, dll

    Ambil langkah cepat dengan Aprilia pilihan tepat
    Plan B dia pastinya Aprilia atas rekomendasi pak RT

    • Titipan dorna, makanya tetep populer. Teori konspirasi lho ya ini.

      Masih bisa salah banget atau, you know lah..

        • Oom kalo udah dibuang ke tempat sampah artinya udah ngga diperlukan lagi. Stok masih banyak, ada yg lebih cling. Atau ditaro disitu biar dipungut sama yg masih butuh.

          Ada pepatah “Sampah seseorang bisa jadi harta karun buat orang lain”.
          Eh ini sih lebih cocok buat kejadiannya si Martin ya.

          Seperti ducati yg saat ini gaperlu marcq buat bisa juara lagi.

      • mungkin jelas saat ini D kaga perlu MM buat juara
        tapi mungkin perlu banget buat ningkatin branding dan marketing lebih jauh lagi
        alias buat nambah cuan, karena dia sangat nurut bos besar dan sponsor untuk urusan “lip service” ini.
        dan bukan ga mungkin buat “ngatasin” perubahan regulasi 2027

        • Yoi.. yamama saja mau pake 46 buat BA nya, pdhal 2-3 thn akhir karier motogepeh cm sunmorian dibelkang.. tapi ya itu personal branding para alien gak ada lawan biarpun sdh tua..

  22. Kalaupun ducati corse beneran nawarin marc ke pramac dengan gp25 di 2025, bukannya tawaran serupa ini udah ditolak marc tahun kemarin dengan gp24 di 2024 ini?

    Kayak kurang masuk akal aja sih wak opsi nawarin marc ke pramac, tahun kemarin aja udah ditolak, di mana marc lebih milih gp23 dengan kontrak 1 tahun daripada gp24 dengan kontrak 2 tahun

    • Dia milih 1 tahun karne targetnya tahun ke 2 wajib factory. Kalo 2 tahun d Pramac kan blm tentu tahun ke 2 bisa ke factory karena terikat kontrak

      • Nah itu dia, di 2025 opsi A buat marc sepertinya ducati factory, opsi B nampaknya tetep gresini tapi dengan gp25, dan opsi C pindah ke tim pabrikan lain

        sayangnya pramac gak mau kasih salah satu ‘jatah’ gp25 mereka ke gresini buat marc tahun depan, akhirnya win-win solution dari pov ducati corse gak bisa terwujud, akhirnya, imho, ducati milih marc buat di lenovo, martin terpaksa dilepas

        singkatnya, pramac sendiri yg sepertinya jadi ‘penyebab’ gagalnya martin ke lenovo. masih belum paham juga apa untungnya buat mereka (pramac), jangan2 situasi ini akan lebih mendorong pramac lebih dekat ke yamaha, who knows

        cmiiw, analisis ala kadarnya

        • pramac butuh duit dari sponsor. kan tadinya dia pd taun depan bisa bawa marc. eh ini malah mau dikurangin 1 motor baru. bisa makin susah cari sponsor

  23. Kemungkinan besar Marc ke factory Duc, soalnya dari awal kepindahan si Audi langsung kasi mobil ke Marc. Atasan Duc juga pada ramah sama Marc, dan sponsor utama Duc factory gak mungkin rela tim satelit sekelas gresini dapet banyak exposure dan menang championship tahun depan pake GP25. Mendingan tarik sekalian Marc ke tim utama kalo pada akhirnya dia yang bakalan menang.

  24. mungkin Audi sponsor ducati.. are you kiddink, duit gw abis byk.. tapi gresini mulu yg ke sorot,, dah tarik ke factory itu Mm duetin ma pecco..

  25. Dengan bergabungnya mm93 ke lenovo, seandainya pramac dan vr46 kecewa dan berbalik arah bersedia jadi satelit Y, maka saya berharap Y lebih memilih pramac.

  26. Enea ke Tech 3 kata manajernya, fix Marc ke Lenovo & dengan begitu berakhir sudah silly season 2024 ini ditutup dengan ” breaking, mbappe kontrak 5th di realadrid “

  27. Jelas PRAMAC paling merana, dengan status tim terbaik MotoGP 2023, ketiadaan rider unggulan di tahun 2025 adalah sebuah bencana, sekalipun dua GP30 berhasil diamankan

  28. penasaran difairing bawah desmo 25 bakal all monster apa satu monster satu banteng, penasaran juga satelit yahama siapa kok gk ada clue babarblas, semua pada berplot twist akhirnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP