Home MotoGP Raul Fernandez Kasih Testimoni MotoGP Zaman Now Tanpa Winglet

Raul Fernandez Kasih Testimoni MotoGP Zaman Now Tanpa Winglet

4

TMCBLOG.com – Ada yang agak laen dari balapan MotoGP Australia 2024 dimana Raul Fernandez dan timnya memilih untuk menggunakan Aprilia RS-GP tanpa winglet. Dan ini memang diperbolehkan oleh regulasi teknis selama dilakukan dengan latar belakang kondisi cuaca yang berpotensi mengganggu pembalap ketika membalap menggunakan winglet seperti di Philip Island 2024, dimana angin bertiup dengan kecepatan 15-25 km/jam.

Raul Fernandez, MotoGP Race, Australian MotoGP, 20 October 2024

Secara resmi Trackhouse Racing menyampaikan bahwa ‘setelah hasil Sprint di posisi ke-6 pada hari Sabtu, Raul Fernandez melakukan beberapa perubahan dalam pengaturan aerodinamika pada Aprilia RS-GP24 miliknya selama sesi warm-up pagi yang singkat dan berusaha tampil kuat dari posisi start ke-6 pada balap Grand Prix’.

Dan secara umum Raul Fernandez sendiri memberikan testimoninya mengenai ketiadaan winglet ini. “Kami mencobanya kemarin dan berjalan sangat baik. Ini satu-satunya trek di Kejuaraan Dunia yang diperbolehkan melepas sayap, karena angin kencang di sana,” Kata Raul membuka penjelasannya.

Raul Fernandez, MotoGP Race, Australian MotoGP, 20 October 2024

“Balapan tanpa winglet itu sangat bagus, kenyataannya saya bisa  tetap bisa ‘terbang’ [melaju cepat]. Yang disayangkan adalah pada awalnya saya tertinggal sangat jauh, namun saya rasa saya memiliki kecepatan untuk finis di posisi keempat,” ujarnya.

Raul Fernandez, MotoGP race, Australian MotoGP 20 October 2024

“Kami berdiskusi dalam tim pada hari Sabtu dan kami memutuskan untuk melakukannya, dan kenyataannya kami berjalan sangat baik dalam mengumpulkan data untuk tahun depan. Saya belum pernah berkendara tanpa spoiler, itu sangat menyenangkan, Aprilia penuh kepercayaan dan saya menawarkan diri saya sebagai kelinci percobaan untuk membuat motor yang bagus, saya bersenang-senang, sudah lama saya tidak merasakan motor seperti itu,” pungkas pembalap asli Madrid itu.

” We had a lot of wheelie from the start and for some reason, I couldn’t go further to the front and I had to close the throttle so there I lost many places but, in the last part of the race, I was catching them. “

Pada pernyataan resmi Raul via press release team, ia mengatakan bahwa Ia mengalami gejala wheelie yang sering tanpa ia ketahui penyebabnya. Bisa jadi karena tanpa kehadiran winglet yang tentu akan membuat downforce di bagian depan motor akan berkurang signifikan dan menyebabkan wheelie. Namun setelah beberapa lama balapan berlangsung, Raul mengaku ia langsung mendapatkan feeling di atas motor tanpa winglet dan race pace-nya bisa menyamai rider lain dengan motor yang ‘normal’. – @tmcblog

 

4 COMMENTS

  1. Patut dicatat bahwa dikarenakan angin yang kencang, karakter sirkuit yang flowing tikungannya, dan jumlah tikungan yang gak banyak. Beda cerita kalo dipake di Austin meski angin kencang sekalipun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version