TMCBlog.com – Bro sekalian, ada satu hal yang menurut TMCBlog penting untuk disimak. Cal Crutchlow mengungkapkan saat media debrief usai hari pertama sesi tes Valencia Selasa kemarin, dirinya bilang bahwa paket motor Honda RC213V untuk musim 2018 adalah sebuah motor yang benar-benar baru dan paket mesin tersebut benar-benar spesial.

Cal Crutchlow adalah rider Honda yang pertama kali mencicipi RC213V 2018 saat test Valencia kemarin, meskipun Dani Pedrosa dan Marc Marquez juga ikut mencoba motor baru tersebut, tapi Cal Crutchlow lah yang paling banyak menghabiskan waktu test dengan RC213V versi terbaru untuk musim kompetisi 2018. Dengan motor yang masih pakai fairing carbon telanjang tanpa warna, Cal mencoba RC213V sebanyak 30 laps yang sempat diselingi dengan motor 2017 miliknya sebagai pembanding.

Credit: Crash.net

Perbedaan yang kasat mata dan mudah untuk dilihat adalah pemilihan model knalpot untuk 2 silinder depan tidak lagi mengadopsi bentuk slash cut seperti pada versi 2017. Lalu pada sasis utama ada sedikit sekali hal yang terlihat, seperti perbedaan titik pengelasan main frame serta posisi bolt [baut] antara motor 2017 dengan motor 2018. Pada air ram RC213V 2018 yang di test oleh Cal, serupa dengan apa yang Marc Marquez pakai selama tahun 2017 ini dan juga pada motor 2018, lain halnya dengan Pedrosa yang memilih bentuk lubang air ram ‘melebar’ seperti versi 2017.

Seperti yang dilansir oleh Crash.net , Cal yang diwawancarai Selasa sore waktu setempat banyak menjelaskan tentang hal-hal baru yang dimiliki oleh RC213V. “Mereka [HRC] mencoba membangun motor terbaru yang lebih mudah untuk dikendarai, namun tidak mengubah keunggulan [dari motor 2017] yang sudah ada, sebagian besar ketika motor akan memasuki tikungan.” ucap Cal mengawali sesi debrief.

“Saya pikir HRC telah bekerja dengan sangat baik karena pada dasarnya apa yang mereka [HRC] bawa untuk kami adalah mesin baru dan juga sasis terbaru. Sebuah motor yang benar-benar baru menurutku.” Ayah dari Willow ini langsung terkesan ketika pertama kali bersentuhan dengan motor di awal sesi uji coba, kesempatan mencoba motor 2018 lebih awal akan memberikan cukup banyak waktu untuk mencari tahu kelemahan motor sehingga bisa diselesaikan sebelum musim kompetisi bergulir. “Kami merasa ini sesuatu hal positif karena HRC sudah mengenalkan kepada kami motor baru secepat ini. Sejatinya kami tidak memiliki banyak waktu untuk men-setup motor karena baru saja melihatnya kemarin. Maka kami mulai membangun settingan motor seperti setting-an motor yang kami pakai balap, dan kami memulai semua setup RC213V 2018 dari sana sebagai awal referensi.”

“Pertama kali saya mengendarai motor baru, saya sudah merasa lebih baik [dari motor 2017]. Menyadari bahwa motor tersebut sudah berada disini tiga hari yang lalu, kini kami sudah bekerja dengannya. Kupikir ini adalah versi awal [dari motor 2018]. Mereka tentu akan membuat beberapa perubahan. Tapi jika kalian perhatikan motor 2018, dia sesuatu yang spesial. Tidak ada keraguan akan hal itu.” tegas Cal.

“Motor baru tersebut adalah sesuatu yang secara signifikan berbeda dengan apa yang sudah kita miliki sebelumnya. Kami semua merasa puas melihat cara motor tersebut telah selesai dari hanya sekedar rancangan, dalam waktu yang cepat, namun kita tetap harus bekerja keras karena pekerjaan kami masih panjang.”

Walaupun merasa sangat optimis dengan paket RC213V terbaru, namu Cal mengingatkan Honda bahwa test yang sebenarnya adalah pada saat kondisi balapan nanti. “Pabrikan telah bekerja sangat baik atas apa yang sudah kami minta. Kami ingin sebuah motor yang mudah untuk dikendarai semua rider, itu permintaan kami yang paling utama dan mereka telah mewujudkannya. Tapi pembuktian yang sebenarnya adalah ketika kami menghadapi race weekend dimana rider harus push sekuat tenaga, ketika kondisi ban dipaksa bekerja maksimal, saat kamu berada di belakang rider lain, ketika kamu berhadapan dengan rival yang berbeda pabrikan motor. Tapi secara garis besar, motor baru sudah lebih baik.”

“Saya juga berpendapat kalau Valencia adalah sirkuit yang sulit untuk mencari tahu seberapa besar margin perubahan motor lama dan baru. Terlalu banyak tikungan ke kiri [pembalap Eropa tidak terbiasa dengan trek anti-clockwise]. Saya rasa kami harus mencari tahu margin perbedaan motor di sirkuit yang lain yang akan kita kunjungi untuk test [official test dan private test]. Namun ini baru hari pertama tes, kita cukup senang dengan hasilnya. Motor terbaru kami memiliki lebih banyak sisi positif ketimbang hal negatif, kami merasa semangat untuk test esok hari.”

Takaaki Nakagami

“Hari yang sangat sibuk di garasi kami, dan tentunya saya memiliki rekan satu tim yang baru. Dia [Takaaki Nakagami] telah melakukan hal yang baik dengan motor MotoGP, dan sudah bekerja dengan sangat baik.”

Cal mendapatkan feeling grip ban yang benar-benar baik pada motor 2018, meskipun dirinya merasa ada  hal yang aneh di trek terutama di turn 10. Terlebih lagi kondisi Valencia yang sudah bersiap menyambut musim dingin membuat angin yang berhembus membawa hawa dingin yang bikin rider cukup menggigil. Agenda selanjutnya untuk team Honda adalah test private di Jerez, Spanyol pada pekan depan.

Nugi TMCBlog

 

Credit: Off Bikes
Nakagami pakai RC213V 2017
Credit: Off Bikes
Morbidelli jajal RC213V 2017

 

80 COMMENTS

    • ekekekek

      motor aneh
      yg bisa nunggang cuma markess
      itupun keluarin 200 % keringat

      ngahh…. ngahh …

      Guest
    • Motor yg Dewa tp g da yg juara 😀
      Mlh yg stengah Dewa yg kompetitif 😂

      Emboh kok rodho oblak kyok fansboy’e, mgkn prlu d campuri Miwon olie iku… Hahaha…

      Guest
    • kalo marquez berpeluh keringat ngeluarin 200% buat juara,lah vina ama rossi nggak niat balapan dong cuma 50% yg dikluarin padahal udah pake motor sampoerna,vdm juga gitu cuma pengen jajal m1 buat turing,cuma jarko yg sungguh2 kalo gitu
      Wadoh rombak aja tuh pembalap gabarrini ama jarvis suruh pake sendiri sapa tau lebih baik

      Guest
    • Mongtor yang biasa” aja untuk pra dan awal musim, masuk tengah dan akhir musim bakal mendominasi (Juara ),,ekekeke

      Beda dengan sebelah setiap tahun selalu cepat tes pra musim cuman ujung”nya AmVazz,,,, ekekekeke 😘😘😘

      Guest
    • “Pabrikan telah bekerja sangat baik atas apa yang sudah kami minta. Kami ingin sebuah motor yang mudah untuk dikendarai semua rider, itu permintaan kami yang paling utama dan mereka telah mewujudkannya “. tegas cal crutchlow….
      Alamat ngeri ini kalo motor baru 2018 makin mudah dikendarai…

      Guest
  1. Kalau motor yg susah dikendarai oleh semua rider, marc bisa jurdun apalagi motor yang friendly use…. moga2 tahun depan lebih seru lagi race nya

    Guest
    • miwon aka Mbah Dharmo pelanggaran nih masa dibilang

      “ekekeke

      yamaha itu yg govlokkk pembalapnya
      zaza ..
      kalo yg naikin markues ya 5 seri udah
      jadi juara dunia

      😂😂😂😂”

      berarti sang lejend rider guovlok dong… bisa disambit sama FBR neh

      Guest
    • bejo; inilah ungkapan jujur sejujur jujurnya dari para fb rosidin yellow kitty. di dalam hati mereka yg paling dalam sbenarnya jagoannya adalah markes

      Itu

      Guest
  2. Nah akhirnya problem susah dikendarai alias fitur celeng sudah diatasai, apa ada yg dikorbankan ya? kalau gak ada ya mantep banget lah insinyur hrc

    Malah M1 nih yg bikin yfr pusing
    Zarco bilang dengan M1 2017 dia bisa menyimpan 30% kecepatannya
    Terus si MV juga bilang kalau M1 2018 lebih cepat, tapi M1 2017 lebih potensial

    Apalagi pas test mereka jadi yg tercepat lagi, terus masalahnya ada di apanya?

    Guest
    • ekekeke

      yamaha itu yg govlokkk pembalapnya
      zaza ..
      kalo yg naikin markues ya 5 seri udah
      jadi juara dunia

      😂😂😂😂

      Guest
    • masalahnya ada di pembalapnya, harus diakui Rossi udah gak kompetitif. semenjak balik ke Yamaha pun Rossi cuma jadi bayang2 Lorenzo, dimata fans dia doang dia hebat. aslinya udah enggak. tahun ini aja di bawah Vinales. yakin deh kalau Zarco, Stoner atau bahkan Aleix Eapargaro ada di tempat Rossi pasti juga bakalan lebih baik dari Rossi. motor 2017 pun aslinya lebih baik dari 2016, liat aja Vinales di awal musim.

      Guest
    • kok jadi jilat ketek marqez mo?,kenapa yamaha nggak bisa cari pembalap bertalenta?
      Ada zarco didepan mata malah disia2in,ya siap siap aja diembat ktm redbull yg modal Euro nya lebih banyak dibanding dollar yamaha

      Guest
    • ada yg diubah & ada penambahan teknologi baru di engine & sasisnya bror. ostomatis ada bagian yg diganti/diperbarui. pengembangan pasti ada pembaharuan. yg pasti progresnya arahnya positip.

      Itu

      Guest
    • Bner tuh belagak pengamat, msalahnya ada di image rossi, hrus jujur dia udh tua udh ga kompetitif lgi, lain dulu siapapun tau dia hebat, tp masanya udh beda, perlu di ganti lah, tp namanya jualan msak dagangannya di ilangin,

      Guest
    • Setuju, emang keren kalo desain simpel, bersih, ga terlalu rame. Tapi motor yg bersih dari sticker berarti minim sponsor, berarti duit dikit, berarti R&D juga mepet. Kalo jadi sembalap pasti lebih suka motor banyak sticker titipan sponsor ekekek

      Guest
  3. liat gambar motor marquez dan dibandingin dengang yg tahun2 lalu buntutnya jadi agak lebih pendek,ya nggak sih?
    Andai aja air ram nya dibikin dua kayak RC211V dan RC212V pasti jadi motor motogp terganteng saat ini

    Guest
  4. Takaaki nggak coba dikasih versi 2018 aja,siapa tau prestasinya bisa kayak mendiang Kato,Satelite sering ngrecokin pabrikan

    Guest
    • ini bukan era 2 tak atau era awal motoGP vrooohhh… jaman now itu era nya elektronik, kcuali HRC mw kasih spek pabrikan tp kayaknya gak mungkin CratCrutCrot aja cuma buat test rider

      Guest
  5. Wak aji mau tanya, itu tim yg pakai engine RCV sewa atau beli? Jika sewa apakah di perbolehkan untuk diskrinsut buat pengembangan pribadi dimasa depan ato gmn?

    Guest
    • sewa dan yg ngurus mesin 100% dari HRC, kru tim lain cuma ngurus yg gak ada hubungannya sama privasi mesin kayak setting sasis, sama ergonomi pembalap doang. mesin dan elektronik full diurus orang HRC langsung dan mereka pun udah semacam sumpah jabatan, makanya kebanyakan orang HRC orang Jepang yg terkenal dedikasi tinggi dan gak ngelanggar norma

      Guest
    • Hmmmm… statusnya lease mirip ama NSR V4 yak, ok tks om biar jelas. Siapa tau komentator yang bernama ALEX baca, maklum dia fanboi Honda tp gak tau status NSR 500 V4 kek gimana. Jadi klo diliat2 mirip ama NSR 500 V4 untuk mesin nya.

      Ok tks om

      Guest
    • Si Alex kemana nih? Klo ada kan dia bisa tau klo Honda itu nge ‘lease’ ke tim lain kek gimana biar tau statusnya seperti apa.

      Hahahaha

      Menghilang dari per edaran setelah sekian lama…

      Hahahaha

      Guest
    • tapi tidak serame awal musim kemaren bror. ini masi adem nyaman sentosa

      Itu

      Guest
  6. Walaupun honda rc213v belum begitu sempurna ditahun 2017 ini tapi jika dibandingkan dengan pabrikan lain ya motor terbaik 2017 tetep disabet honda RC213v,, walaupun pesaing terdekat adalah Ducati, tapi yang hanya mampu bawa Ducati juga cuma si Dovi04 lainnya juga pada gak bisa. Kalo yamaha jangan ditanya deh. Semua itu terbukti dengan perolehan triple crownnya oleh honda.

    Guest
  7. Yamaha ikut private tes di jerez? Taun lalu kan nggak dan akhirnya yamaha suffer di sirkuit kuno eropa yang dulu merupakan makanannya yamaha. Harusnya sih dibanyakin data2 di sirkuit eropa

    Guest
  8. artikel requesan inyong akirnya terbit jg. suwun kang.
    bener to honda menanam teknologi baru di engine & sasisnya. d****web ancen super akurat infonya. gak pernah meleset kiye infonya

    secara engine, untuk part2 eksotis apakah sudah bisa diintip kang ?
    pasti nanti jadi teknologi yg akan ditiru pabrikan lain.

    Itu

    Guest
  9. sy paling malas liat wawancara2 kayak gini isinya cuma opini opini opini: motor berubah signifikan, motor terasa positif bla bla bla.
    yaa sekali2 maunya rider itu ngasitau sedikit detailnya ya kan.
    misal:
    -tim merubah panjang knalpot 3 cm dari tahun lalu
    -tim kami merubah rpm dari 17000 jd 18000
    -tim kami merubah rasio gear 5-6 jd makin pendek
    dll dst.
    biar pecinta balap jgn penasaran….

    Guest
  10. justru wartawan2 luar kayak MCN, sportrider, cycleworld klo ngetes motor balap detailnya dibeberkan sm mereka (rpm, power, suspensi dll).
    sementara rider2 aslinya justru tutup mulut smua.
    itu yg sy gak habis pikir…

    Guest
    • ini motor stengah prototipe bror. ecu tunggal. beda dg sebelum penyamarataan penggunaan ecu

      Itu

      Guest
    • yg di tes wartawan motor produk massal bror. sudah dijawab sama bror bdt.
      motor stengah prototipe yg boleh nyemplak cuma rider & test rider

      Itu

      Guest
    • Ya beda lah wartawan nge tes motor produksi masal yg bakal di jual ke konsumen. Udah pasti harus gambang review nya. Lah ini motor prototype yg di pake di kejuaraaan. Ya jadi rahasia dapur lah kalo di kasih tau detail. Jangam kan moto gp, arrc aja waktu motor nya gerry bermasalah dia cuma bilang ada gangguam teknis. Wajar kali

      Guest
    • Jika para jurnalis itu nulis sesuatu yg berdasarkan hasil pengamatan tanpa alat ukur dan referensi yg valid.
      Apa bukan tebak2 buah manggis juga tuh namanya?

      Guest
    • pembalap itu bukan teknisi bos, mungkin aja mereka gak tau apa aja yg dirubah, karna tugasnya gak sedetail para mekaniknya, ente maksa banget, udh lubtau tuh media luar ngasi info lbh jelas ya baca aja disana gak usah complain disini tolol

      Guest
  11. oya kang, infonya untuk ecu akan ada peningkatan / perubahan yg baru lagi ya ??

    sperti apa ecu-nya nanti kang ??

    Itu

    Guest
  12. Liat dari gambarnya waktu menikung dan mengerem
    Gak banyak berubah sih
    Cuma rcv 2018 lebih mengurangi understeer di rcv 2017,
    Kalau rcv 2017 sengaja dibikin understeer untuk mengkompensasi power saat keluar tikungan, rcv 2018 sepertinya ga terlalu butuh itu, dalam artian power bertambah, motor tetap understeer tapi gak sebanyak rcv 2017, titik distribusi diturunkan sedikit lagi agar tidak wheelie,

    Cara gampangnya, kira2 sama seperti efek menurunkan shock depan beberapa cm, dan menambah power sedikit kalau di motor produksi massal

    Guest
  13. Apakah moto gp ga akan ada peningkatan dr regulasi teknologi wak? Kaya nya terakhir udh mentok di ssg beberapa musim yg lalu. Padahal saya berharap ada peningkatan dr teknologi macam F1 yg sekarang udah pake turbo & hybrid.

    Guest
  14. Jadi bisa di bilang crat crut ini balap sambil develop part baru yak? Ibaratnya lu podium/dapet poin syukur, DNF juga gk masalah yg penting dapet datanya buat part yg baru, bner nggak?

    Guest
  15. Wak Haji pasti kepo sama Apa yg masih di simpan oleh HRC soal masih adanya “asimo” di RCV213V repsol edition…hehehe

    Guest
  16. Sip lah tinggal ngu motor amvas di pabrik sebelah gimana nih progres’a ama msh akan ttp triple amvas atau ada kemajuan 😆😆😆😆 atau mu konsen si wss300 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    Guest
  17. Ngomong” soal Cal, gaji nya diatas ato dibawah Dani/Marc ya? Secara kontrak nya “turun” langsung dari HRC, dan jd test rider yg diandalkan utk mendukung Dani/Marc. Kan termasuk faktor pendukung Marc juara..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here