Monday, 23 September 2024

GP25 Tidak Hadir di Tes Misano | Ducati Bawa Frame Baru Untuk GP24

TMCBLOG.com – Awalnya diperkirakan pada kesempatan tes Misano 2024 hari Senin 9 September 2024 Ducati akan membawa draft spek awal/pertama dari Ducati Desmosedici GP25 yang mungkin akan diberikan kepada pembalap pembalap GP25 mereka tahun depan (Bagnaia, Marc Marquez, Diggia). Namun Davide Tardozzi, manajer tim Ducati Lenovo menampik kemungkinan tersebut seraya mengatakan ‘GP25 belum hadir di Misano’ dan di box Gresini Racing – Marc Marquez pun masih terlihat hanya dua unit GP23 di sana. Walaupun begitu, bukan berarti Ducati tidak membawa update solusi baru.

Di motor merah Desmosedici GP24 hadir sasis/frame baru. Hal ini bisa dilihat dari detail kecil yakni di bagian ujung dekat pivot swingarm dimana ada perbedaannya dengan seberapa banyak melengkung ke dalam dan terlihat lebih mendekat ke arah sisi samping crank/cylinder-case dari mesin.

Sementara jika dibandingkan dengan frame 2024, terlihat memang pemipihan frame-nya sama, namun frame 2024 menempatkan pipihan tulang frame di daerah bentangan perimeter sedikit lebih jauh dari crank/cylinder-case dari mesin. Mungkin juga ini adalah draft frame yang dipersiapkan sebagai langkah pertama menuju mesin GP25, karena itu yang biasanya dilakukan Ducati walau itu belum atau bahkan tidak akan pernah dikonfirmasi oleh mereka.

Bagnaia mengerjakan setup dengan motor 2024 dan diperkirakan telah memiliki sasis baru. Namun, ia juga mulai ‘mengerjakan’ elektronik untuk GP25. “Itu adalah hari yang positif yang memungkinkan kami untuk fokus pada berbagai aspek,” kata Pecco.

“Kami terutama mengerjakan beberapa elektronik sebagai persiapan untuk tahun depan dan kemudian fokus pada area yang masih perlu kami tingkatkan pada GP24, yang menjadi basis kami untuk hari itu. Kami juga mencoba ban Michelin [2025] yang baru, dan saya sangat menyukainya. Secara keseluruhan, saya puas. Kami jelas membuat langkah maju, jadi saya yakin kami berada di jalur yang benar.”

Jadi pada dasarnya meskipun Ducati mendominasi sampai seri Misano 1, tidak ada istirahat bagi pabrikan Italia setelah melihat Bagnaia bekerja keras sepanjang hari, dengan beberapa suku cadang baru untuk dicoba saat mereka meluncurkan sasis baru. Di sisi lain, Bastianini juga tampil sepanjang hari, tetapi tidak ada bagian baru yang signifikan untuk pembalap yang akan meninggalkan pabrikan Ducati ini pada akhir musim.

Ada juga sedikit perubahan yang terlihat di Pramac, tetapi Morbidelli menyelesaikan lebih dari 40 putaran di sesi sore, dan meraih posisi kedua di akhir sesi. Sementara itu, pemimpin klasemen Jorge Martin (Prima Pramac Racing) mengakhiri hari di P6.

Tidak banyak bagian baru yang terlihat untuk Marco Bezzecchi, tetapi ia juga tampil solid sepanjang hari – menempati posisi kedelapan. Pembalap Italia itu adalah satu-satunya pembalap tim Pertamina Enduro VR46 di lintasan setelah Fabio Di Giannantonio memutuskan untuk fokus pada pemulihan bahu kirinya juga. Di Gresini Racing MotoGP, pekerjaan berlanjut untuk pemenang GP San Marino Marc Marquez, yang menempati posisi ketujuh, dengan Alex Marquez di posisi ke-12. – @tmcblog

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP