460x110_april

460x110kemanapun asik

R1551

Bro sekalian, dua artikel tmcblog tentang test akselerasi Yamaha R15 baik yang standar maupun Racing Kit terlihat bagaimana R15 yang dibesut tmcblog digeber dari diam sampai kecepatan 100 km/jam tanpa menarik tuas kopling padahal transmisinya tetap naik dari satu ke dua ke tiga  . . . gimana penjelasannya?

Road to MotoGP 440x100

banner-460feb14

Oke kita ulang dulu dari dasarnya ya . . . jadi (menarik) kopling saat gear shift ( pindah gigi) itu fungsi dasarnya adalah untuk memutus sementara transfer tenaga pada “drive system” sehingga berban transmisi berkurang dan agarn tidak terjadi hentakan yang bisa membuat kopling cepat haus. Nah masalahnya kalo digunakan pada saat kompetisi atau saat melakukan test akselerasi, proses penekanan kopling saat pindah gigi itu akan dapat mengurangi waktu.

brutale_675_39

oleh sebab itu di dunia racing diciptakan macem macem sistem untuk mengurangi kemungkinan habisnya waktu seperti quick shifter yang mulai di aplikasikan di motor produksi massal seperti MV agusta Brutale 675 dan R6. Sampai level tertingginya di ciptakan Seamless gearbox sehingga baik naik ataupun turun gigi kita bisa gunakan tanpa menekan tuas kopling .. . nah kalo soal Quick gear Up Shifting ( quick shifting ) atau me naikkan level gear (gigi) tanpa menggunakan Kopling Gimana?

TestRide_Brutale675_1

TMCblog sempat bertanya kepada beberapa ahli sepeda motor, salah satunya ke mas Imam bengkel Sepeda Motor. menurut mas Imam Quick Shifting itu intinya mengontrol Gas dan mengontrol RPM mesin. Jikalau saat menggunakan kopling, perpindahan dilakukan saat kopling ditekan, maka jika tidak menggunakan Kopling bisa dilatih dengan cara :

Saat melakukan akselerasi, siapkan bagian depan-atas sepatu kaki kiri untuk mencungkil dan berikan  tekanan pelan  . . . lalu cobain deh lakukan Blip ( Tutup buka gas sedikit dengan cepat) dan biasanya gear shift up (kenaikan gigi transmisi ) akan terjadi. Membuka-Menutup Gas dengan cepat (blip) dimaksudkan untuk menghilangkan beban Transmisi saat gear di oper (dinaikkan)-sama fungsinya dengan penarikan tuas kopling.

Tapi tetap, Quick Shifting di sini punya banyak konsekuensi . . . mulai dari ban belakang skid, rompalnya transmisi, dan lain lain . . . Quick Shift bukan merupakan sebuah pengganti teknik perpindahan gear yang semestinya (menggunakan kopling) dan tidak direkomendasikan untuk pemula maupun penggunaan harian . . . use the clutch. It is there for a reason . . . ride safe  😀

Taufik of BuitenZorg

139 COMMENTS

  1. emm.. intinya kalo buat harian ga usah coba dehh itu teknik.. banyak rugi nya ketibang cuman buat gaya doank maa..
    tp kalo race sii itu wajib! buat mangkas waktu.. 😀

  2. lumayan untuk plan B ketika tali kopling putus,.
    hanya aja downshift yg susah, atau mau netral, dan payah bnget klw lg ktemu lampu merah dlm perjalanan pulang berstatus emergency (tali kopling putus).
    ngga tau dink klw utk yg kopling nya uda hidrolik.
    blm prnh punya motor mahal yg kopling nya uda hidrolik
    kayanya bisa tuh request utk di bikinin artikelnya sama om taufik,.
    kali aja ada pabrikan yg mw nelurin motor sport reguler harian yg terkompori pake fitur hidrolik clutch
    (yg mau nambah value di motornya/sekedar diferensiasi)

    • gan kuclux,.>
      ya saya kira biaya bisa di tekan kalau dibikin massal aka kolektif,.
      btw prinsip kerja ga jauh beda dgn rem cakram depan (yg sebelah kanan) kan, klw yg kanan (cakram depan) bisa di hidrolik~in, yg kiri (kopling) knapa engga?
      komponennya, tuas, cantelan ke handle, selang, tabung minyak rem > (master) dan perangkat ungkit/geser untuk ke kait kopling yg di bak mesin, malah gk pake kaliper dan kampas,
      sorry nubie
      just IMHO dan CMIIW,

  3. dulu pernah nyoba..pake shogun sp, tp bukan buat balapan..nganterin makanan pake rantang, jd gk bisa maen kopling hihi..

  4. ah ini mah teknologi Yamaha mas…………coba yang pernah naik Bebek Yamaha 75………itu motor masukin gigi langgsung bletak!! ngurangin juga……beletak ngeeeeennnngggggg……rrrrrrrr…..beda sama Honda Pitung……

  5. tidak direkomendasikan untuk
    pemula maupun penggunaan harian . . .
    ***************************
    Owh . . .begitu . . .

  6. Ada yang perhatikan nggak, betapa miripnya bebek dgn moto gp jaman sekarang. Mulai dari pola perpindahan gigi, pindah gigi tanpa narik kopling dan tangki bensin di belakang. Padahal di sini bebek jadi spesies yang paling turun penjualannya. Ironi kepraktisan vs gaya hidup.

  7. dari diam sampai kecepatan 0 km/

    ngopi disik wak nec ngantuk,… nec nulis salah kwi loww…. 😀

  8. Waktu saya dulu masih pake RX-King biasa aja tuh up shift tanpa clutch,tp kalo down shift ampun dah jd kaya orang belajar motor,,, badan bisa mendahului motor… 😆

  9. Dulu jaman saya masih senang kebut2an,pernah coba di satria r & rx king :
    Tombol klakson dimodif,difungsikan sbg engine cut off.Saat rpm tinggi & mau naik gigi tdk perlu tarik kopling,cukup colek sedikit (sepersekian detik) tombol klakson lalu segera oper gigi dgn gas tetap dipanteng.Perlu latihan agar proses naik giginya halus.

  10. Yayaya dicopay lg good info wak aji,! Mau cobain deh klo gt biar gak penasaran sm odong2 gua hέghέegEhέghEhέghee:p°º☺º°˚=)) lansun.,

  11. Saya suka lakuin teknik ini pake motor CBR 150 saya. Buat tambahan aja, teknik ini bisa dilakuin dengan smooth di rpm atas (saya biasa lakuin di deket rpm max power /10500 rpn). Cuman ya sarannya jangan terlalu sering, selain transmisi gampang jebol kalau rpmnya gak pas, mendingan kalau buat daily riding mah mending normal2 aja deh..

  12. dulu… waktu saya masih pake vespa 2tak sih lumayan pernah lebih dari sekali pindah gigi tanpa tekan kopling….
    hoahahahaha…. tau sendiri penyakit vespa 2tak, kalo ga kabel rem yg putus, kabel kopling deh…

  13. yang penting jangan tanggung-tanggung………motor sport dengan kopling RPM rendah kalau downshift biarpun sudah dikopling tetap kasar………..malah kalau RPM tinggi lebih halus…….coba aja

  14. Sebenarnya cara naik gigi tanpa kopling ini kalo di motocross udah lama koq.
    Dulu pembalap2 motocross teman2 main saya tahun 1977 (37 tahun yg lalu!), sering mengajarkan naik gigi tanpa kopling, cukup turunin gas sedikit.
    Memang kadang giginya ada yg rontok, tapi buat balapan khan udah resikonya.

    • kalo dirtbike / motorcross pake rekluse buat pindah gigi tanpa kopling.
      kalo disini diimpor oleh pak rudy rudypoa.com
      karya indah motor

  15. mohon dengan hormat..
    artikel berikutnya pak haji taufik membahas transmisi NC700X yang di stangnya ada tombol pilihan auto/manual transmission.
    please…

  16. pake part khusus utk quickshift

    kalo pengen tanpa perlu neken kopling sama sekali ya pake dual clutch gearbox. Contohnya ya supercar & honda VFR1200

  17. Saya pernah belajar wak, pertama nya iseng liat video di YouTube.
    Ternyata seru jg QuickShifting itu, tp ttp resiko ngerusak komponen seperti rumah kopling, kampas nya, itu cepet rusak dah..

    Ga di anjurkan terus2an, tp kalo mw coba 1 ato 2x boleh..
    Dan jangan pernah turunin gigi ga pake kopling.. Hehwhe

  18. waaaa kirain aman buat harian kang.. ane udah nerapin sejak kang nunjukin di vidio r15. lain kali klo yg ragu2 langsung dikasi penjelasan aja ya biar yg baca g ikut praktek.. kirain jawabannya aman.. rh malah rompol.. siap2 rompol deh vx ane 😀

  19. teknik lawas itu kang..!!

    ane sering gitu kalo pas si ijo odong2 kabel koplingnya putus…
    asal tau caranya en feelingnya tepat ngatur rpm.. mao shift up ato shift dowm, gak masalah tuch..
    bahkan saat start dilampu merahpun bagi ane gak ada masalah..

    masalahnya cuman satu..kalo pas lagi macet2an…mending didorong dechh.. 😀 😀 😀

    ciaoo..!!!

  20. om, jadi agak bertanya-tanya, jika memang begitu kenapa ndak pake semi otomatis sekalian kyk bebek ya? daripada riset seamless gearbox mahal2.. apa ada perbedaannya kah?

  21. namanya juga part mekanis, jadi kalau sedang bergerak biar “aman” ya harus d coupling(dlepas dari beban).

  22. Dari 2008 pake N250R sering sekali pake teknik ini quick shifting sampe sekarang gk ada masalah kok.

  23. yah lebih amannya pake alat diatas..
    klo pke kopling, kadang ada gejala slip, jd rpm yg turun saat pergantian gear relatif lebih banyak, klo pke itu alat (translogic Quick Shifter) sy amati di youtube sekitar 15000an rpm turunnya waktu shifting…
    penggunaan di ninja:

  24. Tapi tetap, Quick Shifting di sini punya banyak konsekuensi . . . mulai dari ban belakang skid, rompalnya transmisi, dan lain lain . . . Quick Shift bukan merupakan sebuah pengganti teknik perpindahan gear yang semestinya (menggunakan kopling) dan tidak direkomendasikan untuk pemula maupun penggunaan harian . . . use the clutch. It is there for a reason . . . ride safe 😀

    –> mitos aja.

    teknik CGS yg diterapkan dengan benar justru memperpanjang usia kopling dan transmisi secara umum. kalo diterapkan dengan benar perpindahan gigi bisa jauh lebih halus daripada menggunakan kopling kok. gak ada sentakan ataupun suara2 misterius lainnya.

    bahkan buku manual GSXR menyarankan untuk memanfaatkan clutchless shifting untuk memperpanjang usia komponen transmisi. silakan cek kalo ga percaya.

    kopling memang ada disitu untuk satu alasan yaitu ketika kita mulai jalan dari stasioneri, bukan digunakan untuk memindah gigi.
    mungkin untuk downshift iya tapi lebih ke untuk menghindari roda belakang mengunci aja. teknik CGS untuk downshift agak sedikit berbeda karena untuk melepas beban akselarasi/deselarasi justru kita harus nge-blip (BTW blipping itu buka gas trus tutup lagi dengan cepat, kalo CGS upshift kebalikan dari blipping, yaitu tutup lalu buka lagi dengan cepat)

  25. pantes akselerasinya lumayan ternyata gak pake tekan kopling. gak fairt dibandingkan dengan test akselerasi motor lain yg ngopling.

  26. wah,, berarti secara ga langsung mas taufik ngajarin ga bener dong?
    soalnya kan bisa merusak motor,,
    kasian d tuh motor,,
    pantesan kalo naek beat atw mio cepet rusak,,
    saya naik turunin gigi nya ga pake kopling #eh

  27. Ane sering pake teknik ini saat riding jauh ke luar kota.
    Up-shift di atas 11rb RPM tetap maknyus,tapi butuh feeling yg tepat utk buka-tutup throttle biar perpindahan gear bisa mulus.
    Sebaliknya utk down-shift tetap pake narik handle kopling dulu agar engine-brake gak merusak mesin.
    Teknik blipping (dg menarik handle kopling terlebih dulu) lebih cocok utk down-shift (imho). Di balap moto2 banyak tuh yg nglakuinnya.

    • klo di moto2 perasaan down-shift juga dah g pke tarik kopling,, cuman bukan SSG, tapi semacam sensor d throtle buterfly yg aktif mirip gerakan blping saat paddle shift dicungkil ( Moto2 menganut GP shift/reverse shift) penejelasannya di sini buffer dukit):

    • Masa’ sih bro? Moto2 kan pake mesin massal CBR600.
      Down-shiftnya tetap harus tarik handle kopling dulu disertai teknik blipping dipadukan dg teknik rear wheel steering.
      Paling cuma pake teknologi slippery clutch biar engine-brakes gak bikin roda belakang ngunci.
      Motor GP aja masih harus tarik handle kopling sebelum down-shift lhow (kecuali RC213V).
      Masa’ motor moto2 lebih canggih dr motor GP? :mrgreen:

    • lah mbok lihat tuh video.. itu CRT nya NGM forward loh.. g perlu SSG buat bikin downshift tanpa tarik tuas.. beberapa team besar WSBK juga dah make sistem nih,,, Penjelasannya ada di video..

  28. Saya sering nih mas shift up tapi ga pake narik kopling. Terutama pas jalanan sepi dan ada kesempatan buat ngebut saya hampir selalu shift up tanoa tarik kopling. Awalnya sih emang nyentak terus tapi lama kelamaan mulai terbiasa dan hentakannya jadi berkurang. Tapi saya baru tau kalo konsekuensi nya begitu. Ga lagi deh. Oh ya mas, kalo engine brakes buat harian konsekuensi nya apa? Saya sering juga pake engine brakes

  29. pernah liat juga di youtube cara gear change tanpa menginjak kopling di mobil, di video tersebut juga ada teknik blip dan pada RPM berapa bisa dilakukan, kalo tidak tepat RPMnya bunyi ‘ngueeeeek’ monggo di cari di youtube

  30. dulu ane sering pakai teknik ini pak haji. memang enak, ga ada gejala loss power tp resikonya plat koplng ane jd aus karna sentakan.

  31. biasa saya gunakan saat nurunin gigi ketika jalan mendaki, sebelum tenaga mesin melemah disaat pendakian… jika dilakukan pada timing yg pas maka tidak ada hentakan dan motor kembali bertenaga. beda jika harus menekan tuas kopling, pada tanjakan akan terasa hentakan yg kuat…

  32. pertanyaan ku kemaren ternyata di jadiin artikel wak haji… padahal mau tak buat artikel biar jadi kejutan hihihihi… judule “wak haji jarang narik kopling” ekekekeke… tapi josss wak..

  33. wak, klo pengennya naikin gigi tapi keliru injeknya justru nurunin gigi sampe bunyi nguungg… itu bisa ngrusak gigi ato mesinnya nggak ?

  34. pernah nyobain seperti itu wak haji. tapi di mesin bunyi “krak” sekarang nga lagi deh,eman mesinnya.

    bener for the expert only.

  35. banyak yg komentar disini klo teknolog MotoGP (khususnya RCV) sekarang bikin rider ky naik bebek padahal tidak sesderhana itu, FYI itu di bebek pke dual clucth; kopling sentrifugal & kopling manual ( ada kanvasnya ky motor laki) kopling sentrifugal bekerja stationer dan gigi tidak netral, sehingga mesin tidak mati -yang bila di motor laki tidak demikian- dan seiring naiknya putaran rpm/bukaan throtle maka daya baru diteruskan ke kopling kedua, baru dtransver ke gigi-lalu roda..
    nah anehnya mengapa bisa dikatakan motor2 GP sekarang justru ky bebek…????

    FYI di MotoGP n race bike menggunakan reverse Shift ( Motor Massal gigi 1 down- gigi 2 Up) dan downshifting kebalikan dengan upshifting, “the rider keep the throttle completly close and downshift and press the paddle (up) – in this moment the electronic send signal to buterfly to open like rider make bliping movement, and this allow the gear to enter the lower gear”. ( sistim ini digunaka untuk race bike yg belum mengaplikasikan SSG).

    Wak haji Request tentang cara Start para rider MGP, manakala start selalu menekan tombol di setang bagian kiri.. ( bahasan ini similar dengan CGS yg dibahas – perbandingannya dengan cara start yg manual ).

  36. kalau saya tetap gunakan clutch wak haji saat geber motor,, biar awet part transmisinya nya,, untuk mempercepat akselerasi ya saya hanya mengasah skill clutching saja

  37. iya bebek tp yg yamaha F1Z R spesial edition (marlboro)…kan semi kopling…bs pake kopling bs juga tanpa kopling . . nah cara kerjanya kalo yang balap apa seperti itu?

    • Imho… menggunakan engine brake bkal ngrusak trnsmisi am engine krn mreka dipaksa berputar melebihi btasan limiter piston speed

  38. Youtuber “RoyalJordanian” selalu menggunakan teknik “Clutchless Shifting” di semua motor-motornya. Kata dia sih menggunakan teknik kayak gitu ga akan berdampak apa-apa, kalo gak salah begitu katanya.

  39. oooo jd gt quick shifting…berarti ane pernah coba tuh wak…waktu kabel FXR ane putuss…cuman ga taunya ada speda mau nyebrang…dorong dah jadinya…xixiixixix

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here