stoner_driftBila Bro lihat gelaran Gp oztrali kemarin ahad, bro akan melihat gaya tancep gasnya Stoner yang di udak sama The Doctor. Beberapa kali Stoner memperlihatkan aksi ngepot (drift) di beberapa tikungan. Saya bukanlah seorang pembalap, mudah-mudahan nggak terlalu berlebihan jika berusaha sharing tentang ilmu ngepot ini. Di Supermoto banyak sekali kita temui Aksi Ngepot dilakukan. Ngepot yang merupakan teknik Lanjutan (Advance) dari teknik menggantung RPM, dilakukan untuk menghindari dropnya power yang biasa dilakukan saat tikungan. Intinya adalah mempertahankan putaran mesin dan ban sehingga memiliki ‘modal’ untuk melakukan tancap gas setelah area tikungan. cmiiw

Stoner sepertinya Tahu, M1 yang dilawannya kali ini bukanlah M1 dua tahun yang lalu dimana Ia dapat dengan mudah mengasapi M1 sampai sampai Valentino bilang saat itu bahwa untuk menghentikan Stoner nggak ada cara lain kecuali menembaknya he he he he. M1 tahun 2009 semakin matang sehingga Stoner harus bekerja ekstra keras menjaga setiap senti Racing Line sekaligus me ‘maintenance’ kecepatan sehingga bisa maksimal meladeni rider berpengalaman macam valentino. Mengenai Teknik Yang diperagakan Stoner saya pikir harusnya kita sudah nggak Heran lagi bila mengetahui latar belakang riding experiencenya. Stoner kalo nggak salah ditempa fisik dan teknik balap dari latar belakang Dirt Track yang merupakan akar dari Supermoto itu sendiri . . . so Nggak herankan?

with3nnugApa kata mas Triatmono yang Notabenenya Blogger-Road Racer saat saya wawancara mengenai masalah Drifting ini? Beliau Bilang Drifting bukanlah merupakan Cara yang TerBaik dan Efesien dalam Balap. Teknik terbaik menurut rider Aprilia RS 250 ini adalah berusaha maksimal di setiap racing Line. Dimana titiknya-berapa kecepatan yang harus diberikan sampai di gear berapa motor harus dipanteng agar Traksi Motor menjadi maksimal. Beliau Mencontohkan Valentino itu bermain jauh lebih Rapih, Tanpa Drifting pun masih tetap bisa memberi tekanan kepada Stoner selama Belasan Lap. Beliau juga menambahkan sudah pasti drift akan memperpendek umur kompon ban

eniwey, sepertinya betul juga, soale saya sempat coba nge’drift’ YZR M1 ( Di Game MotoGP 08) ternyata saat nge ‘drift’ saya malah di Over take sama rider dibelakang saya. Nah Bagaimana Menurut Brader sekalian?

Taufik of BuitenZorg

78 COMMENTS

  1. kalo kondisi cuaca cerah sih Ok aja, tapi kalo trek agak licin habis hujan mending gak deh. sbnrnya gw jg gak ngerti nih

    Guest
  2. nge-drift ini maksudnya rear wheel steering ya (cmiiw)…
    wah pundaknya mas tri pegel tuh, kena sikunya kang taufik… πŸ™‚

    Guest
  3. Beliau Mencontohkan Valentino itu bermain jauh lebih Rapih, Tanpa Drifting pun masih tetap bisa memberi tekanan kepada Stoner selama Belasan Lap.
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    satu pembuktian skill Vale masih selangkah lebih maju dari C. Stoner….

    Guest
  4. Beliau Mencontohkan Valentino itu bermain jauh lebih Rapih, Tanpa Drifting pun masih tetap bisa memberi tekanan kepada Stoner selama Belasan Lap.
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    satu pembuktian skill Vale masih selangkah lebih maju dari C. Stoner….

    Guest
    • komen sampah dari fans rossi..rossi bisa menekan stoner karena motor m1 itu punya megagrip! motor paling mudah dikendarai..

      Guest
  5. lha powernya gede sich, masak pinky diajak nge drifting, kalau di pasir bisa…

    lama bener, semua dilego untuk ganti ducati, br bisa ngedrift…hi.hi.

    Guest
  6. cara ngdrift tuh gimana sih

    OOT dikit
    ingat gak iklan SHogun 110 yang dibintangi Mamiek Prakoso dan Farhan, Mamik ngejar Farhan yang naik mobil, terus sampe depan rumah Farhan Mamik belok sambil ngepot karena lihat Farhan make Shogun juga

    Apakah itu juga disebut drift juga?
    kalo ada yang tahu cara melakukan hal itu bagaimana?
    sekadar penasaran saj

    Guest
  7. @Jafo n Apdri
    he he he he . . . huss bukannya ngomongin teknik ngepot malah ngegosipin pria berbaju garis garis :mrgreen:
    itu dipoto agak nyender ke Mas tri karena kalo diri..ntar mukanya nggak kena poto he he he he eh πŸ˜€

    Administrator
  8. kalo mas taufik ngedrift di game motogp 08, mungkin emang susah kalo motor.
    tapi kalo ngedrift di need for speed undercover, kayaknya jadi lebih efektif deh…hehehe
    dah ah… pkoknya sebelum jadi orang kaya gak bakal ngedrift pake ban battlax nininku, sayang bangeettt… hohohoo…
    xxl mana nih?

    Guest
  9. liat aja tuh kang setiap kali belokan kakinya stoner dah kyk lg balap di dirt track aja… tp dr yg gw liat selain stoner rossi jg suka ngelakuin yg kyk stoner tp ga banyak… cmiiw

    Guest
  10. “Tanpa Drifting pun masih tetap bisa memberi tekanan kepada Stoner selama Belasan Lap. Beliau juga menambahkan sudah pasti drift akan memperpendek umur kompon ban” quote dari paragraf ketiga.

    bener,soalnya kompon ban dipaksa memakan aspal terus menerus akibat besarnya putaran mesin itu tadi,,so pasti umur ban jadi pendek.

    Guest
  11. wekekek…
    judulnya itu lho….kayak lagi membicarakan apaaaa gitu lho…
    manfaat atau mudharat?? xixixi… :mrgreen:

    anyway, menurut saya ngedrift lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya, gak setiap saat bisa pake teknik drift karena mempercepat umur ban, makanya pakenya pas kepepet aja.
    Rossi ama Lorenzo juga pernah pake teknik ini deh, pada waktu dogfight dulu. Liat posisi motornya pada geal geol, stang depan udah lurus ama jalan, pantatnya masih ketinggalan, malah tambah edan lagi, posisi badan belom lurus udah bejek gas, sampe ban depan ngangkat2.

    Guest
  12. kalo sampai ngedrift / sliding..ya kehilangan waktu bro…untung powernya gede…coba kalo power sama..dah dilibas tuh……

    Guest
  13. nge-drift?… rear-wheel steering kali ya maksudnya…
    MotoGP ’08 ya Bro Taufik… xixixi… :p
    gampang bgt tuh klo mo rear wheel steering di game itu… tp yg ada malah bikin lambat motor dibanding ngikutin racing line…

    Guest
  14. drifting apa sliding??
    kalo drifting kan roda depan ikutan ngepot juga…

    setahu saya sliding itu digunakan untuk mempertajam manuver, bukan untuk menggantung RPM. apalagi dimotor se-powerful motogp.
    kalo ente liat di HUDnya kan kadang kalo pas ngerem mereka bener2 100% ngerem,..

    kalo kemaren stoner sih memang ngepush keras, efeknya motornya sliding terus. dikarenakan dia ngegas sebelum ditempat yang seharusnya ngegas. jadi meskipun sliding tapi sekaligus wheelie dikit (mau banyak tapi TCnya mencegah hal itu)

    secara teori sliding menyebabkan kecepatan motor lebih rendah saat ditikungan, meskipun dengan sliding bisa menekuk tikungan lebih dalam yang memungkinkan pembalap bisa ngegas lebih awal.

    Guest
  15. Setuju sama pendapatnya Om Tri, kalau saya liat walaupun Stoner melakukan teknik ngepot hampir di semua tikungan, jelas tidak menambah gap dengan rossi, justru rossi yg main seperti biasa [tanpa ngepot2] tetap bisa menjaga gap bahkan memperkecil gap.

    Guest
  16. @jomblo ati
    ya iyalah geal geol….namanya juga ngepot smbil tarik gas…mana badan blm lurus..ngepot kyk suster ngesot bae…

    Guest
  17. kalo dibelakang ada Vale, sepertinya Stony hrs melakukan segala cara yg dia bisa (back ground dia kan motocross), Scwan jg melakukan.

    Guest
  18. Minggu besok disepang… apakah X-Fuera dapat memperbaiki kesalahan di Philip Island…..
    , mampukah Rossi mempertahankan gelar juara dan tampil all out apa nyari aman…, stoner masihkan segarang penampilannya ataukah lebih baik… mari kita menjadi saksi atas pertempuran sengit Moto GP Sepang… Ehm.. be de wei masih layakkan Daped di perhitungkan…?

    Guest
  19. Minggu besok disepang… apakah X-Fuera dapat memperbaiki kesalahan di Philip Island…..
    , mampukah Rossi mempertahankan gelar juara dan tampil all out apa nyari aman…, stoner masihkan segarang penampilannya ataukah lebih baik… mari kita menjadi saksi atas pertempuran sengit Moto GP Sepang… Ehm.. be de wei masih layakkan Daped di perhitungkan…?

    Guest
  20. Kayaknya harus dibedain dech antara drifting, sliding, an rearwheel steering..

    gua pernah baca di tabloid Oto&*$# bertaun2 lalu, Judulnya balap F1 ala Arton Senna & Balap Moto GP ala Kenny Roberts Sr..

    disitu dibilang..
    Drift(ing) adalah gejala “ngebuang” ato bergeser pada body kendaraan, saat itu keempat roda (kalo di mobil) ato kedua roda (kalo di motor) ikut bergeser dari racing line.. akibatnya si rider / driver butuh waktu buat ngelurusin kendaraanya ke racing line lagi…
    Ini sich gak ada manfaatnya.. kata mas Ayrton Senna ini adalah mudarat yang HARUS DIHINDARI oleh semua sembalap…
    kecuali untuk sekedar beraksi mempertontonkan keahlian mengemudi.. makanya lomba drifting langsung naek daon ngalahin slalom.. soalnya “action” bangetss…

    kalo Sliding adalah gejala ngebuang pada bagian belakang kendaraan, biasanya rider ato driver sengaja ngelakuin ini buat ngelibas tikungan dan mempersingkat waktu saat menikung..
    contoh gampangnya ya pereli ato crosser yang biasa ngelempar body belakang, dan biasa dilakukan oleh pembalap “offroad” kalo di balapan aspal kayaknya susah banget malah sangat berbahaya..
    manfaatnya, waktu nikung lebih cepat tapi musti jago ngatur perseneling, rem dan bukaan gas… wessss… cit ciiittt…

    kalo rearwheel steering (mengendalikan kendaraan dengan roda belakang) adalah kebalikan dari cara yang normal yaitu front wheel stering (mengendalikan kendaraan dengan roda depan)..
    biasanya rearwheel steering banyak dilakukan oleh pembalap yang background-nya offroad seperti crosser ato pereli..
    kata abah Kenny Roberts Sr, rearwheel steering bisa diasah lewat olahraga “dirt track” yang merupakan basic dari semua olah raga balap motor…
    kata dia lagi ” hampir semua pembalap yang basic-nya dirt track berkilau di arena balap motor.. karena mereka dapat “seenaknya” bermain2 ditikungan tanpa takut jatuh dan tanpa turun kaki.. malah lebih mudah rearwheel diaspal dari pada lintasan berpasir..”
    begito katanya..
    moga2 bermanfaat…

    jadi walaopun gak sempet nonton aksinya stoner.. tapi gua berkesimpulan “Itu adalah REARWHEEL STEERING”..

    Guest
  21. klo menurut gw sih itu improvisasi dari seorang CS u/memaksimalkan segala potensinya demi memenangkan race, riding stylenya gak monoton & tampaknya si CS menikmati hal itu. kelebihan/kekurangan pasti ada & ga perlu diperdebatkan, krn sifatnya individual, masing2 rider py style sendiri. 1001 jln ke roma.. 1001 cara u/memenangin race & itu berhasil πŸ˜€

    .. kite meh cm bise cuap2 aje..

    Guest
  22. Ngepot sebenarnya dah kgk asing bagi rossi. Sdh biasa dia lakuin waktu msh jaman di repsol honda 990 cc dlu. Bs bro2 liat lg cuplik2an rossi dia masternya ngedrift. Menurut pengakuan rossi sendiri dlm wawancara MCN hal itu sangat berguna nyolong waktu buat belok seperkian detik krn stang bs dipaksa belok lbh dlm dari yg seharusnya. Kenapa hal itu tdk pernah dilakuin lg oleh doi pd era 800 cc, menurut rossi lagi hal itu sulit dilakukan krn karakter mesin bs dibilang tdk cukup tenaga (less power) jika dibandingkan dng mesin 990cc. Pertanyaanya knp stoner bs? Dah bukan rahasia umum klo power ducati lbh meledak-ledak beda ama motor jepang yg cenderung smooth. Krn itulah tdk heran sistoner mati2an geber motornya berusha melepaskan diri dari rossi sampai bs dibilang lbh dari 100%….effectnya motor dibawa sliding melayani power ducati yg besar…

    Guest
  23. lupa.. ada tambahan lagi…

    yaitu Rolling Speed..
    ini adalah cara praktis ngelibas cepat di tikungan..
    Kata mas Ahmad Jayadi (sembalap road race taon 90-an), kalo jago nge-rolling speed di tikungan kita bisa ngelibas lawan dengan mudah walopun motor kita speknya sama ato sedikit di bawah lawan kita..
    caranya (kata dia), menjelang tikungan tikungan kita turunin perseneling (down shift) sambil dipanteng gas-nya terus setelah keluar tinggal naik persenelin (upshifting) langsung dech melejit… wusssss….
    ah kalo ini mah semua (yang ngaku sembalap) juga tau…
    tinggal gimana ngatur2nya aja… πŸ˜€

    Guest
  24. kayaknya Stoner Ngepot bukan disengaja, gw rasa sih karena rem masih setengah di lepas sedangkan gas udah pol jadinya motor ngebuang, nah kalau rem dilepas semua akan terjadi oversteer dan motor akan keluar lintasan. Demikian juga kalau rem terlalu tarik bisa bikin rider terjungkal seperti pernah terjadi pada JLo.

    Jadi itu hanya karena gas yang terlalu pol menjelang keluar tikungan karena ngak mau di over taking pak ValenTINO RoSIDIN.

    He7X just kding.

    Guest
  25. saat lihat rossi juga melakukan aksi yang sama, bahkan sempat di slow motion. stoner di akhir2 lap terlihat sliding terus memang terlihat ngoto mempertahan kan posisi. rossi jarang ngepoy karena m1 lebih mudah dibelokin, sedang ducati agak susah belok jadi kudu sliding ditikungan untuk mempertahankan racing line cmiiw.

    Guest
  26. wah gi rame ngomongin skill #27 & #46 y
    sory OOT
    @om topik
    gmn kbar motor baru kawasaki menurut kabar burung nama’a EDGE(klo gx slah) jd d’kluarin gx????
    @nha
    ngarep DAPED mnag y.he6x
    just kding jg
    peace bos

    Guest
  27. all
    nonton dulu tokyo drift…trus maen need for speed nya AE sport…kejer tuch drift challenge…bru berasa nikmatnya drift….

    mas taufik
    maen motogp dimana mas, ps or PC..klo di pc enak bgt tinggal pencet gas dua kali ( kalo di keyboard tuts panah atas yah)….pasti langsung kerasa tuch ngepot bannya tpi tanpa ngurangi rpm…..

    Guest
  28. hehe tetep ga ngerti..
    yg saia tau klo motogp cuman 3 laps saia pegang pedrosa, yg sensor lampu ijo nya paling sensitif, langsung makcrut..

    Guest
  29. @^^^
    Yak, setuju ama Vespa Ijo…
    Setau gua… di teknik balap Supermoto yg notabene full of sliding… ;dan slidingnya pun disengaja, bukan action;… cara ngelibas tikungan pun bisa “lean out” bisa juga “lean in”… tergantung tikungan yg mau dilahap… buat maintain kecepatan di tikungan parabola biasanya pembalap supermoto pake lean in… kl tikungan patah baru pake lean out plus power slide… CMIIW

    Sniff… sniff…

    Guest
  30. kalo di balapan kayak gini teknik itu bukannya malah menambah resiko???tau sendiri kalo Ban harus dihemat sedemikian rupa, lha ini malah dibikin drift, notabene malah mempercepat habisnya grip ban motor..

    Btw, aku pernah tuh drift di tikungan, keren banget deh, abis itu jantung deg2an…ternyata eh ternyata ada ceceran olie di jalan…didepan ane udah banyak motor yang rebah…(empunya motor pada misuh2…)

    Guest
  31. @ mas taufik
    Dah pernah nonton AMA ATV motocross lum mas?
    Itu balapan atv d amrik,stiap belok,dah pasti ngedrift, n btw,trnyta atv bs lompat jg..
    Sori, dari motogp jd mpe atv , hehehe
    Tp yg pntg msh ngepot!

    Guest
  32. @mas yahon..

    motocross juga punya racing line-nya mas..
    bedanya racingline motor cross banyak bangetss.. mirip balap gp125
    malah saking banyak-nya kayaknya tiap pembalap punya racing line sendiri2..
    tinggal tergantung nyali masing2 aja..
    kalo nyang nyalinya gampang ciut pasti dia manfaatin “berm” ditikungan.. buat nyang urat nyalinya udah putus, lebih seneng “ngebuang” body belakang en ngambil tikungan dalem langsung ngegas sing buanterrr.. wusss… πŸ™‚

    Guest
  33. @vespa
    Ambil berm atau gak itu bukan masalah nyali Mas… masalah teknik pembalap ybs, kondisi trek, kondisi balapan, dsb… banyak faktor…
    Contoh… kl di depan tjd “antrian” di berm… trus motor kita karakternya bengis di putaran bawah, ngapain harus rela ngantri di berm???… bisa juga kalo kita liat kondisi trek di berm udah ancur setelah beberapa lap ya ngapain maksa masuk berm??… CMIIW

    Sniff… sniff…

    Guest
  34. ngomong ngomong soal ngespot … tinggal situasi kok … kalau pingin istirahat ya ngespot terus habis itu jatuh deh ,,, n istirahat di pedok xii..xii..xii.. triik yg jitu untuk istirahat ,,,,

    Guest
  35. Saya setuju sama mas 3, kalau ngomongin teknik ini secara umum bakalan banyk mudaratnya alias makruh hehehe… πŸ˜€ soale boros ban.
    Tapi untuk kasus balap di australi kemarin justru Casey Stoner menang πŸ™‚ terlepas dari mudarat atau manfaat teknik ini.

    Guest
  36. sebenernya bener kalo teknik drift emang kurang efisien, teknik ini lebih berguna dilakukan sebelum memasuki tikungan/ in untuk menyesuaikan/membantu memposisikan motor pada saat in seperti dilakukan gery mcoy, kalau dilakukan setelah keluar tikungan / out teknik ini hanya buang2 traksi ban dan catatan waktu

    Guest
  37. Itu semacam power slide bro bukan drift. Dengan rem lebih sedikit di apexdan tetap buka gas, hasilny rpm tidak drop selama ngeslide di belokan. Bukan hanya Stoner, Rossi juga uda biasa kok. Di race kmrn dia juga ngeslide klo bro ikutin bener2 racenya dari awal.

    Teknik slide memang risky, lebih mudah terjungkal daripada lean biasa. Semua pembalab professional harusnya melakukannya namun lebih baik ambil aman aj hehehe. Terus digunakanny ban slick, plusnya ngeslide lebih smooth, minusnya lebih mudah terjungkal.

    πŸ™‚

    Guest
  38. menurut sy banyak mudorotny.. itu efek dari kurang sempurnany suspensi atau rangka motor,tp bisa mengendalikan drift atau slide tetap di jalur balap menunjukan pembalap itu jago.jd slide/drift mngkin bukan kemauan stoner,tp stoner mampu mengatasi efek itu.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here