Sunday, 29 September 2024

Yamaha Tenere 700 World Raid MY2022 . . Plek 100% Desain Paten

TMCBLOG.com – 2022 Yamaha Tenere 700 World Raid pertama kali terlihat sebagai prototipe Tenere Raid 700 di pameran EICMA tahun 2021 lalu. Lalu beberapa bocoran sempat hadir Via paten desain resmi Yamaha untuk Versi produksi massalnya . . dan tidak mengherankan bahwa versi final dari sepeda motor ini persis seperti yang mereka gambarkan di desain paten terakhir.

http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2022/01/19/bocoran-desain-baru-yamaha-tenere-700-2022-pakai-dual-fuel-cap-filler/

Berbagi pakai parts lampu depan dan unit ekor yang sama dengan sepeda motor standar Tenere 700, Tenere 700 World Raid terlihat seperti menggunakan steroid, mendapatkan tangki yang lebih besar yang membuat tampilan jauh lebih gambot.

Desain tangki Tenere 700 World Raid yang besar dikarenakan menggunakan kombinasi twin-tank, dengan bagian terpisah yang tergantung di kedua sisi frame dan mesin dan menggunakan duo filler cap (tutup tangki) berdampingan di bagian atas. Sepasang tangki ini mampu membawa 6 galon (23 liter) bensin atau 7 liter lebih banyak dari standar Ténéré 700, memberikan jangkauan potensial hingga hampir 500 km antara isi ulang.

Menggunakan dua tangki di kiri dan kanan daripada satu tangki besar di tengah juga berarti ada lebih sedikit ruang untuk bahan bakar, menjanjikan untuk memberikan kontrol yang lebih baik atas distribusi bobot motor saat menikung.

Jok baru hadir di Tenere 700 World Raid dengan bentuk yang panjang dan rata dengan seat height 89 cm dari permukaan tanah, hanya sekitar 1,3 cm lebih tinggi dari model standar Tenere 700, dan meskipun terlihat seperti satu bagian, jok ini sebenarnya terbuat dari dua panel, yang berarti bagian belakang dapat dilipat, dilepas, dan diganti dengan bagasi jika mau bepergian sendirian.

Di dashboard Tenere 700 World Raid hadir layar TFT berwarna dengan dimensi lebar 5 inci yang baru, dipasang dalam orientasi potrait (meninggi) yang nggak umum dibandingkan tata letak landscape pada motor biasa, termasuk konektivitas ponsel melalui aplikasi Yamaha untuk menampilkan panggilan dan pesan di layar. Tiga tata letak layar dapat dipilih; Explorer, Street, dan Raid masing-masing menampilkan grafik dan pembacaan instrumen yang berbeda. Ada juga soket USB di sebelah kanan dasbor sebagai sumber catu daya untuk gawai.

Tenere 700 World Raid menghadirkan tiga mode ABS yang dapat dikonfigurasi melalui dasbor, dengan pengaturan standar berorientasi pengunaan di jalan aspal yang digabungkan dengan dua pengaturan off-road. Mode 2 hanya berfungsi di roda depan, memungkinkan bagian belakang dikunci, sedangkan Mode 3 mematikan sistem ABS sama sekali. Motor harus berhenti saat beralih dari satu mode ABS ke pengaturan ABS lainnya.

Sementara dapur pacu Tenere 700 World Raid, tidak berbeda dengan Tenere 700. Masih bermesin CP2 paralel-twin 689cc. Suspensi Tenere 700 World Raid hadir dalam bentuk garpu depan Upside Down KYB 43mm baru dengan travel 22,86 cm, lebih tinggi 2 cm dari Tenere 700, dan dengan penyesuaian preload, kompresi, dan redaman rebound.

Steering damper dari Ohlins juga ditambahkan, dengan 18 kemungkinan pengaturan. Di bagian belakang terdapat shock piggyback aluminium dengan travel 22 cm—juga lebih tinggi 2 cm dari Tenere 700 dengan berbagai penyesuaian untuk preload, kompresi, dan rebound.

Sementara itu masih belum ada informasi apakah nantinya pihak Yamaha Indonesia juga akan berniat memasukan model Rally raid ini ke pasar roda dua tanah Air.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

14 COMMENTS

  1. Berkaca pada kakak nya kyak mt 09 sp atau seri xsr 07/09 seperti bakal sulit tenere 700 masuk indo apalagi versi baru nya ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP