Junction Jeopardy

Menurut Majalah Superbike, kecelakaan yang menimpa Rider motor banyak terjadi di persimpangan. Kecelakaan ini biasanya terjadi karena pengendara yang akan berbelok ke arah kita dari persimpangan berkata. “ Maaf, saya Tidak melihat anda melaju”. Jadi siapa yang salah…wah bakal jadi bahan perdebatan panjang niy, Tapi yang pasti mari kita kurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan ini dengan Devensive Riding.


  1. Mobil Biru mo belok kiri, pengendara sepedamotor (rider) berada pada posisi yang salah, dalam artinya dia nggak melihat dan dan tidak terlihat oleh mobil Kuning.
  2. Saat Mobil biru menurunkan kecepatan, Rider bermanufer menyalip dari sebelah kanan dan terus berakselerasi, pada saat itu mobil Kuning pun akan melewati persimpangan dengan berbelok ke kanan.
  3. Rider terlambat mengantisipasi handicap didepannya, ia tidak sempat berhenti dan menghindar sehingga terjadilah tabrakan

Bagaimana Seharusnya !

  1. Hindari menyalib pada persimpangan ke kanan karena kendaraan didepan dapat mengambil jalur anda untuk berbelok ke kanan. Sebelum menyalib pada persimpangan ke kiri, yakinkan dahulu jalur dalam keadaan kosong dan aman.
  2. Saat akan melewati sebuah persimpangan, dapatkan semua informasi sebaik mungkin termasuk sinyal-sinyak kendaraan disekitar anda, bersiaplah untuk sesuatu yang tidak diinginkan
  3. Tanyalah diri anda Sendiri, apakah saya sudah “terlihat”, Yakinkan diri anda berada dalam jangkauan penglihatan pengendara pada persimpangan dengan melakukan kontak mata secara langsung. Bersiaplah untuk sesuatu yang terburuk.

Terjemahan bebas dari artikel Majalah SuperBike

Artikel ini juga dapat ditemukan di Portalnya YMKI, tapi saya nggak copy-paste dari sonoh

Bersambung ke part 2 ……

12 COMMENTS

  1. jangan lupa bunyikan klakson klo takutnya ada yg nyelonong di depan kita. din.. din.. (kira2 begitu bunyinya, kok kayak klakson mobil se?).

    klo aku biasanya kloa ada kendaraan yg bertingkah mencurigakan (depan mo belok, simpangan, brenti agak lama – biasanya ada yg nyebrang, dkk) biasanya langsung lepas gas n siap2 break. ga usah ngotot, paling cuman beda jeda sepersekian menit, lebih baik inget kluarga yg nunggu dirumah drpd harus cilaka konyol <- versi ringannya mati konyol)

    wusss… wusss….

    Guest
  2. kalo liat gni gw jd inget prnh ditabrak mlh lokasinya diperempatan perkampungan yg sepi, pas mo sampe perempatan gw liat dari jalur sblh kanan ada mobil mo melintas, ne mobil udh ngurangi kcepatn trus brenti, makana gw nglintas aja, eeee…..stlh gw tpt dtengah prsimpangan tb2 tuh mobil lgsg nubruk dari sisi kanan gw, knceng jg tuh mobil coz mtr gw smpe mental N trnyta kerusaknnya jg ckup parah, lutut kanan ngilu krna lgsg kehantam, udh gtu sopirnya turun lgsg marah2! untung org2 tau kjdiannya.. yg ngeselin ne org stlh kalah debat trs ngajak dmai dgn ngasih 50rb perak! gila ne sopir….dpikirnya motor gw gerobak apa…!! yg gw sesalin tuh….dimana moral tuh org! pndidikan moral apa yg diterimanya wkt kecil….! kbtulan ne sopir warga keturunan……(gw ga mo sebut, ntar sara) yg sblm2nya penilaian gw udh buruk cz biasanya pd smbong, egois N mndang rendah suku laen, eee….ini mlh nambah2in lg! jd makin buruk aja penilaian gw sm jenis keturunan ini! tp gw prcya psti msh byk yg htinya baik, sori OOT mas ofik

    gpp..jadi curhat yah 😀
    gpp..bagi2 pengalaman …prepare for the worst

    Guest
  3. ya kita harus bersabarlah kalo di jalan. kalo blom dapet visibility yang baik, jangan berspekulasi, apalagi berpikiran (mobil pasti ngalah dan salah) –> kebanyakan pakem yang dianut di Indonesia. intinya hormatilah hak pengendara lain ,dan ingat bahwa kedudukan kita di jalanan adalah sama. 🙂 safety driving for all

    Guest
  4. Saya pernah nabrak trotoar..
    Di double way..
    Gara2 mobil mo mutar arah..
    Ngasih sein telat..
    Ya banting stir ke kanan dech saya..
    Untung langsung lompat..
    Tapi kasian motornya..
    Hancur total bodynya ..
    Hiks..hiks.. 🙁

    mobil putar arah juga termasuk 7 deadly bins..tunggu aja partnya ya..

    Guest
  5. kebanyakan bikers juga merasa jalanan “milik sendiri” ( gw juga bikers lho ) ada yg menghindari lubang malah bikin org yg di belakang nabrak karena ga mau liat spion ada org di belakang atau ga! ada yg mw belok kearah kiri ngambil dari kanan, akhirnya nabrak motor yg mw mngambil arah lurus, ada yg nyalip pelan2 malah bikin org yg mw nyalip di belakangnya nabrak mobil yg berlawanan arah – karena terhalang oleh motor yg nyalip pelan2 – ada yg jalan pelaaaan bgt di tengah ga liat belakang ngantri…. gw berharap kita sebagai bikers lebih dewasa dan memikirkan keadaan orang di sekitar kita,,, gw sendiri bukan tidak pernah melakukan kesalahan2 spt diatas, tapi gw berusaha mencoba untuk selalu peduli dgn keadaan sekitar.

    ciri2 bikers yg merasa jalanan milik sendiri adalah ” ga pake spion ”
    jadi mari sama2 mendewasakan diri. peduli terhada sekeliling kita.

    maaf kalo menyinggung org2 yg merasa melakukan hal2 tsb diatas

    Guest
  6. @win

    setuju abis bro!!! dijalan bikers2 kebanyakan suka seenak jidat, serasa jalanan milik sendiri.

    kebanyakan kasus yang umum :
    – ga liat spion ketika changing lane, pokonya yang dibelakang harus ngerti.
    – ga pake lampu utama kalo malem.
    – jalan pelan ditengah jalanan.
    – menhindari lubang dengan seketika, yang penting motor ga rusak, yang belakang mo jatoh ato kaget urusan nomor 2.
    – menyalip mobil tanpa lihat2 spion dan menyalakan sein.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here