jump to navigation

Jembatan Juanda Depok Yang Membahayakan !! March 10, 2009

Posted by Taufik in : Safety Defensive Riding , trackback

jembatan_juanda_judul

Tadi pagi sekitar pukul 8.00 saya melintas di Jl Juanda Depok. Di jembatan Sungai kedua dari arah Jalan Margonda terlihat ada sebuah motor Bebek yang terpelanting tanpa ada benturan dengan kendaraan lain sebelumnya. Kejadian ini sekitar 20 meter di depan saya, jadi terlihat jelas. Lalu bebek ini, yang terakhir diketahui berjenis VegaR, jatuh ke kiri dengan posisi kaki sang rider terjepit.  Motor bebek dibelakangnya pun sepertinya kaget dan menabrak ban belakang Motor Vega ini dan Terjatuh ringan.

jembatan_juanda1Seketika saya mengeluarkan sign kepalan tangan ke atas (tanda turing untuk berhenti) menghentikan Si Pinky di belakang motor yang jatuh seraya tarik kunci. Membantu mengangkat motor yang jatuh karena kaki sang rider terjepit, menormalkan gear dan menuntun motornya ke tepi jembatan. Kondisi Sang Rider besot di kaki kiri, tangan kiri, dan . . . . hmm pipi kiri sebelah atas. Maklum sang rider hanya menggunakan Helm Half Face. Sambil meringgis menahan sakit beliau mencoba untuk bangkit dan menyatakan dirinya tidak apa-apa. Saya memintanya untuk beristirahat dulu barang sejenak. Tapi beliau keukeuh memaksakan diri, dan setelah bersalaman dengan saya, ia pun berlalu.

jembatan_juanda2Saya sempat bertanya ke beliau tentang penyebab jatuh . . . sang rider menjawab karena ‘jumping’ di undakan sebelum naik ke jembatan besi. Memang undakan ini merupakan momok menakutkan. Saya sendiri selalu menurunkan kecepatan maksimal 50 km/jam bila memasuki jembatan besi ini.  Saya harap Pemda Kota Depok mau memperbaiki jalan ini, karena sangat berpotensi membahayakan pemakai jalan.

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. Puwi - March 10, 2009

Wah pertamaxxx akhirnya…

2. Puwi - March 10, 2009

Sementara belum diperbaiki bisa dicat belang2 hitam kuning… ibarat polisi tidur lah… ;-)

3. ashley - March 10, 2009

ketigaxxx

4. apis - March 10, 2009

Tapi kayaknya agak nggak mungkin buat ngebut di pagi hari,soalnya macetnya gila gilaan…

taufik:

sepengetahuan aye …saban liwat di titik ini . . . jarang macet bang…
macetnya hanya di ujung jalan (pas per3 an Margonda atau jl raya bogor..jadi emang biasanya kendaraan di sinih kenceng2

5. Awakku - March 10, 2009

Wah liat berita semalem, biker naik JupZ habis nyalip truk, nabrak sirtu ditengah jalan, akhiryna jatuh pas didepan truk.
Gepeng deh berdua (biker ma boncengernya).

PU memang gila.
dulu jalan di Ngawi dibenerin abis sophan sofyan jatoh.
Jadi kudu ada korban dulu, baru diberesin.
Astaghfirllah…… :(

6. ashley - March 10, 2009

coba tiap ada pol dur…diact puti..biar keliatan kaya pocong tiduran gtu….kan bkin pelan…

7. Razgriz01 - March 10, 2009

Kyny hmpr sma jembatan d indonesia mg ky gt dh

8. Awakku - March 10, 2009

@Ashley
ngapain dicat biar keliatan kaya pocong tiduran ??
Mending pocongnya yang asli aja dipasang disitu, kalo ada yang ngebut, tinggal kempesin bannya atawa dijitak kepala ridernya.
Daripada tuh pocong gak punya kerjaan yang berguna n ngejailin orang…

9. ashley - March 10, 2009

awakku

wakakakaka….klo ada pocong, pdhala dia nya jg dah nyumput2…walau cmn sekilas jg…langsung panas dingin..keringet segede jagung…tanpa sadar betot gas, pdhal dengkul dah lemes….
jd mending suruh tduran aja…kan pelan2 jadinya….mikir dlu tuch pocong apa poldur yah…

10. Taufik - March 10, 2009

..hmmm..kiraini salah masup artikel…ngebaca komennya koq malah ngomongin pocong :mrgreen:

11. ashley - March 10, 2009

maap mas taufik……

taufik:
kagak napa2 intermezo kagak dilarang :D

lanjooot

12. ashley - March 10, 2009

jd gak enak nich, pdhalblog neh enak…gak antem2an merk…bisa curhat2an motor, bisa oot2 an…thanks yah mas taufik dah ngasih wadah…

13. kasihasmara - March 10, 2009

Salut buat bung taufik yg ngikhlasin waktunya bantuin biker jatuh.
Emang harusnya kita -sesama biker- mau menjunjung tinggi nilai2 kebersamaan dan solidaritas; bukan saling kebut2an truss kalo nyenggol dikit aja langsung naik pitam!
Ngomong2 soal solidaritas, saya agak jengkel pada kebanyakan bikers.
Kemaren, di jalan Raya Bogor di daerah Cijantung, saya ngeliat seorang biker yg adu mulut dengan sopir angkot. Saya gak tau tepat detil penyebabnya. Tapi apapun itu, kita semua tau kalo biasanya emang para sopir angkot ini seenaknya sendiri.
Berusaha untuk sedikit mendukung biker bersangkutan, saya berhenti. Saya gak punya niatan untuk nimbrung adu mulut atopun siap2 adu jotos. Saya hanya berharap dengan berhentinya saya _seorang biker lain_ sopir angkot tersebut akan ngalah. Dan harapan saya terkabul…! hehehehe…!
Nah jengkel saya, kemana biker yg laen?
Saya gak ngajak sodara2 biker untuk maen keroyok lho!
Hanya sedikit empati saja sudah cukup!

Salam
Penjelajah Cibinong-Senen

14. rian - March 10, 2009

wah masukan bagus bang opick..tar saya kasih tau dinas PU nya
kebetulan punya teman di dinas PU pemda depok…..
berhubung walikotanya masih baru nich…. mudah-mudahan lebih cepa dalam menagani masalah..seperti janjinya dulu…

15. manusiageblek - March 10, 2009

Iya memang demikian yang bang taupik utarakan….di jalan juanda pernah ada korban sampai jatuh kedalam kali gara2 gundukan yang ngga jelas awalnya, saya pun hampir jadi korban waktu ngebeset pio saya melewati jembatan, dengan kecepatan kurang lebih 100 km/jam, saya dikagetkan oleh gundukan yang mampu membuat adrenalin dan konsentrasi saya terganggu, tapi beruntung dengan sedikit pengaturan posisi dan kesigapan saya dalam mengantisipasi kondisi tersebut membuat saya masih sehat walafiat, mohon teman2 yang melewati jalur juanda hati2 melintasi jembatan kedua dijalan tersebut, selalu mengontrol kecepatan laju kendaraan dan mengadopsi selalu aware terhadap kondisi jalan sekarang, terlebih lagi di jalan juanda agak kurang dipenerangan jalannya.

16. Awakku - March 10, 2009

@kasih
betul, sesama biker kudu solider.
Tapi kalo mo nolong biker yang jatuh, motornya kudu parkir dipinggirin dulu, baru nolong, biar gak macet.
Kali ada orang yang kebelet, jadi jalannya buru2, jadi gak sabar..
:)

17. hart - March 10, 2009

^14
emang Pak Nur dah di ganti ya… kok walikota baru…

18. ahimawa - March 10, 2009

hmm..emang bahaya..gw pernah ngalamin wkt naik mobil.. pas naek motor alhamdulillah blm..

19. sof - March 10, 2009

Afik, ini sama bener dengan kejadian yang pernah saya liat di tawakal ke arah Grogol 10 meter di depan saya, koq motor bisa jumping gito yach kalo kena lubang?, jadi pengendaranya seperti di lempar oleh sang motor selayaknya kuda liar, motornya sempat meluncur tanpa pengendara beberapa meter kedepan baru kemudian jatuh berantakan

20. cangkirbulat - March 10, 2009

Dulu malah awal2 jalan ini dibuka gw pernah ngeliet polisi dengan motor gede nya (istilahnya motor bm?) itu nyangsang tepat di undakan yg disebut kan diatas, hampir nyelonong keluar jembatan -naek ke trotoar-, ngeri…coba kalo nyemplung beneran, bisa masuk tipi tuh ^^.

21. anggiwirza FR2 - March 10, 2009

wah emang itu bahaya bangget nih…

gw jug akalo lewat situ suka jaga kecepatan ajah..

emang sih jalannya enak buat ngebut, cumaaaannn daripada keasikan gebut jadi celaka..

mending ngebut di sirkuit deh…

22. ashley - March 11, 2009

14. rian
mas, sebelum dirombak…mungkin ada kontruksi baja yg harus ditutup…at list minta di cat putih dlu biar keliatan lah….(urgent a.k.a ASAP gtu)

23. teja - March 11, 2009

minimal dari dinas terkait bisa kasih rambu-rambu..biar ga nambah daftar korban….kalau pas dibelakangnya ada truk ngebut…bisa lain tuh ceritanya….

24. Aegis Code - March 12, 2009

Bener ntu bang….! Eh… tapi kadang sy sekarang kalo lewat jembatan ntu malah suka keenakan malah dijumpingin aja sekalian ntu motornya… Tapi masalahnya kalo orang yang nggak tahu malah ciloko kaleee…

25. ashley - March 12, 2009

aegis
gak sayang ma motor sampeyan mas,,,shock, mesin..de el..el…

26. Kalung BioFIR - March 13, 2009

Iya nih, ketika touring ke bogor beberapa waktu lalu temen2 gwe yang pada bawa Mito ama Ninja aja ampe loncat gara hal tersebut.. gak keliatan sih sekilas…

But the moral is : jangan ngebut didaerah yang belum anda kenal, meski sepintas terlihat mulus :)

27. joki - March 14, 2009

wah tiap kuliah ane selalu lewat sini..

emang bener tuh, bahaya banget…

ga boleh ngebut pas ngelewatin jembatan ini…

28. Aegis Code - March 14, 2009

hihih… abis shock nya aza dah pada mati… :-P

Pertama kali sy ngelibaz undakan ini waktu jalan pertamakali ke Depok ma Istri saya… Beneran pas tiba2 motornya loncat Istriku sampe terpental… sampe teriak kaget…. untung…. sekali lagi untuuuung…. jatohnya lagi pas ke punggung sy…. suka lemes kali inget kejadian ntu….

Naaah… kalo sekarang pas lagi jalan sendiri misal klo pulang dari Pondok Cina…. eeeh… malah dihazar azah ntu undakan… Emang kalo kecepatan kita dikurangin pun efek terbangnya masih kerasa banget…! Yang penting kitanya aza yang harus aware dengan kondisi jalanan jang kt hadepin…

Ntu Pak Nur…! pegimana urusanya tuh kalo udah ada yang jatuh gitu yak…?

29. madix - March 30, 2009

Wah betul tuh ….
Pak Nur Mahmudi g pernah lewat situ soalnya (sok tau mode: ON)sewaktu pulang kantor pun aku selalu lewat situ dan (lupa gtw kapan) sempet juga korbannya mobil. mungkin loncat n akhirnya oleng (untung gak naik trotoar dan nerjang pagar jembatan) jadi cuma pecah2 kacanya menghiasi aspal jembatan tsb.
Pemkot Depok cuma pakai anggaran jalan rayanya cuma disaat penghabisan aja, gda perencanaan matang khusus buat jalan raya. Apalagi angkotnya yang gak dibatasin n seenaknya aja, harusnya angkot yang ditilang krn ugal2an n brhenti seenaknya tanpa perhatiin rambu. bgtu motor nglanggar, kena. Dasar polisi depok, hobinya jadi juragan angkot kapan Korupsi bisa diberantas kalo penegak hukumnya sendiri Korup? (sori jadi belok sedikit topiknya) ;p

30. cryptolover - April 8, 2009

@ cangkirbuled :
lucu juga kali yak?
liat pak polisi naek motor gede (BM) terus jatoh jungkir balik begitu?
bahkan sampe nyangsang di rangka pembatas jembatan…
jadi inget film CHIPnya Warkop…he.3

31. Akhirnya Jalan Di Jembatan Yang Membahayakan itu Diperbaiki :D « Taufik & Motorcycle - August 3, 2009

[…] Defensive Riding. Tags: depok, Jl Juanda trackback Brader masih ingat postingan saya mengenai kondisi aspal jalan membahayakan di ujung sebuah jembatan di Jalan Juanda depok yang bumpy dan dapat membuat kendaraan jumping dan […]

32. fay basayev - December 23, 2009

Sorry mas Taufik dan sobat2ku..
bukannya mao nyombong…dengan rendah hati cuma mo bagi2 cerita.
emang sih..diujung jembatan ini bikin potensi bahaya.
Tapi gw sempet nge-remehin “legokan” jalan ini.
Setiap pulang dari kantor or dari tempat lain, kalo lewat jalan ini.. gw malah happy..sebisanya kalo udah mo deket..gw gas motor gw sekenceng2nya…yang gw cari, supaya motor gw bisa loncat. bukannya belaga gila, soalnya gw pake motor model tril. pokoke kejadian itu selalu berulang2…so on & so on dah..
Tapi peristiwa buruk hampir ngamirin gw.
Pernah gw pulang malem, ngantuk ‘kruyup-kruyup” pula. gw ga sadar sewaktu mo deket jembatan, Legokan jalan yg ga gw harapin pada malam itu tiba2 muncul du depan gw. Alhasil, gw kaget jumpalitan…ke samping jembatan..hampir2 nyemplung. Soalnya biar ngantuk..ngebut sih teteb.
Alhamdulillah gw msh dlindungin. Coba deh loe pade bayangin…ntu malem gw nyemplung ke kali..bisa2 besoknye gw nimbul di koran!

33. wawan anak depok - April 19, 2010

wow kasian amt dy jatuh yea….?????

34. uchin iphin - January 15, 2012

Ane tggl d daerah itu,kbnykan para rider pd kenceng2 wkt mlintas d jmbatan.



WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien
%d bloggers like this: