jump to navigation

BMW G310R Flat Track: Totalitas Sebuah Karya Modifikasi Dari Wong Jepun November 23, 2016

Posted by nugie tmcblog in : BMW, custom bike, TVS, Uncategorized , trackback

460x110-indent-now

cengkareng-shop

  440x100_tirei

custom-bmw-g-310-r-tracker-wedge-3-1200x801

TMCBlog.com – Bro sekalian pasti sudah tau sosok BMW G310R, motor sport naked roadster yang memiliki desain bodi agresif dan mesin powerfull 313 cc hasil kolaborasi BMW dengan TVS yang cukup sukses penjualannya dan kabarnya sebentar lagi akan dijual di Indonesia lewat BMW Motorrad resmi. Tapi kali ini kita bukan mau bahas G310R sob, melainkan versi custom nya alias modifikasi. Total abis sob, praktis hanya menyisakan mesin, main frame dan suspensi depan, sedangkan sisanya hasil custom. Kalau kita gak perhatiin bener-bener sih pasti terkecoh, bertanya-tanya,, motor apa sih yang jadi kanvas kosong nya sampai-sampai bisa sebagus ini. Hmmm.. Bisa dijadikan bahan inspirasi buat modif motor kalian nih, cekidot sob..,

cengkareng-shop

MBtech - TMC sep16

custom-bmw-g-310-r-tracker-wedge-8-1200x801

Motor bergenre flat tracker yang dibangun oleh Takashi Nihira dari Wedge Paint & Custom Motorcycle asal kota Tokyo, Jepang ini, mampu menyedot banyak perhatian saat dipamerkan di event BMW Motorrad Days bertempat di Hakuba Sports Park beberapa waktu lalu. Yang menarik disini adalah BMW memang sudah lama jadi incaran builder dunia untuk custom culture ataupun modifikasi aliran lainnya, namun yang jamak dipakai adalah BMW varian R Nine T atau varian R keluaran tahun lama (R90, R75, R100 dan lainnya), malahan gak menutup sebuah superbike S1000RR disulap jadi cafe racer atau seperti Roland Sand yang punya BMW Concept 101 memakai basis mesin K1600 bergenre Bagger ala USA style. Akan tetapi Nihira-san memilih motor kelas ringan seperti BMW G310R sebagai bahan karya seni nya.

g310r_custom_flat_track_3

BMW-G310-GIIAS-2016-6

Takashi Nihira bilang “Pertama kali melihat G310 R ini hanyalah sebuah naked sport dengan ban 17 inci yang biasa saja, maka dari itu Saya ingin membuat sebuah motor custom dengan arah yang sangat berbeda daribentuk aslinya.” Lebih lanjut kenapa ia memilih modifikasi menjadi flat track: “Saya menyukai motor Flat Tracker, karena rider-nya bisa merasa bebas saat berkendara dengan motor tracker. Saya membayangkan sebuah motor custom yang bisa dipakai di dalam perkotaan, untuk sehari-hari ataupun sesekali dipakai touring jauh.”

custom-bmw-g-310-r-tracker-wedge-6-1200x801

Rencananya G310R ini akan diubah secara total dengan merancang ulang sasis keseluruhan, tapi justru hal tersebut akan menghilangkan keaslian dari BMW G310R makanya niat  itu langsung diurungkan. Dengan membiarkan main frame bawaan motor, Nihira-san merekonstruksi ulang bagian sub-frame, swing arm dan posisi sokbreker belakang. Kita bahas satu-satu ya, mulai dari suspensi dan roda; posisi sokbreker belakang dirancang ulang dan ditempatkan di atas mesin/di bawah tangki bbm. Sedangkan sokbreker depan Nihira-san masih pakai upside down bawaan pabrik dengan diameter 41mm. Ban pakai merk Maxxis khas flat track dirt dengan diameter 19 inchi membalut velg aftermarket, dan disc brake full custom. Ciamik banget.

custom-bmw-g-310-r-tracker-wedge-9-1200x801

Bagian body dibentuk ulang model khas tracker pakai aluminium, tidak lagi nungging seperti aslinya kini dengan sub-frame custom sudah menjadi datar demi mengejar estetika dan posisi berkendara rider khas flat tracker. Tangki pakai aluminium dan fuel pump digeser ke depan. Sektor mesin cuma ganti air filter pakai K&N dan knalpot dibuat dari stainless steel yang muter-muter nih ya. Karena G310R menganut mesin model slanted engine maka karena exhaust port yang menghadap belakang, pipa harus turun melingkari swing arm kanan dan naik kembali ke bawah jok, khas dirt bike. Radiatornya substitusi motor lain supaya lebih ringkas dan aura tracker lebih muncul ketimbang pakai cooler standarnya.

custom-bmw-g-310-r-tracker-wedge-7-1200x801

Sementara untuk legalitas pemakaian jalan raya, Nihira-san menyematkan lampu LED kecil di bawah plate number dan juga lampu sein model bar-end alias posisi di jalu stang.

custom-bmw-g-310-r-tracker-wedge-10-1200x801

Untuk finishing-nya rangka dilabur warna hijau Olive berpadu dominan putih dan sedikit hitam di bagian body minimalisnya, membuat G310R lebih klimis, rapih dan nyaman dilihat mata.

Nihira-san mengaku ini adalah motor unik pertamanya dan sangat menantang bagi dirinya. Disebut unik karena dia belum pernah mengerjakan motor dengan mesin seperti ini, intake menghadap depan sedangkan exhaust nya menghadap belakang.

custom-bmw-g-310-r-tracker-wedge-12-1200x801

BMW Motorrad sendiri sudah punya R Nine T dengan banyak versi tuh, Cafe Racer, Scrambler, Pure Roadster dan terakhir versi rally Urban G/S yang diperkenalkan saat EICMA awal bulan ini. BMW G310R sendiri juga sudah punya varian tambahan, hadir dengan nama G301 GS dengan genre adventure bike (ADV) kelas ringan, apa ya mungkin ke depannya akan ada G310 Tracker, Cafe Racer atau Scrambler??

Nugie TMCBlog

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. Ardiantoyugo - November 23, 2016

Mantapp…

2. Oblag - November 23, 2016

Minimalis nan klimis

3. Thurston River - November 23, 2016

cantik banget, estetikanya dapet dan konsepnya dapet banget bener2 karya seni.

4. Badrun - November 23, 2016

Patung pecotot wak😁

5. Pras - November 23, 2016

Jangan dikasih modif seperti ini wak, bahaya tidak ada safety riding

6. Jhon Gendhon - November 23, 2016

Trus velgnya ganti velg jari2 ring 14″,trus ganti pake ban cacing terus dibuakaarrr….!!

7. Iwanbanaran - November 23, 2016

Halah karya seni opo toh Wak, model kayak gini gak semua orang suka, gaya-gayaan tapi kurang enak dilihat,,,,payah

Markocret - November 24, 2016

utekmu ndlosor selera ndeso kampungan ngoahahaha

8. dave - November 23, 2016

ngeri sama knalpotnya itu takut kena kaki,, melepuh



%d bloggers like this: