Dahulu saya pernah membuat artikel Komparasi Helm yamaha dengan Helm Full face Pabrikan lain. Kali ini saya akan membandingkan dua Helm Yamaha. Helm yang Pertama saya peroleh 2 tahun yang lalu, nggak tau jenis nya (mungkin brader semua bisa bantu saya?) . Sedangkan Helm Kedua merupakan Helm Full Face terbaru Yamaha yaitu Jenis YF-N1 yang diklaim sudah bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan No Registrasi 1811-2007. Kedua Helm Yang saya peroleh ini sama-sama berukuran L, sehingga (imho) aple-to aple untuk di komparasikan. Pertama-tama kita bahas bentuk fisik dari kedua helm ini. Helm YF N1 sekilas terlihat memiliki dimensi yang lebih kecil dari Helm Full Face lama Yamaha. untuk jelasnya silahkan simak  gambar berikut
Dari kasat mata terlihat jelas bahwa Helm YF N1 ini memang memiliki dimensi yang lebih mungil. Gimana Erodinamikanya? secara Subyektif saya memperkirakan helm yang baru ini lebih aerodinamis dibanding helm pendahulunya. Mungkin nanti saat dilkukan test pakai baru dapat dirasakan secara real gimana efek aerodinamika kedua helm ini. Walaupun Saya mengakui bahwa Pengukuran yang paling bagus dan mendekati obyektif, yaa mestinya menggunakan wind tunnel, cmiiw

🙄 SNI v.s DOT :mrgreen:

Bobot dari helm menjadi salah satu variabel yang sangat menentukan kenyamanan penggunaan helm itu sendiri. Helm yang lebih berat pastinya akan lebih membebani kepala dan leher, helm yang lebih ringan akan berakibat sebaliknya. Hasil pengukuran yang dilakukan TMC terhadap kedua helm ini menggunakan Timbangan Kue dirumah adalah, Helm YF-N1 memiliki bobor 1.400 Gram (1,4 kg) sedangkan Helm pendahulunya memiliki bobot 1.610 gram (1,61 kg). wooow..sungguh fantastik yang dlakukan Yamaha Kali ini menurunkan bobot helm dengan nilai yang cukup signifikan 200 gram (0,2kg) . ..  sungguh sebuah improvement yang selayaknya diapresiasi.

🙄 bobot helm Yamaha sebelumnya

🙄 kayaknya pas niy buat naik Kawasaki Edge wana merah xixixi :mrgreen:

Gimana Pading dalamya? sekilas terlihat dari gambar tidak ada perbedaan signifikan, bahan pading keduanya sama walau menggunakan model yag berbeda. Efeknya terhadap kepala baru akan TMC lakukan saat test pakai nanti. Gimana Ventilasinya? Pada Helm Lama Yamaha, Tunnel Ventilasi Udara melalui shroud khusus di luar body helm, sedangkan pada Helm terbarunya YF N1, Tunnel ventilasi Udara ditempatkan di dalam body helm itu sendiri. Gimana Perbedaan efek ventilasi Udaranya, Tunggu nanti di reportase bagian kedua. Sebenernya ada satu lagi pernedaan antara helm YF N1 ini dengan Helm pendahulunya . ..  yaitu helm YF N1 memiliki tanda tangan Asli Jorge Lorenzo xixixixxi :mrgreen: After all, hipotesis awal saya . . . helm YF N1 memiliki beberapa peningkatan Kualitas dibanding helm Full face yamaha pendahulunya . . . stay tune for the next test report, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

62 COMMENTS

  1. Urun sdikit pngalaman dg helm tsb kang-Opik.
    (sblm ilang) dl kalo luar kota,sy slalu pake helm yamaha yg model lama,tp yg wrn biru. (beda antra wrna biru dg mrh ky d gmbr d ats, ada pada lubang udara yg d atas)
    utk yg wrna biru, trnyta sama plek pas sy jajarkn dg helm Kyt yg sharga 325an (serinya sy lupa,hbs gni cb sy cek lg).
    Dr bntuk kaca, lubang udara, smpe lis karet bwh bner2 persis.
    Yg sy rasa, helm ymha lama, klo kna terpa angin kenceng (kira2 kcepatn 115-120Kpj) terasa krg aerodinamis.
    Kpala jd ky d paksa godek kanan-kiri.
    Beda dg kyt runner-2 (double visor, terang+gelap) yg skrg sy pake, cnderung anteng meski d pake ngebut smpe 120Kpj.
    Lha..kalo helm yamaha yg modl baru ky d atas, blm ngerti kekurangn+klebihany.
    Tg pinjeman dr kang-Opik,br bs ngtes 😛

    Guest
  2. ada tanda tangan JLo bisa jadi berapa harganya…
    btw aku pernah tanya kedealer harga helm full face yamaha sekitar 300an, itu model baru atau lama ya mas..?

    Guest
  3. O’yha, trnyata yg persis plek sama helm yamaha (wrna biru) versi lama itu, kyt type ceviro kang…!!
    Barusn liat d juragan helm, skrg hrg 330rebu 🙂

    Guest
  4. @Mbahe
    yang biru? berarti yang dipake di Iklan Viksien itu ya..kalo gak salah pake Helm biru tuh . . .
    btw…emang helm Yamaha merah dibawa ngebut godek2 dan agak berizik .. . ini mungkin dikarenakan turbulensi udara di sekitar helm yang kurang baik
    ceviro . . . gmmm saya pernah punya helm ini niy tahun 2006, kekecilan (ukuran M), sy hibahkan ke keponakan 🙂

    @Pak Iksa
    dipake buat ngetes dulu aja pak, masih merasa nyaman pake Helm GP1 xixixixii 🙂

    @Icaq
    YF N1 bila sebenarnya Helm OEM YMH buatan sebuah pabrik tertentu semisal DMI . . .kayaknya ada di pasaran dengan merk lain, tapi sy belum tahu sejauh ini

    Administrator
  5. @ Pak Iksa
    makasih banget pak Iksa.
    hm, berarti praktis semua helm di Indonesia yang ada DOT-nya udah lolos pengujian Departemen Perhubungan A.S. ya? wuih, hebat banget dong helm-helm di Indonesia ini…..

    Guest
  6. Dah punya helm
    gak pengen lg
    Dah cukup besar kok
    :mrgreen:

    Btw yg baru kira2 brapa ya?
    Kok bagusan yg DOT ya..
    Syg dah gak punya motor yamaha lg
    Gapapa seh cm gak matching aja kekna kalo pake mtr honda
    😛

    Guest
  7. @ kang opik
    mungkin karena dipasarkan di Indonesia, jadi harus mematuhi aturan di Indonesia, makanya harus lolos SNI juga ya? trus gimana nasib helm-helm impor yang kemarin sempat geger karena dianggap gak ada SNI-nya ya?

    Guest
  8. @Arif: saya kurang tahu kalau pakai tulisan DOT itu juga diuji oleh lembaga yang ditunjuk DOT… pemahaman saya sih produsen menyatakan produknya memenuhi persyaratan teknis yang dimintakan DOT … berbeda dengan Snell yang turut menguji produk sebelum berhak menggunakan tanda Snell diproduk tersebut.

    Guest
  9. Mas taufik, harga hel YF N1 berapa?da yang warna biru gak?ntar mw aq jodohkan ma byson biru ja klo dah nongol dari kandangnya. Thanks

    Guest
  10. hmm.. saya lebih suka helm yg full hitam yg minim corak..
    soalnya si mimin warnanya dominasi item, ada putih & abu-2 dikit.. biar match githu..

    btw, umur helm itu klo ga pernah jatoh berapa lama sih??

    Guest
  11. iya oom taufik… pake helm Y tp emang kerennya naek bebek barunya K yg keren itu… Edge liat gambarnya di majalah r2 emang keren…..
    sambil absen nyuntak bensin…..

    Guest
  12. helm yamaha ane si silvy hilang, gantinya beli 2 helm fullface baru. rasanya lebih puas. kemaren beli helm yamaha 350rb & waktu pameran diskon jadi 250rb tapi kalo ane bandingin harga 250rb atau bahkan 350rb terlalu mahal untuk helm standar yamaha, mending beli helm merk lain di luaran (toko) sebab dengan harga segitu bisa dapet yang lebih baik atau kualitas sama dengan harga yang lebih murah. tergantung toko helm juga kali ye.

    Guest
  13. Helm yg dikasih honda…enak, nyaman dan pas di kepala…jangan lupa dikasih pewangi. Inga2 jangan tuker-tukeran pake helm sesama broder karena bisa nularin penyakit…(ngutip Dr.pulisi Polda). Mhn maaf…jangan over confidence dengan helm karena banyak menciptakan blind spot
    Selamat libur panjang…hati2..keluarga menanti…

    Guest
  14. kyT DJ maru…half face..mantep…warna hitam grand piano…interior merah….suara bising diluar jadi ilang…….harga cmn 190…skrg kayanya dah 220 deh….

    Guest
  15. @Madix
    wleleh2 ngegosiip niy pagi2 . . .:P
    itu dapet gratis saat acara blogger ketemu lorenzo tempohari yg lalu

    @camecool
    gak tau harganya bro . .. kayaknya belom dijual bebas
    biru ada tuh . . . kalo nggak salah mas tri dan mas Adhi alonrider dapet yang biru

    @nofun
    kalo nggak salah 5 tahun cmiiw 🙂

    @hampira dan SG
    betul helm merupakan sarana menuju safety… variabel terpenting adalah sikap bikernya 🙂

    Administrator
  16. @Elektra
    wooowww…hampir satu dekade umurnya . . . udah masuk kelas 3 SD tuh xixixi :mrgreen: . . . btw bro KYT kuning Racing 085 Xspeed ya ? ..Helm Full Fece pertama sy juga tuh . .. tapi beda nasib..tu helm dah pindah tangan 🙁

    @ececoco
    setahu saya cuma merah dan biru . . .cmiiw

    Administrator
  17. kemaren ane baru beli helm ink model apa gitu yang ada di motor plus, harga hampir 1/2jt (500rb) tapi puas. orang2 bilang ngapain beli helm mahal2. ku jawab dengan penuh percaya diri “helm itukan untuk melindungi kepala, didalam kepala kan ada otak, masa iya otakku yang cerdas hanya dilindungi helm murahan” gimana kalo aku beli yang lebih mahal ye he he he jadi malu sama kang opik yang helmnya lebih mahal.

    Guest
  18. @elektra
    waksss helmnya mo ultah 10 tahun….
    mantab gannnn…

    @ashley
    sampeyan kok malah pengen nyium
    wanginya ya…
    hmmm aneh…
    xixixixi

    @nick
    podo pakde awakmu juga ngece…
    heheheh

    Guest
  19. @asle madix nick kornet
    asem tenan…podo ngece…tpi gak bau kok bro…soalnya jrang gue pke..mumet ndasku kalau pke model full face.
    Jadul jadul tpi wangi….sriwing… sriwing …Xixixixixi

    Guest
  20. kang taufik bahas juga dunx helm2 keluaran kawasaki..
    daku punya 2 type helm kawasaki..

    type helm pertama kwak dimiliki waktu beli ninja R 2002 dulu..
    trus ganti ke ninja RR taon 2006 kemaren dapet helm lagi..
    waktu ambil 250R dapet helm full face lagi..

    dari semua helm ninja yang didapet..
    kenapa makin baru ( terakhir dapet wakt ambil 250R ) titik blind spot Helm full face makin besar ya kang taufik ??

    contoh yang dapet waktu ambil ninja RR..
    punya dimensi lebih besar dari pendahulunya, dengan komposisi penutup rahang lebih tinggi n sisi kaca deket kuping lebih maju..
    dalam keadaan normal jalan 60 kpj.. susah bgt liet spidometer kalo gak menunduk bgt padahal postur tubuh saya standar.. 173/71..
    belum lagi kalo mo isi bensin, karena model rahang yang gede, susah bgt melihat tutup tangki bensin n kadang kesulitan mo masukan kunci ke tutup tangki..

    beda ama bawaan ninja 2002 punya dimensi lebih ramping, bagian rahang kecil n ringan serta kompak bgt di kepala n gak terlalu banyak shroud pemecah angin di helem jadi lebih aero di high speed..

    kalo dah kayak begini helm full face kok jadi nyusahin yah kang buat harian.. memang safety ok.. tapi jadi repot juga..

    Guest
  21. ^elektra
    ampunnnn bro….
    itu loh si ashley yang nyulut duluan…
    kayana si ashley mau deh dikasih tuh helmna…
    secara dia kan dah bosen nyium helm bekas pakde nick yang bau bayclin….
    wakakakakaka

    piss…pisss…..

    btw kalo aye malah sebaliknya bro….
    biasa pake full ganti ke semi koq agak gimana gitu…
    berasa enteng aja kepala jadi tanpa disadari ya…
    tripping kepala kalo di jalan…
    bis beda sih…
    hehehehe

    Guest
  22. @kornet
    wkwkwkwkw….
    Helm mu kali bau bayclin
    Helmku tiap sbulan skali ku sikat pake baby oil
    Biar harum..
    xixixixiix….

    Btw helm ink yg model spt ymh diatas harganya brp ya?

    Guest
  23. gue punya helm 3, yg punya gue INK senza grey, beli 950 rb, ni helm walaupunukuran udah L tp kesannya sempit banget di bagian rahangnya, trus KYT yg half face buat bini, semuanya udah DOT, tp kalah ama helm anak gue merk GM yg ada gambar Barbie nya, die dah punya embos SNI nya..hu hu hu…hix hix

    Guest
  24. minta ijin kasih ingpo penting masTaufik . Sekedar info untuk para biker pecinta touring… Pengalaman ini saya alami sewaktu sehabis menghadiri acara JAMNAS YAMAHA VIXION CLUB DIRagunan 18-20 Des lalu. kami dari YVC batang jawa tengah(4 motor) berangkat dari jakarta jam 4 sore,dikarenakan banyak berhenti dan hujan, rombongan kami sampai diderah Indramayu sekitar jam 12 malam. rombongan kami berhenti diPom bensin didaerah ntara Indramayu – Cirebon. dikarenakan motor saya ada sedikit trouble,sy mencoba mengetes motor sendiri (rombongan masih dipom bensin) dan berhenti dipinggir jalan sambil mengecek kondisi motor. tiba2 ada pengendara sepedamotor berboncengan (memakai motor bebek, memakai baju biasa dan sandal jepit,yang mbonceng memegang sesuatu yg disembunyikan dibalik baju diperutnya)berhenti disamping saya, dan menanyakan pertanyaan yang tidak masuk akal. ” mas..mas..kalau mau kepekalongan kearah mana ya?”..saya jawab : lurus saja pak, kalau bingung, mending bareng saya, karena rombongan saya juga menuju arah yang sama”. Siboncenger sudah mau turun dan mengeluarkan “sesuatu” dari balik bajunya. Untung rombongan saya yg dibelakang pas sampai ditempat saya berhenti. Tanpa babibu sipengendara bebek langsuk ngacir pergi. Saya baru menyadari kalau sipengendara bebek adalah orang yang berniat jahat. Untuk biker yang mau touring melewati jalur Indramayu – Cirebon (dimalam hari), lebih baik jangan sendirian, minimal 2 motor. Semoga Info ini bisa membuat para biker yg melewati jalur itu lebih waspada… Salam bikers..

    Guest
  25. yudibatang
    siip bro pemberitahuannya….buat yg laen tuch..be carfull…gw sich nyaris gak pernah lewat situ….

    nick, kornet, elektra….
    jiakakakakaka……

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here