Friday, 27 September 2024

Toprak Ikut Test Pra-Musim WSBK 2024 Dengan BMW Mulai Desember 2023

TMCBLOG.com – Mulai hari ini sampai esok, semua mata di Kejuaraan Dunia FIM Superbike yang telah beralih ke tahun 2024. Dengan peraturan baru yang mulai berlaku tahun depan termasuk regulasi bobot kombinasi, winter test akan menjadi sangat penting untuk mempersiapkan segalanya sebelum balapan dimulai di putaran pertama Australia 2024 nanti. Tapi berita besarnya adalah Toprak Razgatlioglu belum akan ikut test di Jerez bersama BMW Motorrad dengan satu dua hal.

Tes pertama dilakukan mulai hari ini dengan Circuito de Jerez – Angel Nieto menjadi tuan rumah. Pasca balapan terakhir hari Ahad kemarin, beberapa tim memang memilih untuk tinggal di Spanyol untuk menyelesaikan tes dua hari pada tanggal 31 Oktober dan 1 November 2023.

Ini akan menjadi tampilan pertama di tahun 2024 untuk beberapa pembalap ‘lama tapi baru’ seperti  Jonathan Rea di tim Pata Yamaha Prometeon WorldSBK, Andrea Iannone dengan tim GoEleven, Nicolo Bulega bersama Aruba.it Racing Ducati, serta penampilan lainnya seperti Axel Bassani di KRT, Scott Redding di Bonovo BMW, dan Ruben Rinaldi di Motocorsa Racing Ducati.

Beberapa minggu kemudian, Jerez kembali menjadi host untuk tes dua hari pada tanggal 22-23 November, sebelum sesi pengujian selanjutnya di Portimao pada awal bulan Desember. Jika di Jerez Toprak belum akan tampil, maka pembalap Turki ini akan bisa melakukan debut dengan tim ROKiT BMW Motorrad WorldSBK di Autodromo Internacional do Algarve pada tanggal 4 Desember, bergabung dengan Michael van Der Mark, sebelum tim menuju ke Jerez untuk dua hari lagi pengujian berturut-turut pada tanggal 5 dan 6 Desember.

Ada sedikit waktu istirahat bagi semua orang sebelum, sekali lagi, bertualang ke selatan Spanyol dan sirkuit Jerez yang ikonik. Kali ini, tanggal  pengujiannya adalah 24 dan 25 Januari atau hanya sebulan sebelum dimulainya musim sebelum akhirnnya Portimao akan menjadi Host test Pra Musim terakhir Eropa untuk WSBK 2024 yang berlangsung pada tanggal 29-30 Januari.

Sebelum putaran pembuka di Phillip Island Australia (23-25 Februari 2024), akan ada sesi tes resmi yang berlangsung untuk tim WorldSBK dan WorldSSP pada 19-20 Februari 2024.

Berikut adalah jadwal test yang dikonfirmasi:

  • 31 Oktober-1 November – Circuito de Jerez – Angel Nieto
  • 22-23 November – Sirkuit Jerez – Angel Nieto
  • 4 Desember – Autodromo Internacional do Algarve
  • 5-6 Desember – Circuito de Jerez – Angel Nieto
  • 24-25 Januari – Circuito de Jerez – Angel Nieto
  • 29-30 Januari – Autodromo Internacional do Algarve
  • 23-25 Februari – Sirkuit Grand Prix Phillip Island

15 COMMENTS

    • Rea punya kesempatan lebih sih dibanding toprak
      alasan utamanya karena sponsor pribadi rea (monster) ga bentrok sama sponsor tim motogp yamaha (monster)
      beda dengan toprak yg sponsor pribadinya redbull
      dan menurut saya sih ini alasan kenapa toprak susah buat dapat kesempatan wildcard motogp bersama yamaha factory

  1. Rea udah bisa langsung pakai wearpack tulisan Yamaha dan boleh ngeluarin statement yg ada kata Yamaha nya,, agak ga biasa ya,, biasanya kan ga boleh sampai tgl 31 Desember,

    • Kayanya Kawasaki udh sangat hopeless di wsbk selaen pasrah dinerf skrg ampe ngelepas Rea dan biarin dia ngeluarin statemen sesuka hati setelah race 2 Jeres kemaren. Jadi ya, satu kata wajar. Apalagi di Jepang sendiri Kawasaki – Yamaha seolah kaga ad rivalitas. Bahkan dimasa lalu byk kemiripan antara ZX6R ama R6 krn ada semacam sharinf knowledge secara diam2. Jadi ya sebenernya alasan Rea gampang keluar dan ke Yamaha krn Kawasaki ama Yamaha emg best frend secara company.

  2. Rea udah ga sabaran, beberapa musim terlupakan ingin sekali menunjukkan dua masih bisa.
    Btw kru tim ex Toprak wajahnya tegang semua, menyiratkan kesedihan dan rasa masih sayang pada Toprak. Mata mereka seolah berkata “hey, siapa lo?”

  3. aturan rev limit baru dicabut setelah rea pisah dengan kawasaki, dan tanpa aturan rev limit yamaha r1 bakal punya power paling kecil dari yang lain, apes bener dah rea 😂

    • wkwkwkwk Toprac jg. Lari dari Yamaha yg punya handling ajib dan bisa mengkoordinir gaya urakannya krn casis kelas wahid demi motor yg punya rpm tinggi, taunya taon dpn aturan rpm ‘direvisi’ krn ad aturan bobot yg secara teori klo aturan rpm masih sama maka Ducati dan Batistuta auto papan tengah. Mangkanye diakalin rpm ‘direvisi’ biar Ductai kaga drop performance krn bawa ballast, sebaliknya pabrikan laen tetep kena nerf krn dgn aturan rev limit yg beda maka mereka ga dapet untung meskipun motor Batistuta lebih berat wkwkwk. Mana aturan bobot jg nanggung kaga pukul rata kaya di wss ama moto2.

  4. Ini kaoskaki kemana sih ? Pas ducati brojolin v4r kayanya sempet panas mo ngeluarin zx terbaru ngambil dari basic mesin motogp dia dulu. Eh hilang gitu aja sampe sekarang beritanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP