Diadopsi dari artikel James R Davis Groups Of Two :Lead in the left or right track?

Anda dan teman/pasangan anda melakukan perjalanan bersama dengan menggunakan dua motor. Salah satu dari anda lebih berpengalaman atau lebih menguasai kendaraan, siapa yang seharusnya berada di depan dan posisi kanan/kiri dalam formasi konvoi kecil ini.

Bila salah satunya adalah pengendara pemula (newbie), Pengendara yang lebih berpengalaman berfungsi sebagai leader(road captain) karena Leader bertanggung jawab dalam mempertahankan kecepatan, pemilihan jalur perjalanan, navigasi serta dapat menyelesaikan permasalahan perjalanan. Hal hal tersebut akan menambah beban bagi seorang pemula bila ia dipercaya sebagai pemimpin perjalanan. Pimpinan perjalanan menempatkan posisinya disebelah kanan karena jangjauan pandangannya lebih luas.

Bila salah satu biker bukan seorang newbie atau telah berkendara secara group beberapa kali dan sudah dapat mengendalikan kedaraan dengan baik walaupun pengalaman turingnya sedikit maka pimpinan perjalanan dapat dilakukan siapapun dari keduanya. Biker dengan jam turing sedikit dapat belajar menjadi pimpinan perjalanan dengan cara ini dengan posisi berkendara disebelah kiri, sampai ia memperoleh cukup pengalaman memimpin turing.

Bila keduanya memiliki pengalaman memimpin turing yang sedikit tetapi memiliki skil berkendara yang cukup maka siapapun dari keduanya dapat menjadi pimpinan perjalanan atau bergantian memimpin. Jarak keduanya harus dua kali lebih jauh dari jarak aman ( misalnya 4 detik)

Yang terakhir, jika keduanya tidak berpengalaman dan memiliki skil berkendara yang pas-pasan keduanya TIDAK disarankan untuk turing berdua, bila harus jalan bersama mereka harus berkendara secara independent dengan jarak dua kali jarak aman. Keduanya harus melakukan pelatihan berkendara secara grup oleh tutor turing yang berpengalaman dan berkompeten sebelum diperbolehkan berkendara berdua secara grup

SHARE
Previous articleThe Revolutions Of My Honda Tiger
Next articleSejarah Kaca Spion

6 COMMENTS

  1. hei…itu si blutigi nongol juga…

    kapan nih, kita turing lagi….

    wah kalo sekarang mah, kagak bisa ngejar deh.
    Ninja 250 VS Tiger 200….he…he…he

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here