Di adopsi dari artikel “Yellow Is Red Or Green (I’d Rather Be Red Than Dead”) By: James R. Davis

Lampu lalu lintas adalah alat yang sederhana, hanya terdiri dari 3 lampu berbeda warna. Warna merah dan hijau sudah memiliki arti yang umum, tapi tidak dengan warna kuning, dari SD kita sudah belajar bahwa lampu kuning itu artinya HATI-HATI. Tidak ada penjelasan yang cukup mengenai kata hati-hati ini, setidaknya menurut saya pribadi.

Saya ingin membuang segala kebigungan mengenai arti lampu kuning dengan membawa konsep yang cukup jelas bahwa: Kuning itu bisa berarti Merah atau Hijau

Masalahnya adalah bilamana kita mengartikan lampu kuning itu jalan atau berhenti?
Ketika Kita jelas melihat lampu menyala kuning dan Yakin bisa berhenti sebelum memasuki persimpangan, maka KUNING artinya BERHENTI. Bila lampu menyala kuning sesaat sebelum anda memasuki persimpangan (atau sebelum garis putih) KUNING artinya JALAN dengan kehati-hatian.
Tolong diperhatikan lampu kuning BUKAN artinya mempercepat kendaraan. Catat pula, Lampu HIJAU dipersimpangan artinya JALAN dengan kehati-hatian.

Nah sekarang anda tahu artinya lampu kuning, tapi kita harus selalu berasumsi bahwa orang lain belum tentu mengetahui hal ini. Dengan kata lain ketika kita menunggu lampu hijau dan lampu menyala hijau kita harus berasumsi bahwa seseorang akan berusaha menghindari lampu merah dengan cara mempercepat kendaraan melewati persimpangan ketika lampu menyala kuning. Menengok kan kepala sebelum melewati persimpangan adalah sangat dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

* gb dari  goodexperience.com

8 COMMENTS

  1. tergantung situasi dan kondisi pak polisi bro, hehe…

    di jakarta kuning artinya gas pol, klo ga di klaksonin orang2.
    di daerah kayak jogja, semarang kuning artinya berhenti soalnya mata polisi pada awas.

    keep safety bro…

    Guest
  2. kalo dbkasi pas lampu kuning kita berhenti…bisa dsruduk…pengalaman..pagi2 ddepan GrandMall..pas lampu merah gue lgsg berhenti…byuhhh…dari arh blakg klakson teriak smua…(@jam 6pagi)

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here