460x110-indent-now

 

TMCBlog.com – Bro seklaian, Sudah 4 tahun lebih umur dari ban bridgestone Battlax BT39 nempel di Velg OEM Honda Vario 125 MY 2012 milik tmcblog dan walaupun kembangan Gripnya masih relatif gondrong, namun sudah terasa kompon karetnya sudah agak agak keras sehingga memang grip ban sudah mulai terasa berkurang. Oleh karena itu tmcblog pikir sudah saatnya berganti Ban. Pilihannya banyak, Cuma tmcblog kali ini nggak mau terlalu ekstrim pilih ukuran ban ..  sudah berencana hanya naikan satu kuran dari Ukuran Ban standar Honda Vario 125 . . dan saat melihat bentuk Fisik dari Ban Aspira Premio Terreno lumayan tertarik karena kembangannya boleh dibilang cukup beda dari BT39 yang sporty . . . ini kembangan Aspira Premio Terreno rada bermodel enduro dengan kotak kotak segi  . . dan akhirnya dapat Juga dengan ukuran ban depan 90/90/14 dan ban belakang 100/90/14 Tubeless

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

aspira-premio-terreno-review-006

Yap Boleh dibilang hampir semua ukuran Ban Aspira Premio di berbagai Model menggunakan ketinggian ban yang dikur menggunakan Aspek ratio 90 yang artinya 90% dari lebar Ban . ..  Jika  ban  90/90/14 artinya . . Ban memiliki lebar 90 mm dengan aspek rasio 90 maka lebarnya adalah 90% x 90 mm = 81 mm . . weh tinggi nih . . . ?

Mengenai harganya ban ini tersedua untuk ban depan ukuran 70/90/14 seharga 183 ribu rupiah, 80/90/14 seharga 212 ribu rupiah, dan 90/90/14 seharga 255 ribu rupiah. Untuk ban belakang juga ada tiga pilihan ukuran yakni 80/90/14 seharga 212 ribu rupiah, 90/90/14 seharga 255 ribu rupiah, dan 100/90/14 seharga 310 ribu rupiah.

aspira-premio-terreno-review-011

balik lagi ke Ban Aspira Premio. Ban ini di distribusikan oleh Astra Otoparts dan diproduksi oleh sebuah Perusahaan joint venture antara Pirelli dan Astra Otopart yakni PT Evoluzione Tyres yang memiliki pabrik di subang jawa barat. Technical Assistance dari semua Ban sepeda motor yang diproduksi oleh PT Evoluzione Tyres dilakukan oleh perusahaan ban eropa Pirelli Tyre S.p.A (Italy) . . oleh sebab itulah tidak heran jika beberapa ciri ciri ban eropa pun nempel di ban Aspira premio Terreno . . salah satunya adalah Dengan kembangan depan dan belakang yang relatif sama, namun alur putar ban depan dan alur putar ban belakang berkebalikan ( cek deh foto di atas ).

premio-terreno-review-019

Perbedaan alur putar kedua ban depan dan belakang berbeda seperti Ban ban Motor besar ini karena tugasnya kedua ban ini (depan-belakang) berbeda. Ban depan didesain beralur sesuai dengan yang dijelaskan pada anak panah karena sesuai dengan riset dimana fungsinya untuk memecah air dan melakukan pengereman dengan baik. Sedangkan ban belakang menggunakan profil alur putar yang berkebalikan karena riset dari Pirelli menghasilkan bahwa dengan alur tersebut Traksi ban belakang akan lebih baik.

premio-terreno-review-034

premio-terreno-review-038

Selesai TMCblog pasang Itu ban di bengkel resmi Honda ( AHASS ) terdekat hal yang di rasakan adalah . .. Motor jadi lebih tinggi Ground Clearancenya sob . .  Asli jadi lebih jinjit lagi naik Vario 125 ini. Hal ini lumrah karena ketinggian Bannya sendiri menggunakan aspek rasio 90%  . . which is Tinggi sob.

premio-terreno-review-047

premio-terreno-review-046

Namun ketinggian Ground Clearance yang bertambah tersebut punya segi positif yakni, Speed Trap/ Polisi tidur dekat rumah yang lumayan tinggi pun bisa dilewati tanpa ngegasrot bagian bawah dari dek Vario 125 . . aman

premio-terreno-review-020

premio-terreno-review-033

Feel kedua adalah soal handling . . .Ban Aspira Premio Terreno menggunakan Profil yang kotak kotak mirip ban  enduro, nah pada saat dipakai melaju di jalan berasphal halus, maka jangan kaget apa bila ada rasa nggak ‘halus ‘ saat riding , ini lumrah karena  . . kata Mekanik AHASS saat nyobain ban setelah masang adalah ” udah mirip naik Mobil Jip pak ” Gitu katanya hehe.

premio-terreno-review-041

Sebelumnya Ban depan adalah Battlax BT39 dengan ukuran 90/80/14 dan Ban depan saat ini ukurannya 90/90/14 . .  . . Lalu ban belakang awalnya 110/80/14 dibanding ban baru 100/90/14  . . . kedua ban depan belakang  terlihat ban tidak terlalu nge-donat seperti ban terdahulu, sehingga  profil ban depan menjadi lebih ‘slim’ dan efeknya di Handling terasa banget sob, Dengan ban profil lebih slim begini, nikung terasa lebih lincah dan nurut.

premio-terreno-review-044

Gimana saat dipakai Di Ban basah, tmcblog belum pakai secara ekstrim namun saat melibas jalan basah atau agak off road, traksi ban terlihat masih cukup bisa dihandalkan. Untuk Pengereman terutama rem depan, terlihat masih menyamai kepakeman saat menggunakan ban sebelumnya . .

premio-terreno-review-045

untuk kedua variabel ini sebenarnya tmcblog kepo untuk mencari metoda uji yang tepat . . hmm apakah diuji dengan metoda mengukur cari koefesien gesek nya ya ?  . . ahh makin kepo . ..  Overall Cukup Puas dengan ban baru ini walau memang lebih jinjit . . dan terpenting dibanding battlax memang Aspira Premio terreno yang saat ini mungkin paling mudah dicari di Planet ban ini punya harga yang jauh lebih terjangkau . ..  ahh ban Lokal Rasa impor ini mah ya ?

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

 

41 COMMENTS

  1. Menurut opini pribadi, Vario seri ini lebih elegan tampilannya dibanding vario 125/150 yang sekarang.

    Jenis compound nya Soft ato Medium wak?

    Guest
  2. ban dg profil kaya gt bukannya ga cocok ya wak dipake ban depan? setau saya ban depan biasanya ada garis tengahnya utk menyingkirkan air waktu ada genangan.

    Guest
    • ya beberapa orang memang punya anggapan begitu, namun ini katanya sudah di riset oleh Pirelli . . bisa dilihat kalo kita ngecek ban paling tinggi/ hi-end spek pirelli diablo rosso .. nggak ada garis tengahnya juga

      Administrator
  3. Oooo, ternyata emang produknya Aspira Premio rata-rata lebih tinggi ya ukurannya..
    1 setengah bulan lalu juga saya ganti ban belakang motor blasteran China-German saya wak pake Aspira Premio Sportivo. Sebelumnya saya pakai Michellin Pilot Street 110/70, tadinya mau ngambil Pilot Street lagi, mau naikin jadi 120/70 biar keliatan agak lebar. Tapi berhubung stok kosong, saya ditawari Aspira Premio Sportivo 110/80, lumayan murah, cuma 350rb. Setelah terpasang, bener, feelnya lebih tinggi sedikit.
    Dari tampilan, entah kenapa ban jadi keliatan lebih lebar dari sebelumnya, padahal ukurannya lebarnya sama dengan Pilot Street saya yg sebelumnya (110) tapi Aspira Premio Sportivo yg saya pakai jadi keliatan seperti ukuran 120.

    Guest
  4. 3x pake ban aspira, ke 3 nya hamil sebelum tertusuk dan dlm masa pakai yg sangat rendah.

    Kenapa sd 3x ?
    Krn saya tdk percaya, blm tertusuk koq bisa hamil. Jd ya beli lagi coba lagi.

    Sekarang misalnya dikasih gratispun ogah.

    Cuma berbagi pengalaman tdk ada maksud apapun.

    Guest
    • aspira tuh macem2 bro, aspira bkn merk ban, tapi semacam penyuplai part otomotif. ban aspira bkn cmn premio doang. Premio jga msh tergolong baru di launching kurang lbh 3thn lalu. Cek dulu merk apa tuh ban

      Guest
  5. bukany ban model2 ky gini cepet gundul,boros duit,karet lama2 atos,kalo hujan tmbh licin dan kurang nempel dgn aspal.
    Knpa direview??
    Lbh awet ,murah ya ban kembang sama tahu kotak kcl

    Guest
  6. Kang Taufik salam kenal,
    kang taufik sorry oot, saya pakai vario 125 yang baru (2016) stelah ganti ban depan ukuran 90/90 kalo dilihat dari atas motor kok posisi ban agak ke kiri (gak center), shock, bushing, bearing smua dalam kondisi ok, setelah saya perhatiin smua vario 125 techno baru juga gak center alias agak ke kiri (arah posisi cakram), apakah memang AHM buat seperti itu? dan apakah kang taufik punya solusinya?, karena kalo dipakai lepas tangan steer akan goyang.
    sebelumnya terima kasih.
    Best Regards

    Guest
  7. Sedikit berbagi, material yang dipakai di aspira premio ini sama dengan material yang dipakai pirelli.. jadi secara kualitas kedua merek ini sama kualitasnya, tapi dengan harga yang lebih bersahabat untuk aspira premio..

    Guest
  8. KEREN harganya yaaa….kualitas sama pirelli kah??

    btw ikut numpang iklan ya om
    klo mau pasang breket top box, untuk vario lawas seperti d atas

    hub i ke 0896 6907 9207 (wa/sms)

    breket asli tetep terpasang, bahan kuat pula beban sampe 60 kg lebih

    Guest
  9. Mau nanya mas, saya juga pakai ban ini, feelnya ban ini sangat baik di kondisi hujan, becek, banjir, dan jalan yang ga rata, tapi kenapa ya kalau di jalan halus, feel di ban depan agak kurang ngegrip. Waktu itu jalan nya aspal halus dan kering, tapi anginnya cukup kencang. Saya pake di beat uk depan 90/90 dan belakang 100/90.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here