Wednesday, 25 September 2024

Wilco Zeelenberg Juga Pastikan Raul dan Oliveira dapat Aprilia RSGP 2024 tahun depan

TMCBLOG.com – Wilco Zeelenberg, Mantan pebalap Grand Prix dan World Supersport ini menjabat sebagai manajer tim Tim MotoGP CryptoDATA RNF hingga akhir musim 2023. Saat ini Tim tersebut sudah tidak ada lagi dan slotnyanya telah diambil alih oleh Trackhouse Racing Asal AS dimana Team Manager asal Belanda itu juga akan menjadi manajer tim satelit Aprilia pada tahun 2024 saat berganti Entitas dibawah Trackhouse Racing. Kepada Racesport.nl Zeelenberg menceritakan Bagaimana Tim Satelit Aprilia in mengakhiri Musim 2023 dan menjelang Musim 2024

” Saya dapat katakan bahwa ini adalah periode paling sibuk yang pernah saya alami dalam karier saya sebagai manajer tim. Semua orang pasti sadar dengan apa yang sedang terjadi dan tentunya banyak pertanyaan yang tidak bisa saya jawab saat itu, semuanya datang dengan sangat tiba-tiba. Diawali oleh pe-nonaktifan RNF karena ada beberapa masalah internal antara Razlan Razali dan orang-orang CryptoDATA. Dorna kemudian memutuskan untuk memulai dan memulai lagi dengan tim yang berbeda, ketiga pihak ini kemudian berbincang baik dan mencari pemilik baru.

” Dengan kedatangan Chief Commercial Officer (CCO) baru Dan Rossomondo, tentu saja ada keterkaitan dengan pasar Amerika dan dia menjadi penghubung penting dalam melibatkan Trackhouse Racing. Trackhouse sudah beberapa lama berminat namun belum juga memulai, rencana awalnya mereka akan masuk MotoGP pada 2025. Ini semua terjadi sebelum Valencia, yang menjadikan akhir pekan ini cukup sibuk bagi kami semua.

” Mengenai performa tim, tidak ada banyak momen yang bisa membuat kami bahagia di tahun 2023, namun dengan perkembangan dari Raúl Fernández kami akhirnya dapat mengakhiri tahun ini dengan catatan yang positif. Kami berhasil mengeluarkannya dari keterpurukan yang dialaminya pada tahun 2022 dan finis kelima pada balapan MotoGP di Valencia merupakan sebuah pencapaian yang bagus, apalagi ia berhasil mengalahkan Alex Márquez di lap terakhir. Itu adalah titik terang kecil dari semua kesengsaraan yang kami alami sepanjang musim ini, tapi sangat penting.

” Dengan segala musibah yang dialami Miguel Oliveira musim lalu, kita sudah hampir mengakhiri tahun ini. Dengan permasalahan seputar orang-orang CryptoDATA, dan fakta bahwa slot tim juga telah diambil, Anda dapat membayangkan bahwa pada saat itu Anda tidak lagi terlalu peduli dengan hasilnya.

” Kemudian Anda terutama mencari bagaimana memulai tahun depan dan arah mana yang harus Anda tuju. Karena Anda berurusan dengan pihak yang berbeda (Dorna, IRTA, Aprilia, Trackhouse), Anda tidak lagi memiliki kendali atas semuanya sendiri. Yang paling penting adalah membuat semua orang memiliki pemahaman yang sama, jadi itu adalah periode yang sangat sibuk.

Wilco lalu mulai menceritakan mengenai Test Valencia ” Tes hari Selasa di Valencia itu sangat penting karena hari-hari tes kelas MotoGP tidak banyak. Hal yang paling penting bagi kami adalah Raúl mengendarai mesin 2023 itu karena saya menyimpannya di depannya pada beberapa akhir pekan Grand Prix terakhir. Dia mengeluh tentang motornya dan dia dikalahkan oleh orang lain dengan perlengkapan yang lebih baru. Saya mencoba membuatnya tetap tenang. Miguel telah mengendarai Aprilia 2023 selama tes di Misano dan mengatakan bahwa motornya lebih baik di semua lini, jadi saya mencoba untuk membuat Raúl tetap tenang. “

” Untungnya, Raúl menjalani balapan yang sangat bagus pada hari Ahad dan kemudian juga menjalani tes yang sangat bagus pada hari Selasa, untuk pertama kalinya dengan Aprilia RS-GP tahun 2023. Pembalap kami terikat kontrak dengan Aprilia, jadi mereka bisa saja membalap, tapi sebagian personel tim terikat kontrak dengan RNF.

” Hasilnya, kami menggunakan kru Aprilia untuk menyiapkan seluruh tes, untungnya ada banyak orang yang juga dilihat Raúl selama balapan akhir pekan dan karena itu sangat mengenalnya. Staf lainnya sibuk membereskan semuanya dan mulai mempersiapkan tahun depan, dan itu cukup aneh. Raúl berada di antara tiga teratas sepanjang hari dan membalap secara konsisten. Itu tidak berarti kami akan selalu menjadi yang terdepan tahun depan karena Valencia adalah trek yang spesial.  Apalagi di sirkuit panjang, Ducati masih akan sulit dikalahkan.

” Namun hal tersebut tentu menggembirakan, kita lebih berpotensi untuk melaju ke posisi lima besar dan setidaknya konsisten masuk sepuluh besar. Untuk itu, Anda memerlukan materi terkini dan dalam hal ini kami tidak memiliki peluang tahun lalu. Sebagai tahun pertama kami menjadi tim satelit Aprilia, kami memiliki materi tahun 2022, namun kini kami mencoba mengambil langkah untuk tampil di awal dengan materi terbaru. Itu akan menjadi tantangan yang cukup besar, namun kami ambisius, kami tahu bahwa jika kami memiliki peralatan yang bagus, kami dapat mencapainya bersama para pembalap kami.

Wilco Bercerita mengenai kedatangan Trackhouse Racing ” Kedatangan Trackhouse tentunya sudah dipersiapkan beberapa waktu di balik layar dan saya sendiri tidak terlibat. Seperti disebutkan, ide awalnya adalah agar tim ini bergabung pada tahun 2025, tetapi ketika RNF ditarik lebh awal, semuanya dipercepat. Saya hanya berbicara dengan orang-orang dari Trackhouse sebelum balapan akhir pekan di Valencia, jadi itu hanya pemberitahuan singkat. Saat itu belum ada yang pasti dan saya masih sibuk menjalankan tim RNF dan memastikan performa yang dicapai di lintasan.

” Selagi kami sibuk membongkar materi 2023 dan membangun materi 2024 bersama tim, presentasi tim segera disiapkan. Hal itu tentu sangat penting bagi Aprilia dan Dorna untuk membangkitkan minat pasar Amerika. Semua orang mendapat manfaat dari ini, jadi semuanya terjadi dengan sangat cepat. Jika Anda menunggu terlalu lama, Anda akan ketinggalan perahu. Kami tentu masih memikirkan seperti apa struktur tim sebenarnya.

” Orang-orang dari Trackhouse Racing sangat ambisius dan saya berharap mereka dapat melakukan segalanya untuk mewujudkan ambisi tersebut, yang tidak mungkin dicapai tahun lalu. Basis mesin 2023 sudah bagus, mesin 2024 akan siap lebih awal dan tidak ada masalah besar, jadi bisa terus dikembangkan.

” Sebagai tim Aprilia, kami tentu ingin mengerahkan empat mesin yang sama secepat mungkin. Itu dimulai dengan Miguel terlebih dahulu tetapi Raúl akan menyusul tidak lama kemudian. Sebagai pabrikan kecil, tentu perlu upaya untuk menyiapkan setidaknya delapan mesin 2024 (dua per pengendara) dan kemudian beberapa mesin cadangan. Saat ini hal tersebut agak terlalu ambisius, namun itulah tujuannya.

 

5 COMMENTS

  1. Masih ijo banget tim ini. Ngintip websitenya juga cuma ada beranda doang. Nggak bisa klik info siapa aja anggota timnya, apa aja sponsornya, dll.

  2. Motornya harus spesialisas belok kiri,belok kiri lagi,belok kiri lagi,oh dan belok kiri lagi khas balapan kesukaan ASu 🦅

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP