Order GSX-R-S150
jump to navigation

[ Tech Talk ] Kenapa Marc Marquez Pilih Cakram Rem belakang Tipe Two Pieces ? January 22, 2017

Posted by Taufik in : motogp, tech talk , trackback

460x110-indent-now

cengkareng-shop

440x100_tirei

TMCBlog.com – Bro seklaian, Jika kita melihat Marc Marques semenjak beberapa Gelaran MotoGP di Musim 2016 pada rem belakang motor Honda RC213V ia menggunakan Cakram yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan Cakram Cakram rem belakang yang umumnya dipakai pebalap MotoGP. Umumnya pebalap MotoGP pakai cakram rem belakang yang Mirip dengan Cakram rem rem depan/ belakang motor motor harian walaupun kemungkinan menggunakan material yang tidak sembarangan yakni berbentuk Cakram steel satu lapis dengan lubang lubang di sepanjang area kontak Cakram dan pad/ kampas rem dan biasannya ada juga yang pakai garis garis/ parit parit untuk mempercepat hembusan udara di permukaan  . Tapi Cakram Yang digunakan Marc Marquez beda, lebih mirip Cakram yang biasa di pakai di Mobil

MBtech - TMC sep16

Yap Rotor Cakram rem belakang Yang dipakai di Motor Marc marquez menggunakan dua bilah cakram yang di lekarkan namun dibagian tengahnya hadir rongga rongga  . ..  itu secara teknis tinjauan kegunaannnya seperti apa  ?

Jadi jika kita lihat lebih detail bagian dalam dari rotor tersebuta dalah seperti terlihat pada gambar di atas, . . ada yang lurus ( stright vane ) ada juga yang agak melengkung (curved vane ) .  .  yang melengkung hanya bisa dipakai satu arah namun punya tingkat pelepasan/ disipasi panas lebih baik

Mengenai fungsi, jadi saat Rotor berputar akan hadir aliran udara dari tengah menuju sisi luar . . dan aliran udara ini tentunya akan bersentuhan dengan fin fin/ bilah bilah yang fungsinya akan sama dengan fin fin di blok mesin yakni untuk pendingin . ..  Aliran udara dari sisi tengah ke samping ini sudah hadir layaknya udara yang dipompakan bro ( POMPA SENTRIFUGAL ) . . itu positifnya . . . kekurangannya? tentu pembuatannya lebih sulit, lebih hi-cost, dan bisa jadi secara bobot lebih berat

Dalam perkembangannya, Pabrikan seperti Bembo mengembangkan peranti cakram / rotor dual layer ini dengan berbagai macam model vane . . dan khusus untuk kebutuhan sport, punya beberapa jenis vane yang bisa obat lihat di gambar atas. Makin banyak bilah/fin/ vane didalam makin cepat disipasi panasnya, dan Flash vane adalah pengembangan terakhir yang punya tingkat disipasi panas paling mantab.

Bila kita melihat fakta bahwa saat hard Brake Mayoritas penggunaan Rem adalah Rem depan, maka muaranya akan kembali ke masalah KEPO kenapa Marquez menggunakan Peranti rem belakang yang lebih besar tingkat disipasi panasnya ? Disinyalir memang mungkin di satu Seri tertentu Marquez menggunakan pengereman belakang lebih intens untuk menyeimbangi rem depan . . . atau sobat punya pendapat lain, silahkan share di kolom komentar . . Semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

Sumber study : Investigation of Heat Transfer Phenomena in a Ventilated Disk Brake Rotor with Straight Radial Rounded Vanes

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. Nevermore - January 22, 2017

Kenceng 2017

2. oncom - January 22, 2017

absen pagi wak

3. Nevermore - January 22, 2017

Pertamax again di blog kondang 😇
Sehat, sukses, nulis terus Kang Taufik, informasinya sangat bermanfaat 😇

4. Nevermore - January 22, 2017

Wak mungkin perlu kasih pict perbandingan sama motor/pebalap lain 😇

5. ma - January 22, 2017

good morning om tmc,
absen pagi di hari minggu an cerah ini

6. Cah ndeso - January 22, 2017

Kepo juga…

7. Yoi bae - January 22, 2017

Joss Wak

8. Aku - January 22, 2017

Karna honda lebih tahu dr yg lain…

9. avif - January 22, 2017

kayak cakram.depan mobil blazer om

Masbro - January 22, 2017

Semua mobil cakramnya begitu bro -__-

10. rifz - January 22, 2017

kalo di mobil biasa disebut ventilated disk

11. Andre - January 22, 2017

IMHO krna si Marquez suka belok dg gaya sliding jdi btuh rem belakang yg lebih pakem

12. permen - January 22, 2017

cakram kaya gitu sih dipake motor harian juga ada. merknya brembo, ada brembo ori italia sampe brembo kw thailand. untuk cakram 2 pieces seukuran motor bebek aja 220mm itu yg kw thailandnya 2,1 entah yg ori italianya berapa.

13. shiro - January 22, 2017

mungkin mleyot2 pas abis straight panjang karena dia juga pake rem blakang,imho

Kalo main motogp di ps rem blakang nggak kepake samasekali

gema - January 22, 2017

Setuju mas, biasanya pembalap kalo mau counter steering cuma pake rem depan sama engine brake. Tapi ada yg bilang juga kalo sistem rem MotoGP menganut combi brake yg persentasenya diatur sama elektronik. Cmiiw

14. nanang - January 22, 2017

sepurane bang , tampilan websitenya kok jadi begini 😀
bagusan yang kemaren Bang Taufik lebih nyaman 😀

15. Ripcord99 - January 22, 2017

Mirip disk/cakram rem yg dipake mobil..

16. ardiantoyugo - January 22, 2017

biar semakin ngesot ngesot kali ya…

Yamaha Aerox 155 VS NMAx: http://wp.me/p7LBn5-2oS

17. Ade - January 22, 2017

Honda dari jaman rc211v (v5) udah kayak gitu cakram belakangnya wak, kecuali nicky hayden waktu di honda, dia pakai cakram belakang biasa ( dengan lubang2 ) tapi diameter agak besar

jimoo - January 22, 2017

honda slaluu cr jln yg mudah

18. pembenci motor jepang - January 22, 2017

Mungkin efek dr rem depan yg suka angkat ban blakang motor honda, jd mm fokuskan lbh ke rem blakang. Krna tau sendiri tiap ngerem di tikungan motor mm sering mlayat mleyot akibat dr ngangkatnya ban blakang dan memungkinkan untuk ndlosor. Lbh ke antisipasi sih mungkin.

prikitiuwwwwwuwuwuuuuuuu - January 22, 2017

itu klo motor biasa bro. klo motor canggih ada teknologi manajemen control.

19. Darzono - January 22, 2017

Honda selalu mengambil jalan yg sulit wak…dan tehknik balap marquez yg sangat agresif dan mefet resiko yg dia harus di kasih part yg di luar normal pebalap lain…dan itu berhasil…”keseimbangan” motor RCV yg di butuhkan marquez buat ngimbangin gaya balap yg super duper unlimit di setiap seri motogp…dan berhasil jurdun tho bocahe. Hehehe

prikitiuwwwwwuwuwuuuuuuu - January 22, 2017

tp hasilnya sama saja. motogp seperti stagnant tidak berkembang pesat.

oklik - January 23, 2017

Kenapa bs stagnant? Krn aturan dan aturan.. bener pake prototype tp krna ada aturan ini itu jadinya gt2 aja. Tp musim 2016 sih justru byk yg berinovasi dan kreatif, terutama di masalah aerodinamika akibat urusan piranti anti wheelie (yg akhirnya pada pake winglet).. liat aja 2017 ntar gmn dgn adanya pelarangan ini (desain fairing tentunya)

20. jimoo - January 22, 2017

pndptku itu cm si marques pngn tmpl beda sj..

biasalh dia gk populeer biar jd bhn omongn di paddock.

aslinya pke rem yg biasa jg udh bisa ngerem..

Brandalz - January 22, 2017

Jimo sehat..?? Udah ngupi…???

Muke Gile - January 22, 2017

pendapat ku jimoo ingin tampil beda saja..

biasalah jimoo gak populer di kehidupan nyata..biar jadi bahan omongan di blog roda dua..

ejekekek….

21. alex borneo - January 22, 2017

Mungkin karena marc doyan ngeliat cewek pake bikini two pieces, wak. Jadi, ia mendapatkan ide tersebut. Karena cewek berbikini two piece doyan berjemur (panas), sementara angin sepoi-sepoi dari laut membantu mendinginkan efek rasa panas saat berjemur. Melihat hal ini, ia mendapatkan ide bagaimana membuang panas pada saat pengereman dengan metode two piece tersebut, wak…… Wakakakakakakakkkkk…… #asalnjeplak #salahminumobat #ngawurmodeon

22. any question - January 22, 2017

komentar nomer 19 merepresentasikan btapa tdak sampai nya otak fby untuk urusan macam gini,
heran gw negara masih meng alokasi kan NIK untuk penduduk b36o (hasil alat kontrasepsi bocor) macam yg komentar nomer 19.

lu kata untuk jadi jurdun cukup pake rem blakang biasa?
beda jauh lah dengan rider tim biru yg cari akik brjamaah di motegi sdangkan di saat yg sama kompetitor melenggang dan mantep jadi jurdun padahal 3 seri masih tersisa

agustok - January 22, 2017

Jluebbbbb mampus loo kena tio yg No 19….ngomong ga mikirrrr

23. Muke Gile - January 22, 2017

jawabannya.. Marquez lebih nyaman sama piringan cakram model gini.. hehe..Karena ridding style marc bagitu.. mungkin late brake dy sebelum total push rem depan…dy pake rem blkg dulu? ? Cmiiw..

Kenyamanan membuat Keyakinan meningkat.. efeknya.. Secara psikologis dy PD melahap setiap corner..

hehe…

24. Bejo - January 22, 2017

Menyimak Om….👌

agustok - January 22, 2017

Jlueebbb

25. Muke Gile - January 22, 2017

begimana klo kita tanya langsung Marquez via WA.. knp pilih piringan cakram tsb.. ??

hehe

26. nissa x-trail - January 22, 2017

mantap wak haji infonya

27. ferdy lukman - January 22, 2017

Kalo dari pengalaman saya ya kang pake motor new jupiter mx yg double disk, saya pernah test pergi kerja coba mengandalkan rem belakang yg jelas standard pabrik, kalo kelamaan pake ya , brasa remnya gak pakem karna panas kali ya sama masih pake selang rem yg standard juga, trus pas pulang saya ganti fokus pake rem depan yg rotornya udh di ganti dengan diameter yg lebih gede, hasilnya udh ketebak masih pakem karna kontak surfacenya lebih sebentar drpd rotor belakang, nah itu rem standard, bro2 sekalian coba bayangin itu motor gp larinya bisa 3x lipat drpd motor kita harian, dan terkadang mereka sampe slide gitu di tikungan yang harusnya itu pake rem belakang, gimana gak menurun coba kl pake rem single rotor gitu, menurut gw ya kl di bagian surfacenya di tambahin lubang buat supaya lebih cepet lepas dinginnya lebih ajib pasti itu kaya rotor racing mobil balap gitu

prikitiuwwwwwuwuwuuuuuuu - January 22, 2017

bro ada macam macam manager control saat masuk tikungan. jadi selain rem juga ada teknologi agar motor tidak stopie atau keluar tikungan.

28. tmcgo*log - January 22, 2017

Iklan lagi bro….

Marquez = honda

Honda pake cakram two pieces (mirip mobil)

Agar tercipta mindset rem cakram honda belakang sama dengan rem cakram mobil

29. prikitiuwwwwwuwuwuuuuuuu - January 22, 2017

klo hasilnya sama saja ya percuma tidak ngaruh….. oia ciri khas motor fbh itu disc brake keras kurang nyaman sering bunyi….

30. prikitiuwwwwwuwuwuuuuuuu - January 22, 2017

biasanya di motogp klo ternyata kalah bilang merk bannya jelek. cuacanya jelek. merk ecunya jelek . merk remnya jelek. tp gak mau menuduh merk motornya jelek….. seperti bencong saja ya ridernya…..

31. Bantu jawab - January 22, 2017

udah di jawab sama Marquez di post qualifying press conference Brno GP. Ada jurnalis yang bandingin data breaking, trus nanya kenapa Honda khususnya punya Marquez pake rear break hampir 80% per lap, sementara Yamaha hanya 11% per lap. Marc bilang dia pake rear break di lintasan lurus buat menghindari wheelie yang jadi masalah utama Honda musim lalu.

32. Bantu jawab - January 22, 2017

udah di jawab sama Marquez di post qualifying press conference GP Brno wak. Ada jurnalis yang nanya kenapa Marquez pake rear brake hampir 80% per lap, sementara yamaha hanya 11% per lap. Marquez bilang dia pake rear brake di lintasan lurus buat menghindari wheelie yang jadi masalah honda musim lalu.

33. Tersipu - January 22, 2017

Minimalize wide when late brake

34. moot ( ͡° ͜ʖ ͡°) - January 22, 2017

Cuma marquez yang pake two pieces disc brake…. Pedrosa pakenya single, kaya motor lain

35. aru_kun - January 23, 2017

Coba cekidot ini, Mas..

http://www.brembo.com/en/company/news/rossi-vs-marquez

“The two rivals are also characterised by their contrasting approaches to the rear brake. While not as linear as Jorge Lorenzo, Valentino Rossi makes clean cornering one of his hallmarks. To control the pitching, il Dottore prefers to rely on the accelerator and the weight of his body. In short, he is rarely seen using the rear disc when cornering.

Marc Marquez, on the other hand, adopts a style that involves moving his body and head within the curve to open the gas as much as possible. Correcting the trajectories with the rear single disc he is able to maintain a higher speed through the corners. The result is the spectacular skidding of the rear tyre that leaves striking marks on the asphalt.”

36. dave - January 23, 2017

walah,, rem belakang jg sering dipake toh?
dikirain two pieces artinya ada 2 cakram kanan kiri,,
gmn caranya cb,, ternyata 2 lapis..

37. NEUTRAL - January 23, 2017

Mungkin markewes pengen ngedrift wak cmiiw 😂😂😂

38. As Terdashyat - January 23, 2017

Motor yg terkenal jelek remnya…..

39. Ibnu khaldun - January 24, 2017

Tp ane rada ngeri ya kalo ngeliat marc ngerem… Udhlah agressive, ngangkat2 ban belakangnya, goyang 2 lagi… Nggak jatuh lagi… Toop dahh..

Desain BMW S1000RR buatan ane
http://kuri2ruta.blogspot.co.id/2017/01/final-design-bmw-s1000rr-by-laphon.html?m=1



%d bloggers like this: