Wednesday, 25 September 2024

Triumph Daytona 660 . . Kubikasi sama, Namun Lebih Powerful dari Trident

TMCBLOG.com – Akhirnnya Triumph memperlihatkan dengan jelas Bentuk produksi massal yang nyata dari Sosok Supersport Triumph Daytona 660. Motor ini akan menduduki level Market yang sejajar dengan Sepeda motor  seperti Yamaha R7, Aprilia RS660, Suzuki GSX-8R dan Kawasaki Ninja 650. Perbedaan besar dengan semua lainnya medium supersports adalah umumnya semua ( kecuali Ninja 650 ) memiliki mesin Twin paralel dengan Crank-Pin 270° . . namun Triumph Daytona 660 ini akan memiliki mesin tiga silinder sejajar.

http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2023/08/29/spyshot-triumph-daytona-660-my2024/

Sebenarnya, Kita sempat pertama kali melihat foto foto spy dari motor ini ketika diuji pada bulan Agustus lalu dan langsung terlihat jelas bahwa motor ini hampir siap produksi dan sebagian besar didasarkan pada Triumph Trident 660—yang berbagi banyak komponen roadster tersebut.

Namun, pengungkapan resmi mengungkapkan bahwa Triumph telah melakukan lebih dari sekedar memasang beberapa bodywork ke Trident, karena Daytona 660 memiliki beberapa perubahan mendasar termasuk versi mesin 660cc Trident yang direvisi secara besar-besaran.

Meskipun tenaga Output dari Mesin 3 silinder dimiliki Trident, yaitu 81 hp, sebenarnya sudah cukup untuk membuat motor ini setara dengan Suzuki GSX-8R baru dan mengalahkan R7 dari Yamaha dalam hal tenaga kuda, Triumph lebih memilih untuk meningkatkan standarnya lebih jauh lagi, dengan men-tweak mesin ini sehingga menghasilkan Oiutput Power maksimum 94 hp di mesin untuk Daytona 660.

Bore, stroke, dan kapasitasnya tidak berubah, tetapi ada detail bentuk kepala silinder baru, Camshaft yang berbeda, poros engkol baru, sistem pembuangan 3-ke-1 baru, dan yang paling signifikan adalah triple throttle body baru. pengaturan sebagai pengganti throttle body tunggal di Trident.

Bersama-sama, perubahan ini membantu mendorong redline ke 12.650 rpm, dengan tenaga puncak 17 persen lebih tinggi dibandingkan Trident dan dipeoroleh di kitiran mesin 11.250 rpm, 1.000 rpm lebih tinggi dibandingkan roadster.

Torsinya juga lebih besar, dengan peningkatan 9 persen menjadi 51 lb.-ft., mencapai puncaknya pada 2.000 rpm lebih tinggi dari sebelumnya pada 8.250 rpm. Peningkatan torsi ini tidak hanya hadir di Ujung Rpm atas, Namun juga lebih dari 80 persen torsi maksimum tersedia dari 3.125 hingga 11.750 rpm, jadi semenjak torsi rendah pun sudah mulai gemuk.

Daytona 660 menggunakan kopling assist-and-slipper dan transmisi enam kecepatan yang sama dengan Trident, tetapi dengan rasio final-drive yang direvisi agar sesuai dengan sifat putaran mesin yang lebih tinggi. Sementara Quickshifter hadir sebagai opsional.

Sasisnya berasal dari Trident tetapi dengan beberapa perubahan penting agar sesuai dengan gaya fairing Daytona dan niat yang lebih sporty. Rake berubah dari 24,6 ° menjadi 23,8° dan Trail berkurang dari 4,2 menjadi 3,2 inci. Sementara itu jarak sumbu roda diperpanjang dari 55,2 menjadi 56,1 inci. Suspensinya seperti Trident, dengan garpu terbalik Showa SFF-BP 41mm yang tidak dapat disetel, dan monoshock Showa yang dapat disetel preload di bagian belakang yang dipasang pada lengan ayun baja fabrikasi.

Triumph telah memperbarui remnya, menggantikan kaliper depan Nissin dua piston aksial pada Trident dengan sepasang kaliper radial empat piston, yang mencengkeram cakram 310mm. Ini dibuat khusus untuk Triumph dan memakai logo perusahaan sendiri tetapi terlihat sangat mirip dengan kaliper J.Juan.

Ergonomi Triumph Daytona 660 sporty namun tidak Racy seperti kebanyakan mesin supersport tulen. Dibandingkan dengan Trident, handlebarnya lebih sempit, lebih jauh ke depan, lebih rendah, serta dimiringkan ke bawah dan ke belakang beberapa derajat. Sementara itu, agar lebih sporty, Footpeg dinaikkan dan dimundurkan sedikit ke belakang dibandingkan trident

Sementara bodywork belakang dipinjam dari Trident. Tangki bahan bakarnya juga dari Trident, dengan kapasitas yang sama. Namun penambahan bodywork membuat Daytona berbobot lebih berat 13 kg dibandingkan dengan Trident.

Perangkat instrumen dashboard Daytona 600 serupa dengan yang ada di Trident, dengan layar LCD monokrom untuk kecepatan, rpm, posisi gigi, dan ketinggian bahan bakar, ditambah layar TFT kecil berwarna yang mencakup fungsi lain seperti navigasi belokan demi belokan berbasis aplikasi yang tersedia dengan Sistem Konektivitas My Triumph opsional, yang juga menambahkan kontrol telepon dan musik.

Tampilan Displat TFT ini juga akan menunjukkan salah satu dari tiga mode berkendara yang dipilih dari opsi Street, Sport, atau Rain. Ada kontrol traksi yang dapat diganti dan ABS sebagai standar, tetapi alat bantu pengendaranya sederhana, versi Straight line – bukan IMU enam sumbu.

Semua penerangannya menggunakan LED, dan terdapat sistem peringatan berhenti darurat otomatis yang memperingatkan bahaya saat mengerem mendadak. Kita akan dapat meningkatkan performa Daytona 660 dengan opsi tambahan termasuk quickshifter, yang merupakan salah satu dari lebih dari 30 tambahan lainnya termasuk bagasi, dan beberapa tambahan kosmetik. – @tmcblog

10 COMMENTS

  1. Eropah style sekali. Bikin pembagian kelas jadi super duper mbingungin

    Panitia mbalapan ngeropah yang mau ngegeser jepang aja ampe bingung ngelompokin hasil “akalakalan” tementemennya 😂

  2. gaya desainnya kayak cbr 650r yang tahun 2019 belakangnya bantet, kayak basis yang non-fairingnya. mukanya agak mirip cfmoto. tapi identitasnya ini triumph daytona banget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP