OVERTAKING OBLIVION

Menurut majalah superbike, kecelakaan akibat menyalib pada suatu kontur jalan membelok merupakan tipe kecelakaann sepeda motor ke tiga paling sering terjadi. Kerena Saat berada di suatu kurva tikungan blind spot jalur lawan sangat besar. Walaupun motor merupakan kendaraan yang nyaman buat selap-selip, akan tetapi salah perhitungan, bisa celaka.

  1. Rider datang dengan kecepatan yang cukup tinggi dan langsung membuntuti mobil merah dengan jarak yang cukup dekat, sehingga area pandang rider menjadi terbatas karena terhalang mobil merah.
  2. Rider merasa terhalangi lalu memutuskan dengan terburu-buru untuk menyalib mobil merah.
  3. Rider yang sebelumnya tidak memperhitungkan adanya mobil kuning, akhirnya memutuskan untuk juga menyalib mobil kuning, sehingga konsentrasinya terhadap datangnya mobil biru menjadi terpecah,.
  4. kerena kesalahan manuver tadi sang Rider terlambat mengantisipasi dan menghindari mobil biru, sehingga kecelakaan pun tidak dapat dihindari.

BAGAIMANA SEHARUSNYA

  1. Kunci dari penyalipan adalah perencanaan yang baik. Jangan grusa-grusu, tidak sabaran dan terlalu agresif. Posisikan diri brothers dan motor sehingga area pandang tetap leluasa, sehingga kurva tikungan dapat selalu dikontrol keadaan lalinnya. Gunakan gear yang sesuai untuk melakukan penyalipan
  2. Selalu konsentrasi dan selalu memperhatikan apa yang akan dilalui brothers di depan saat menyalib, bila brothers merasa tidak memungkinkan untuk menyalip, mundur dan urungkan upaya penyalipan, pasti kesempatan menyalip dengan aman akan datang kembali.
  3. Tengoklah spion, spion blind spot, dan nyalakan lampu sign saat menyalip, jika perlu nyalakan klakson sebelum menyalib untuk memberitahukan kebdaraan didepan bahwa anda akan menyalibnya. Lakukan penyalipan dengan cepat dan mulus. Lakukan penyalipan satu-persatu saat berada dibelokan. Setelah menyalip, posisikan brothers dengan jarak yang relatif aman dengan kendaraan disekitar.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here