TMCBlog.com – Bro sekalian, Seperti Kita ketahui bersama sebulan yang lalu, Viar Motor Indonesia telah merilis sosok motor adventure yang sejatinya sudah mulai di perkenalkan dalam bentuk Konsep setahun yang lalu diajang Jakarta fair kemayoran . .  Nama resminya adalah Viar VorTeX 250. Dijual dalam dua kemasan versi, versi Adventur Standar dengan bagasi pannier Plastik dengan bandrol 44,6 Juta rupiah dan versi Full Adventure dengan Pannier Almunium berbandrol 50 Juta rupiah . ..  which is bila dibandingkan dengan Kawasaki versys 250 (Rp 62 jutaan (versi City) dan Rp 73 jutaan (versi Tourer))  ataupun Honda CRF250 rally (Rp 63 juta)  . . jelas Vortex lebih rendah harganya sob . ..  Seperti apa Review Desain Fisiknya, Cekidot di Video dan penjelasan berikut ini sob  . . .

Bicara Desain, Viar Vortex 250 ini memang diakui sama dengan desain dari Motor Zongshen RX3 yang dipasarkan di China atau Cyclone RX3 di Amerika Serikat . . . sama plek dengan Mesin dan sasis berbasis kan mesin dan sasis yang dibenamkan di Viar Cross X 250  . .

kalo dilihat sasis twin sparnya mirip, dan mengenai mesin  . . mesin Vortex 250 bisa menghasilkan power maksimum sebesar 18,5 kW atau setara dengan 24,8 HP di putaran mesin 9.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 22,5 Nm di putaran mesin 7.000 rpm. Yang Artinya lebih rendah Power dan torsi Maksimum yang dihasilkan mesin common dari Cross X 250 EC yang mengahasilkan Power maksimal 19 kW atau setara dengan 25,47 HP di putaran mesin 9.000 rpm dengan torsi maksimal 23 Nm di putaran mesin 7.000 rpm.

Bicara Kelangkapan untuk touring . . Boleh dibilang Ok sob . . Ground Clearance 21 cm diyakini cukup ideal untuk dipakai menerabas Jalan Cross Country dengan kondisi jalan bertanah dan semi off road, namun karena Ban Yang dipakai sebagai ban OEM bukan Ban Full enduro apalagi ban Trail , So jangan dipaksa masuk kubangan ya sob  . . .

Soal, Bagasi, Viar menyodorkan dua Versi . .  Viar Adventure Vortex 250 standar menggunakan 3 bagasi dimana side Box kiri kanan terbuat dari Plastik dengan volume kecil  . .

menurut tmcblog sulit masuk helm full face, namun kalo perlengkapan kemping seperti sleeping bag, mantel hujan, tenda lipat, atau kompor buat kemping sih aman sob . ..  Namun untuk yang versi Full adventure lebih serius sob  .

pannier alumuniumnya benar benar udah kayak bergaya Kang jeje Polnaja euuy . . untuk top Box nya bisa masuk Helm, dan side pannier kiri dan kanan juga cukup lega . .. pengen tahu dalemannya, cek di video sob . .

Di Dashboard, selain Kombinasi Digital dan Analog meter . . Viar memberikan dua pilihan port power yakni di kanan berupa port USB dan di Kiri berupa Port Lighter 12V 5A . ..  ini jelas bikin perjalanan touring adventure lebih nyaman karena ada beberapa pilihan buat menyalakan gadget maupun untuk Charge ulang gadget . . lumayan turah turah . .

mengenai fitur lain . . cukup OK . .  Headlamp LED, stoplamp LED, lampu sen LED dengan fungsi hazzard  . . sobat tinggal tambahin lampu opsional touring saja yang tempat nempelnya bisa diletakkan di Crash bar samping yang sudah disediakan oleh Viar . .

Mengenai Ban yang berbeda antara depan ( ring 18) dan belakang ( ring 17 ) jangan kaget, Karena ini sebenarnya adaaah ciri khas motor real adventure dimana memang ban depan punya ukuran lebih jangkung rimnya . . silahkan saja cek Ban CRF250Rally yang depan 21 belakang 18 atau BMW R1200GS yang depan 19 belakang 17. . . . walaupun untuk Kasus Viar Vortex ini agak aneh karena depan 18 belakang 17 😀

Saat tmcblog coba naikin ..  motor ini asli  Berat dan kudu jinjit balet sob  . ..  wiiiii . . Viar Bilang beratnya 162 kg . . Namun menurut tmcblog ini kayaknya perasan lebih dari itu, udah kayak naikin ER6N . ..  berat sob . . .

dengan bobot yang begini , kebayang kayaknya bakalan anteb nih dibuat cruising di jalanan cross country  palagi, terlihat ergonominya nyaman klas motor adventure githu. . ahhh kapan yah nyobain? . . Semoga Reviewnya bermanfaat sob . . . silahkan dikunyah kunyah  . . jangan lupa nonton dan subscribe di VLOG tmcblog

Spesifikasi Viar Vortex 250

Rangka ( Body )
Panjang X Lebar X Tinggi 2130 x 868 x 1260 mm
Jarak Sumbu 1400 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 210 mm
Tipe Suspensi Depan Upside Down
Tipe Suspensi Belakang Monoshock
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Disc Brake
Ukuran Ban Depan 100/90-18
Ukuran Ban Belakang 130/70-17
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 15 Liter
Berat Kosong 163 Kg
Mesin ( Engine )
Tipe Mesin 4 Langkah SOHC Water Cooler Radiator
Diameter X Langkah 77 x 53.6 mm
Gigi Transmisi 6 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi 1.N.2.3.4.5.6
Stater Electric
Volume Langkah 249 cc
Daya Maksimal 18.5 Kw/9000 Rpm
Torsi Maksimal 22.5 Nm/7000 Rpm

 

22 COMMENTS

  1. Pengen upgrade dari viar star cs ke motor jepang, akan tetapi, yaaaaagh…..pundi-pundi ga bisa berakselerasi. Sayang sekaleeeeee……

    Kanjeng gus tri’s typing style

    Guest
  2. Klau viar sudi mensponsori acra TV yg bertajuk adventure kyak “my trip my advanture” d trans7 dengan memberi motor ini sbg kendaraan mereka dlam melakukan syuting,kyakny bisa mengangkat brand motor ini sekaligus mengangkat brand image viar d mata masyarakat.,,,,

    Btw, swim arm nya terlalu culun yahh(menurut saya),…. Plus banny merupakan salah satu tipe ban yg sulit d tembus paku kecil

    Guest
  3. Wak mau tanya, itu yg pannier aluminum Ukuran dimensi kanan dan kirinya sama atau beda? Soalnya yg kanan kn ada muffler tuh, agak jauh donk jaraknya bila di bandingkan dengan pannier almu kiri. Beda dgn pannier plastik kn ada coakan utk muffler, jd posisi pannier kanan kiri sama.

    Guest
    • Sama satu lg wak, itu bisa di jual satuan? Jadi top box pake yg aluminium, utk side box pake yg plastik

      Guest
  4. Keren juga nich motor……malah paling keren dech menurut ane dari advntre 250cc jepang ….hadeehh jadi pengen

    Guest
  5. terasa berat meski 168kg mungkin center of gravitynya diatas wak khas motortrail/motard kan masih satu sasis sama cross x. kayak klx 150 kalo roboh lebih terasa berat waktu di berdiriin dibanding vixion. padahal bobot lebih berat vixion

    Guest
  6. wak, kira-kira kapan tmcblog dpt undangan utk sesi tes ride ini Vortex?
    pengen review lebih mendalam nih tentang motor ini.
    Kalau benar Viar Vortex 250 ini rebrand dari Zhongseng Cyclone RX3 yg mendapat banyak review positif di Amerika sana. Ini sangat layak di pertimbangkan.
    Cuman knp Vortex masih karburator ya? pdhl Cyclone RX3 sudah EFI.

    Guest
    • analisa saya, karena biar common part dengan Cross X 250, kalo cross X 250 sudah FI, saya pikir ini vortex akan FI juga .. . Biar cost produksi bisa ditekan bro, cmiiw

      Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here