Bro sekalian, pada artikel rencana acara workshop injector cleaner ada seorang pengunjung blog ber nick name Giusti mengajukan pertanyaan kepada tmcblog . . . karena jawabannya cukup teknis walau sebenarnya yang ditanya tmcblog langsung saja tmcblog kirim langsung ke divisi technical YIMM untuk mendapatkan pencerahannya. Yang jawab adalah salah satu petinggi YIMM lho Yakni Bapak M Abidin he he he . . .oke langsung saja

Injectorcleaner#12

38. Giusty – Mei 24, 2012 [Edit]

Mas Taufik, tadi barusan lihat di Beres cara bersihkan injektornya.
dari Vixion tahun 2008, Km sudah 42 rb km, ada pertanyaan sbb :
1). pada injector yang baru maka hasil penyemprotan dengan waktu 0.1 dtk. maka akan menghasilkan seperti angka 8 yang sempurna, tadi saya lihat sesudah injektor dibersihkan sesuai standart beres, hasilnya angka belakang yany bawah agak kabur. sudah saya lihat (on Visual) tidak tampak perbedaan. Pengalaman saya didalam bidang pengecatan dengan metode spray denga tekanan 4 kg/cm2 dapat dipastikan bahwa nozlle spraygun sudah aus. Apakah hal ini juga terjadi pada injector Vixion?

Jawaban : Bisa jadi sudah mengalami keausan atau pembersihan masih belum sempurna umumnya terjadi jika sudah terlalu jauh jarak tempuhnya > 30 ribu (km) . agak sulit perlu 2 atau 3 x (pembersihan)

2). Apakah Sebelum injector pump ada filter bensin? Karena tadi lupa tanya sama SAnya.

Jawab : Ada Filter fuel pump

3). Life time dari Injector secara electrical dan mekanikal ?

Lifetime injector sama dengan spuyer pada karburator, jika sering dirawah (akan) “lebih awet” , bisa seumur hidup Motor

4). apakah power untuk bekerjanya injector pump dan injector di suplay dari accu atau dari dinamo ampere? Bila dari Accu apakah dengan voltage 19,1 VDC kedua alat tersebut masih bisa bekerja? dengan Normal?
Terima kasih sebelumnya.

Jawab : Injector disupply oleh Accu, Buktinya : dalam keadaan mesin mati bisa ditest 5 x menyemprot menggunakan diagnostic tools. Tegangan, 12 DC !! ( Jika diatas kami belum coba )

Oke mudah mudahan bisa menjadi pencerahan buat bro Giusti dan kita semua . .. semoga berguna

58 COMMENTS

  1. Salamat kenal…saya Aron Jarif H. Sitorus, pengajar di SMK Swasta HKBP Pematangsiantar….dimana kami sudah ada menjalin mitra ke PT. Alfa Scorfii sbg main dealer Yamaha di Medan….Kemaren saya ada usul buat seminar tentang YMJET-FI Tecnology road to SMK….di kota saya….tp hingga saat ini belum ada tanggapan dari Medan…Pak mohon disampaikan kpd petinggi Yamaha di Jakarta. Trims

  2. pertanyaan no 3 yg masih jadi ganjelan. perawatan wajib bengkel resmi kah…? karena terkadang per bulan sy pribadi masuk bengkel enduro untuk ganti oli dll nya(maklum jarak jauh). Masuk bengkel resmi rutin per 3/4 bulan sekali tergantung kondisi motor.

  3. Kalo di teknologi injeksinya udah brkembang jauh gimana ya? Kayaknya pabrikan motor anteng2 aja gak ada tular menular ilmu ke bengkel non resmi.

  4. Kenapa ai jarang,mgkn gǟƙ pernah baca soal si hendi memberi penjelasan soal injeksi ke para blogger atau membahas soal injeksi?

    Apa senang tetap membodoh2i atau memang gǟƙ siap?

    Bye bye sampah
    Salam one heart

  5. alhamdullillah,akhirnya saya tidak ada kata takut lagi dih menggunakan enjeksi.
    kerna seblumya saya agak ragu menggunakn motor yg menggunakn enjeksi . . . .
    kerna sering mendenagar buah bibir yg tidak inak dari teteangga.

  6. sebagian sdm di beres memang belum layak kerja, jupi ane abis ganti kopling ganda jalanya malah ky orang demam, stelah dibongkar ulang e e e ternyata pegas mimisnya ilang 2 bj, jd tlg di perketat penerimaan mekaniknya bos.

  7. terima kasih atas jawabannya, mas taufik.
    Untuk pertanyaan nomer 4. itu salah ketik maksud saya 11.9 VDC bukan 19,1 VDC. Hal ini saya tanyakan untuk mengantisipasi jika accu soak.

  8. klo males ke bengkel mah cukup ISI SELALU PERTAMAX.JANGAN PREMIUM. klo tu motor sering lari ganti olinya setiap 2500 km.klo larinya nyantai 3500 km,klo jarang lari 4000km sekalian serpis BERKALA juga.

    klo udah ngikutin kaya gt kaga bakal napa” tu motor injek si.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here